Comscore Tracker

Minim Sorot Media, 6 Komika ini Ternyata Punya Materi Dahsyat!

Biar referensi komedi kamu gak cuma Dodit-Radit-Pandji saja!

7 Tahun kesenian komedi tunggal alias stand up comedy eksis di Indonesia secara otomatis menghasilkan banyak sekali komedian tunggal. Dari nama-nama beken yang ada seperti Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, Kemal Pahlevi, Raditya Dika dan banyak lagi yang lainnya, ternyata ada sejumlah komika yang reputasinya terkesan biasa-biasa saja namun punya materi yang seringkali tak terduga.

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada komika lain, sejumlah komika-komika ini sering punya materi yang terkadang hanya bisa dinikmati saat off air saja. Siapa saja mereka? Hayuk disimak!

1. Irvan Kartawiria

Minim Sorot Media, 6 Komika ini Ternyata Punya Materi Dahsyat!Komedibadi

Pak Irvan, begitu beliau sering disapa, merupakan komika yang juga sekaligus dosen. Perawakannya yang tenang dan terlihat smart secara langsung merefleksikan kemampuan beliau dalam mengolah materi. Dan terang saja, Pak Irvan yang memang seorang saintis ini seringkali melakukan pendekatan ilmiah kepada materi komedinya sehingga kesan jenius selalu melekat dan tak jarang penonton terperangah dengan materinya.

2. Rindradana

Minim Sorot Media, 6 Komika ini Ternyata Punya Materi Dahsyat!Kbr.id

Cadas, brutal dan keras tapi selalu brilian. Itulah gambaran seorang komika bernama Rindra ini. Seringkali membawakan materi yang super-sensitif dan tak jarang meninggalkan kesan 'cringy' tapi di sisi lain juga membuat kesan 'oh-iya-benar-juga-ya' muncul di kepala penonton. Kalau kamu tahu Abuget, sebuah komunitas main game, maka otomatis kamu juga akan mengenal Rindra!

3. Kukuh Adi Danisworo

Minim Sorot Media, 6 Komika ini Ternyata Punya Materi Dahsyat!Kukuh pic by: Pio Karisma

Sinis, judes dan ceplas-ceplos apa adanya, adalah kesan saat kamu mungkin pertama kali kenal Kukuh pertama kalinya. Kukuh sesuai perangainya juga mencetak materi yang juga ceplas-ceplos mengkritik kondisi sosial dalam shownya berjudul 'Begituya'. Pria yang satu ini juga pernah jadi host acara 'Minta Digampar'. Gokil lah si Kukuh ini.

Baca Juga: 8 Teknik Stand Up Comedy Rahasia Sukses Jadi Komika

4. Mohammed Kamga

Minim Sorot Media, 6 Komika ini Ternyata Punya Materi Dahsyat!Tonight Show Net

Memang namanya komik uda pasti harus ngomong apa adanya ya, Sob. Karena modal materi ya dari kejujuran itu. Nah kamu coba deh search di youtube bagaimana Kamga yang juga merupakan vokalis band Dekat ini bikin materi. Di luar keromantisannya sebagai penyanyi, ada kejujuran dan sifat yang super-jenaka saat Kamga 'nyetendap' yang gak bakalan kamu temui dalam diri Kamga sebagai penyanyi

5. Mo Sidik

Minim Sorot Media, 6 Komika ini Ternyata Punya Materi Dahsyat!Youtube Soleh Solihun

Pria yang satu ini dulunya sangat sering muncul di TV, tapi beberapa waktu belakangan memang lebih sering manggung off-air. Jarang muncul di TV nasional, ternyata Mo Sidik jauh lebih sibuk dengan Comedy Central Asia! Nah lho! Kamu bisa perkirakan seberapa lucu seorang Mo Sidik sampai-sampai Comedy Central Asia bersedia mengundang beliau dan tampil di sono!

6. Adriano Qalbi

Minim Sorot Media, 6 Komika ini Ternyata Punya Materi Dahsyat!Blog Saputra Roy

Pria dengan nama lengkap Adriano Ikhsan Qalbi ini memang secara reputasi tak terlalu baik untuk tayangan TV. Tapi percayalah, ada satu alasan mengapa seorang Pandji Pragiwaksono menjuluki Adriano sebagai 'Komiknya-komik'. Materi relationship, kehidupan, bahkan sampai pernikahan dibawakan Adri dengan brilian dan tak ada banyak orang yang menyangka. Maka beruntunglah kalian yang sempat nonton show pribadi milik Adri dengan judul 'Loe Pikir Loe Keren'. Buat yang belum nonton, sabar nunggu sampai DVD nya keluar, atau bisa pantengin Podcast Awal Minggu di Spotify!

Berhubung materi dari komika-komika di atas cukup jarang ditemui di TV nasional, ada baiknya kalau kamu mau usaha dikit untuk nabung dan nonton mereka secara off-air, Sob! Atau kalau mungkin kamu beruntung bisa nonton gratisan di youtube yak.

Tapi percayalah, nonton mereka-mereka ini akan makin lega kalau lihat live. Itung-itung menghargai kreasi dan supaya makin banyak komika yang tak kalah gokil. Nah, yang mana favorit kamu?

Baca Juga: DPR Gelar Lomba Stand Up Comedy, Wakil Ketua KPK Hipnotis Penonton

Fajar Ardiansyah Photo Writer Fajar Ardiansyah

A writer, editor, representative, stand up comedian, a professional complainer and her mother's favourite!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya