Comscore Tracker

6 Tips Jadi Pemimpin Ala Komandan Erwin Smith AoT

Sosok pemimpin Erwin bisa ditirukan di kehidupan kita

Apa kalian tahu anime yang sedang booming akhir tahun ini? Yup, salah satunya adalah Attack on Titan karangan komikus Hajime Isayama. Salah satu karakter populer dari karya Isayama ini adalah Erwin Smith yang merupakan seorang komandan di Survey Corps yang sangat dihormati, baik veteran maupun junior.

Walaupun, Komandan Erwin sudah dinyatakan meninggal dalam cerita Attack on Titan, sosoknya tetap membekas di hati para anggota timnya dan penggemar Attack on Titan. Sifat kepemimpinannya bisa kita pelajari dan terapkan di kehidupan sehari-hari. Berikut 6 pelajaran berkaitan jiwa pemimpin ala Komandan Erwin.

1. Jadikan diri kalian seorang pemimpin yang baik, bukanlah bos yang semena-mena dengan bawahan

6 Tips Jadi Pemimpin Ala Komandan Erwin Smith AoTinstagram.com/erwin.smith.officiel

Cara sikapmu terhadap para anggota tim itulah yang membedakan antara pemimpin dan bos. Seorang pemimpin yang baik, ketika dia memberikan perintah, maka tidak hanya sekadar memberi perintah. Dia memiliki kerendahan hati, terbuka untuk berdiskusi, menerima kritik dan saran untuk meraih tujuan yang diinginkan bersama. Kesan kata 'bos' sering melekat kepada atasan yang terkesan asal kasih perintah yang penting target tercapai. Jadilah pemimpin baik yang bisa dipercayai dan dihormati timmu, ya.

2. Teruslah mengembangkan sifat kepemimpinan

6 Tips Jadi Pemimpin Ala Komandan Erwin Smith AoTinstagram.com/erwin.smith.officiel

Di dalam cerita Attack on Titan, Komandan Erwin terus mengembangkan sifat kepemimpinannya yang memberikan pengaruh besar terhadap timnya secara perlahan dan meraih banyak prestasi. Karena itu, dalam kepemimpinan, kalian perlu mengembangkan kepribadian percaya diri, memperluas pengetahuan di bidang yang ditekun, bijaksana, kejujuran, bertanggung jawab dan memahami kondisi, komunikasi yang baik, dan sebagainya.

3. Tunjukkan rasa hormat dan kepercayaanmu terhadap timmu

6 Tips Jadi Pemimpin Ala Komandan Erwin Smith AoTinstagram.com/erwin.smith.officiel

Sebelum ingin dihormati dan dipercayai sebagai pemimpin, kalian harus menghormati dan mempercayai para anggota tim, seperti Komandan Erwin yang menghormati dan mempercayai timnya yang ikut berjuang dengannya demi meraih tujuan. Jangan pilih kasih atau menganakemaskan seseorang

Baca Juga: Attack on Titan: 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Tentang Erwin Smith

4. Jangan ragu untuk meminta dan mendengarkan opini anggota tim

6 Tips Jadi Pemimpin Ala Komandan Erwin Smith AoTinstagram.com/erwinnnsmithhh

Selain menghormati dan mempercayai timmu, mintalah, dengarkan, dan diskusikan umpan balik dari anggota tim guna memperbaiki performamu sebagai pemimpin. Jangan membuat anggota tim merasa terintimidasi dan tidak mau memberikan pendapat, saran, atau kritik yang membangun.

5. Pandai mengelola emosi dan janganlah egois

6 Tips Jadi Pemimpin Ala Komandan Erwin Smith AoTinstagram.com/erwin.smith.officiel

Pandai mengelola emosi termasuk point penting karena erbagai emosi yang kamu rasakan akan berpengaruh pada tindakan kamu. Jika kamu merasakan emosi yang positif, maka tindakan yang mengikutinya juga akan positif dan sebaliknya. Mengontrol emosi akan membantumu terhindar dari mengambil keputusan yang tidak tepat. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengendalikan emosi atau cara mengekspresikannya secara tepat. Juga jangan bersikap egois dan merasa selalu benar, pemimpin yang memiliki sifat tersebut tidak akan peduli kepada orang lain dan merasa dialah yang berhak untuk melakukan apapun dan selalu membuat kebijakan untuk kepentingannya sendiri.

6. Tetapkan tujuan dengan konsisten

6 Tips Jadi Pemimpin Ala Komandan Erwin Smith AoTinstagram.com/_erwin_smith_official

Sosok Komandan Erwin sangat ingin kemajuan umat manusia dan itu merupakan tujuan utamanya sebagai komandan Survey Corps. Seorang pemimpin harus mengetahui dan menentukan target apa yang akan diraih dan perkembangan apa yang ingin dicapai. Pemimpin tentu memiliki cara yang cerdas untuk memimpin dengan tujuan, memprioritaskan tujuan itu dan tidak kenal kata menyerah. Pemimpin yang sukses harus punya tujuan.

Itulah enam pelajaran yang bisa kita petik dan terapkan dari sosok Komandan Erwin dalam kehidupan sehari-hari kita.

Baca Juga: Attack on Titan: 5 Hal yang Tidak Masuk Akal Tentang Erwin Smith

Fanny Azzahra Photo Verified Writer Fanny Azzahra

Hello, wie geht es dir?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya