Comscore Tracker

10 Film dalam Jajaran Worldwide Box Office 2019, Sudah Nonton?

Marvel Studios kokoh bertengger di puncak!

Tahun 2019 ini merupakan salah satu tahun yang paling memanjakan para pecinta film. Film-film baru dengan berbagai genre telah dirilis sejak awal tahun dan tak ketinggalan pula sekuel dari beberapa film yang pastinya sudah dinanti oleh para penggemar beratnya, salah satunya adalah Avengers: Endgame.

Hingga pertengahan tahun 2019, setidaknya ada 10 film yang telah merajai box office di seluruh dunia dan 9 diantaranya dibuat oleh production house dari Amerika Serikat. Wah, film apa saja ya?

1. Avengers: Endgame

https://www.youtube.com/embed/TcMBFSGVi1c

Banyak fans dan kritikus film yang memprediksi bahwa film Avengers: Endgame akan memuncaki box office tahun 2019 ini, menyusul bahkan melampaui kesuksesan Avengers: Infinity War yang tayang setahun sebelumnya. Prediksi mereka pun tidak meleset, film besutan Anthony dan Joe Russo ini meraih keuntungan kotor sebesar USD 2.794,5 miliar atau sekitar 39,77 triliun rupiah dari penayangan di seluruh dunia. Fantastis!

Pencapaian tersebut rupanya mampu menggeser posisi Avatar (2009) sebagai film terlaris sepanjang masa selama 9 tahun. Titanic (1997) rupanya juga harus mengalah untuk kedua kalinya dan bertengger di posisi ketiga. Kerja keras seluruh kru film Avengers: Endgame mulai dari sutradara, produser, penulis skenario, pemain, stunts, animator, editor, dan orang-orang di balik layar memang patut diacungi ratusan jempol.

2. The Lion King

https://www.youtube.com/embed/7TavVZMewpY

Film kedua dalam jajaran box office 2019 adalah The Lion King. Film Disney ini menjadi salah satu film yang paling ditunggu-tunggu, khususnya generasi 80-an dan 90-an karena merupakan remake dari film berjudul sama yang tayang pada tahun 1994. Bedanya, The Lion King 1994 menggunakan animasi secara penuh, sedangkan yang tayang tahun ini menggunakan animasi komputer photorealistic sehingga terlihat seperti nyata.

Dalam waktu 17 hari penayangan, The Lion King mampu meraih pendapatan kotor sebesar USD 1.195,8 miliar atau sekitar 17,091 triliun rupiah dari penayangan di seluruh dunia. Jumlah ini mampu menggeser Captain Marvel dari posisi kedua menjadi ketiga dan Spiderman: Far From Home dari posisi ketiga menjadi keempat. atau bahkan Captain Marvel. Keren banget pastinya!

3. Captain Marvel

https://www.youtube.com/embed/Z1BCujX3pw8

Para fans sudah sangat antusias sejak Marvel Studios mengumumkan akan memproduksi film Captain Marvel, salah satu superhero terkuat di Marvel Cinematic Universe (MCU). Film yang dibintangi Brie Larson, Samuel L. Jackson, dan Jude Law ini rilis sebulan sebelum penayangan Avengers: Endgame. Dalam waktu 119 hari, Captain Marvel mampu mengumpulkan penghasilan kotor sebesar USD 1.128,3 miliar atau sekitar 16,059 triliun rupiah.

Pencapaian yang luar biasa tersebut memang sebanding dengan jalan cerita yang menarik dan mampu memuaskan “rasa penasaran” para fans MCU karena Captain Marvel ini menjadi salah satu tokoh penting yang berjuang menyelamatkan bumi dalam Avengers: Endgame. Apalagi latar waktu film ini adalah tahun 80-an ketika Nick Fury (Samuel L. Jackson) masih muda dan belum kehilangan salah satu matanya. Kalian sudah nonton, kan?

Baca Juga: 7 Daftar Film Hollywood yang Dibintangi Iko Uwais, Sudah Nonton?

4. Spider Man: Far From Home

https://www.youtube.com/embed/Nt9L1jCKGnE

Di posisi keempat ada film lain dari MCU yang baru tayang bulan Juli lalu, yaitu Spiderman: Far From Home. Film yang dibintangi Tom Holland, Zendaya, Jake Gyllenhaal, dan Samuel L. Jackson ini mampu mengumpulkan keuntungan kotor sebesar USD 1.075,3 miliar atau sekitar 15,3 triliun rupiah per awal Agustus 2019. Jumlah tersebut kemungkinan masih terus bertambah karena film ini masih tayang dan bisa jadi menggeser posisi Captain Marvel.

Film Spiderman: Far From Home ini merupakan film ketiga dari MCU yang tayang tahun 2019 sekaligus menjadi penutup dari phase (fase) 3 dari Infinity Saga. Uniknya, latar waktu yang digunakan dalam film ini adalah tahun 2023 atau lima tahun pasca Thanos menjentikkan Infinity Stones dan melenyapkan setengah dari populasi di alam semesta. Peter Parker (Tom Holland) yang menjadi salah satu korban dalam peristiwa tersebut dapat kembali dan siap berpetualang dengan jaring laba-labanya.

5. Aladdin

https://www.youtube.com/embed/foyufD52aog

Selain The Lion King, tahun ini Disney juga merilis live-action dari film Aladdin. Versi animasi dari film ini tayang pada tahun 1992 dan menjadi salah satu film Disney yang digemari lintas generasi. Film Aladdin 2019 ini dibintangi oleh Will Smith, Mena Massoud, Naomi Scott, dan Marwan Kenzari serta disutradarai oleh Guy Ritchie.

Selama 73 hari penayangan, Aladdin meraih pendapatan kotor sebesar USD 1.025,6 miliar atau sekitar 14,59 triliun rupiah. Jumlah ini pun menempatkan Aladdin pada urutan kelima dalam worldwide box office tahun 2019.

6. Toy Story 4

https://www.youtube.com/embed/wmiIUN-7qhE

Setelah Avengers: Endgame dan Spiderman: Far From Home, Toy Story 4 merupakan sekuel film yang paling dinantikan. Para fans tak sabar menyaksikan kelanjutan petualangan Woody, Buzz Lightyear, Mr & Mrs Potato Head, Slinky Dog, dan kawan-kawannya.

Film produksi Disney dan Pixar ini mampu meraup pendapatan kotor sebesar USD 959,3 miliar atau setara dengan 13,65 triliun rupiah dalam waktu penayangan selama 45 hari di seluruh dunia. Jumlah sebanyak itu menempatkan Toy Story 4 dalam urutan keenam worldwide box office tahun 2019. Sayangnya, jumlah tersebut belum mampu mengungguli sekuel sebelumnya, yaitu Toy Story 3 yang meraih pendapatan kotor sebesar USD 1.067 miliar.

7. The Wandering Earth

https://www.youtube.com/embed/0TDII5IkI3Y

The Wandering Earth merupakan satu-satunya film dari rumah produksi non-Amerika yang masuk ke dalam jajaran 10 besar worldwide box office tahun 2019. Film dengan genre science-fiction ini diproduksi oleh China Film Group Corporation dan ditayangkan secara internasional melalui jaringan Netflix.

Dalam waktu 59 hari penayangannya, The Wandering Earth meraup pendapatan kotor sebesar USD 699,8 miliar atau sekitar 9,96 triliun rupiah dan menempatkannya dalam urutan ketujuh worldwide box office tahun ini.

8. How to Train Your Dragon: The Hidden World

https://www.youtube.com/embed/SkcucKDrbOI

Urutan kedelapan worldwide box office diraih oleh How to Train Your Dragon: The Hidden World. Sekuel terakhir dari trilogi How to Train Your Dragon ini kembali mengajak para penggemarnya itu berpetualang bersama Hiccup dan naga-naganya di Berk, sebuah desa yang dihuni bangsa Viking.

How to Train Your Dragon: The Hidden World ini mampu menghasilkan pendapatan kotor sebesar USD 519,8 miliar atau sekitar 7,39 triliun rupiah. Jumlah ini masih kalah jauh dibandingkan dengan sekuel keduanya yang meraih USD 621,5 miliar.

9. Pokemon Detective Pikachu

https://www.youtube.com/embed/1roy4o4tqQM

Siapa yang tak kenal dengan Pikachu? Sosok monster kecil nan lucu berwarna kuning ini tidak asing di kalangan generasi 90-an. Pikachu merupakan bagian dari Pokemon (Pocket Monsters), sebuah waralaba media milik perusahaan video game Nintendo. Karakter-karakter dalam Pokemon kemudian berkembang dalam berbagai media, seperti anime, manga, buku, mainan, kartu, dan yang terbaru film live-action, Pokemon Detective Pikachu.

Film besutan sutradara Rob Letterman serta dibintangi oleh Ryan Reynolds, Justice Smith, Suki Waterhouse, dan Ken Watanabe ini mampu meraup pendapatan kotor sebesar USD 431,1 miliar atau sekitar 6,13 triliun rupiah dalam waktu penayangan selama 84 hari. Jumlah ini menempatkan Pokemon Detective Pikachu di urutan kesembilan worldwide box office tahun ini.

10. Alita: Battle Angel

https://www.youtube.com/embed/cislZ9S0ocA

Alita: Battle Angel merupakan film science-fiction dan cyberpunk yang diadaptasi dari manga Jepang berjudul “Battle Angel Alita” karya Yukito Kishiro. Film ini disutradarai oleh Robert Rodriguez dan diproduksi bersama James Cameron. Sebenarnya Alita: Battle Angel direncanakan akan diproduksi pada tahun 2003 lalu tetapi mengalami penundaan karena James Cameron lebih fokus terhadap film Avatar (2009) dan sekuelnya. Akhirnya, pada tahun 2016 film ini resmi digarap dan menggandeng Rosa Salazar sebagai pemeran utama.

Dirilis pada 14 Februari 2019, Alita: Battle Angel telah mengumpulkan pendapatan kotor sebesar USD 404,9 miliar atau sekitar 5,76 triliun rupiah dalam waktu 85 hari penayangan dan menempatkannya pada posisi kesepuluh worldwide box office tahun 2019.

Baca Juga: Selain Home Alone, Ini 10 Daftar Film yang Cocok Ditonton Ketika Liburan

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya