Comscore Tracker

7 Kartun Minggu Pagi yang Hiasi TV Tahun 2000an, Bikin Kangen!

#2000an, bisa bikin Kamu nostalgia parah!

Saat mengingat sejumlah serial kartun yang ada di tahun-tahun belakangan mungkin rasanya sudah berbeda sekali dengan kartun yang sering Kamu simak pada tahun 2000an yang lalu, atau bahkan sebelum itu ya. Karena internet juga sudah menjamur dan semakin udah untuk melakukan streaming.

Dibandingkan dengan kartun 90-an, periode tahun 2000an itu lebih dihiasi oleh kartun-kartun yang sedikit banyak mengetengahkan modernisasi. Dan umumnya sudah tayang terlebih dahulu di Jepang periode tahun 1990-an.

Nah, berikut ini ada 7 kartun yang ditayangkan oleh televisi swasta Indonesia pada periode 2000an. Sejumlah di antaranya malah menuai sukses dengan ditayangkan dalam jumlah episode yang sangat panjang bahkan hingga hari ini tak berubah jadwal tayangnya!

1. Let's and Go

7 Kartun Minggu Pagi yang Hiasi TV Tahun 2000an, Bikin Kangen!aminoapps.com

Siapa dulu yang rela untuk nabung uang jajan demi beli mainan mobil 4WD atau yang sering disebut Tamiya, hayo! Karena memang mainan ini sudah sangat populer selama bertahun-tahun. Sebetulnya Dash Yonkuro sudah mempopulerkan mainan yang satu ini, namun 2002 saat Let's and Go masuk Indonesia, gelombang trend untuk mainan mobil Tamiya malah semakin menjadi. Karakternya di TV swasta sampai sekarang masih sangat memorable untuk ditonton lagi ya!

2. Crush Gear

7 Kartun Minggu Pagi yang Hiasi TV Tahun 2000an, Bikin Kangen!Drivenime

Crush Gear adalah salah satu kartun yang memulai trend perpaduan kartun menggunakan CGI dan 2D konvensional lewat battle Crush Gear. Garuda Eagle mungkin salah satu nama yang paling mudah untuk dikenal dan diingat dari kartun ini. Crush Gear mungkin adalah salah satu manifestasi kartun yang lebih nyata dari duel kendaraan mainan yang cukup penuh drama. Jaman SMP nih!

3. Dragon Ball

7 Kartun Minggu Pagi yang Hiasi TV Tahun 2000an, Bikin Kangen!Quora

Akira Toriyama pada tahun 90-an hingga 2000an sukses membuat anak-anak menodongkan tangan ke arah TV mereka hanya demi memberi kekuatan pada Son Goku saat mengumpulkan bola semangat, meskipun mereka tahu hal tersebut cuma seru-seruan saja. Hingga saat ini Dragon Ball masih tayang dan bahkan diproduksi, namun tidak ditayangkan oleh TV nasional.

4. Chibi Maruko Chan

7 Kartun Minggu Pagi yang Hiasi TV Tahun 2000an, Bikin Kangen!Aminoapps

Adegan Maruko masuk ke toko es puter dan kemudian dirinya bermain di imajinasi kepalanya sendiri ini memang ikonik. Chibi Maruko Chan merupakan kartun yang populer di tahun 90-an di Jepang, namun baru masuk ke Indonesia tahun 2000 dan tayang kira-kira hingga tahun 2007. Lagunya yang sangat memorable memang tak akan mampu ditahan oleh penggemarnya untuk sing-a-long. "Jalan panjang menuju langit biru..."

Baca Juga: 5 Film Kartun Non-Disney Tahun 90an yang Punya Cerita Menyentuh Hati

5. Crayon Shinchan

7 Kartun Minggu Pagi yang Hiasi TV Tahun 2000an, Bikin Kangen!Duniaku

Nyaris sama seperti Chibi Maruko Chan, karakter dengan nama Nohara Shinosuke pada Crayon Shincan sudah populer lebih dahulu pada tahun 90-an di Jepang dan masuk ke Indonesia pada awal tahun 2000 dan semakin populer bertahun-tahun setelahnya. Namun karena banyak pertimbangan, sejumlah episode di Crayon Shincan harus dipotong karena memang kurang sejalan dengan lembaga sensor di Indonesia.

6. Beyblade

7 Kartun Minggu Pagi yang Hiasi TV Tahun 2000an, Bikin Kangen!Quora

Beyblade ini bisa dibilang seperti adu gasing namun dengan versi modern dan dramatisnya. Karena cara bermainnya pun sama persis dengan main gasing yang ada di Indonesia. Kartun ini juga lantas kemudian jadi titik dimana permainan gasing jadi populer. Dengan sedikit pendramaan dan animasi yang saat itu sudah sangat keren, sangat sulit untuk melupakan kartun yang satu ini ya, Bos!

7. Doraemon

7 Kartun Minggu Pagi yang Hiasi TV Tahun 2000an, Bikin Kangen!Fanpop

Oke, agak kurang adil kalau mengkategorikan Doraemon sebagai kartun populer 2000-an. Karena memang karya Fujiko F Fujio ini sudah populer dari semenjak tahun 1990-an hingga bahkan salah satu TV swasta, yakni RCTI detik ini masih menayangkan Doraemon, bahkan di jam tayang yang sama pukul 8 pagi! Yap, sebegitu adidayanya Doraemon sehingga hari ini masih sangat banyak yang meminati. Pertama kali tayang tahun 1988, Doraemon hingga kini sudah melahirkan ribuan episode! Yep, I am watching at you, One Piece!

Oh iya, jangan lupa juga ada banyak kartun dan anime yang ikut menghiasi TV swasta di Indonesia. Taruhlah seperti Inu Yasha, Nintama Ninja Boy, ataupun kartun yang berbasis Amerika seperti Marsupilami dan Rugrats misalnya. 

Favorit kamu kartun yang mana nih?

Baca Juga: Jarang Diputar di TV, 5 Serial Kartun Ini Juga Favorit Anak-anak 90an

Fajar Ardiansyah Photo Writer Fajar Ardiansyah

A writer, editor, representative, stand up comedian, a professional complainer and her mother's favourite!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya