Comscore Tracker

7 Film Box Office yang Dibintangi Zoe Saldana, Keren Semuanya!

Mana film favorit kalian?

Zoe Saldana yang memulai debut aktingnya di layar kaca ketika membintangi serial Law & Order pada tahun 1999. Setahun kemudian, ia pun didapuk menjadi pemeran dalam film remaja berjudul Center Stage.

Nama Zoe semakin dikenal ketika menjadi bagian dari jajaran pemain Pirates of The Carribean: The Curse of Black Pearl pada tahun 2003. Beberapa judul film yang ia bintangi pun menembus worldwide box office hingga ada yang bertengger di puncaknya lho! Wah, kira-kira film apa saja ya itu?

1. Star Trek (2009)

https://www.youtube.com/embed/pKFUZ10Wmbw

Star Trek merupakan film sci-fi yang disutradarai oleh J. J. Abrams dan tayang pada tahun 2009. Film ini merupakan film kesebelas dari franchise Star Trek sekaligus reboot dari serial TV Star Trek orisinal. Zoe Saldana berperan sebagai Nyota Uhura. Ia beradu akting dengan Chris Pine, Zachary Quinto, Karl Urban, Simon Pegg, John Cho, Eric Bana, dan lain-lain.

Star Trek menceritakan tentang kehidupan manusia (atau makhluk hidup) pada abad ke-23 ketika mereka saling berinteraksi antar planet dan membentuk oragnisasi bernama The FederationThe Federation ini memiliki korps keamanan yang dinamakan Starfleet dan berisi orang-orang dari berbagai planet. Starfleet melakukan banyak misi luar angkasa sehingga mereka memiliki banyak star-ship, di antaranya USS Kelvin dan USS Enterprise.

James T. Kirk (Chris Pine) adalah seorang pemuda yang tumbuh di bumi. Ayahnya, George Kirk (Chris Hemsworth), merupakan awak kapal USS Kelvin yang meninggal akibat serangan pasukan Romulan pimpinan Nero (Eric Bana). Kapten Pike (Bruce Greenwood) yang melihat potensi Kirk kemudian merekrutnya sebagai anggota Starfleet untuk pesawat USS Enterprise. Di sana ia bertemu dengan Spock (Zachary Quinto) dan bekerja sama menyelesaikan misi-misi penting yang juga berhubungan dengan kematian ayah Kirk.

Film Star Trek ini meraih pendapatan kotor sebesar USD 385,68 atau sekitar Rp5,4 triliun selama 120 hari masa penayangannya.

2. Star Trek Into Darkness (2013)

https://www.youtube.com/embed/QAEkuVgt6Aw

Star Trek Into Darkness merupakan kelanjutan dari Star Trek (2009) dan tayang pada tahun 2013. Film ini masih disutradarai dan dibintangi oleh aktor dan aktris yang sama dengan sekuel sebelumnya. Perbedaanya yang pasti terletak pada konflik serta misi-misi yang harus dihadapi para anggota Starfleet. Dalam akhir film sebelumnya, Kapten Kirk (Chris Pine) diangkat sebagai komandan kapal induk USS Enterprise.

Pada tahun 2259, Kapten Kirk dan Spock (Zachary Quinto) dilengserkan posisinya sebagai komandan kapal induk USS Enterprise karena telah melanggar Prime Directive setelah menggunakan kapal untuk menyelamatkan penduduk primitif Planet Nibiru dari letusan gunung berapi. Laksamana Pike (Bruce Greenwood) kemudian diangkat kembali sebagai komandan dan Kirk diturunkan menjadi perwira pertama. Sedangkan Spock dipindah ke kapal lain.

Tak lama setelah itu, instalasi Bagian 31 di London dibom oleh operatif Starfleet yang bernama John Harrison. Ia juga menyerang markas Starfleet selama pertemuan darurat sehingga menewaskan Laksamana Pike dan beberapa perwira senior. Kirk dan Spock pun ditarik kembali ke USS Enterprise dengan perintah membunuh Harrison menggunakan teknologi terbaru mereka.

Selama 120 hari penayangan, pendapatan kotor film Star Trek Into Darkness ini melebihi film sebelumnya, yaitu sebesar USD 467,38 juta atau sekitar Rp6,65 triliun.

3. Guardians of The Galaxy (2014)

https://www.youtube.com/embed/d96cjJhvlMA

Untuk pertama kalinya Zoe Saldana bergabung dengan MCU (Marvel Cinematic Universe) melalui film Guardians of The Galaxy  pada tahun 2014. Film ini menceritakan tentang para petualang ruang angkasa yang terdiri dari Peter Quill/Star-Lord(Chris Pratt), Gamora (Zoe Saldana), Rocket Racoon (Bradley Cooper), Drax (Dave Bautista), dan Groot (Vin Diesel).

Film ini diawali dengan adegan penculikan Peter Quill kecil sesaat setelah ibunya meninggal. Quill kemudian tumbuh menjadi bagian kaum Revengers dengan nama beken Star-Lord. Ia ahli dalam mencuri barang-barang antik kemudian menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Suatu hari, Quill mencuri Orb di Planet Morag. Tiba-tiba ia diserang oleh Korath, pasukan fanatik dari Ronan The Accusser (Lee Pace). Quill berhasil kabur ke Xandar dengan tujuan menjual Orb. Namun Gamora tiba-tiba menyerangnya dan ingin merebut Orb. Dari sisi lain, Rocket dan Groot juga menyerang Quill. Pasukan Nova Corps pun turun tangan menangkap mereka semua dan menjebloskannya ke penjara Kyln. Di sana mereka bertemu dengan Drax yang ingin membunuh Thanos dan Ronan karena telah membunuh keluarganya.

Guardians of The Galaxy tayang selama 175 hari sejak 1 Agustus 2014 hingga 22 Januari 2015. Film ini meraup pendapatan kotor sebesar USD 773,32 juta atau sekitar 11 triliun rupiah. Jumlah ini menempatkan Guardians of The Galaxy dalam posisi ke-95 film terlaris sepanjang masa.

4. Guardians of The Galaxy Vol. 2 (2017)

https://www.youtube.com/embed/wUn05hdkhjM

Guardians of The Galaxy Vol. 2 merupakan sekuel kedua dari Guardians of The Galaxy. yang menceritakan tentang kelanjutan petualangan Peter Quill/Star-Lord (Chris Pratt), Gamora (Zoe Saldana), Rocket Racoon (Bradley Cooper), Drax (Dave Bautista), dan Baby Groot (Vin Diesel).

Selain bertindak menjaga perdamaian, mereka juga kerap melakukan hal-hal ‘iseng’ yang memicu kemarahan makhluk luar angkasa lainnya. Salah satunya ketika Rocket mencuri baterai milik ras Sovereign dan memicu kemarahan Ayesha, pemimpin kaum tersebut. Padahal sebelumnya mereka telah membantu Sovereign membunuh monster yang juga mencuri baterai.

Sovereign kemudian menyerang pesawat Guardians of The Galaxy bertubi-tubi. Mereka kemudian ditolong oleh sosok misterius bernama Ego (Kurt Russell). Rupanya Ego adalah ayah kandung Quill yang dulu menyuruh Yondu Udonta (Michael Rooker) untuk menculik Quill kecil dari bumi. Namun, tanpa alasan jelas Yondu tidak pernah menyerahkan Peter kepada Ego dan justru membesarkan Peter bersama kaum Revengers.

Di tengah kebahagiaan bertemu dengan ayahnya, Quill menemukan fakta bahwa ayahnya seorang Celestial (setengah dewa) yang tinggal di Planet Ego bersama pelayannya, Mantis (Pom Klementieff). Di planet tersebut, kemampuan Quill untuk mengendalikan inti energi planet pun muncul dengan bantuan ayahnya. Namun di balik itu semua rupanya Ego memiliki misi terselubung yang menjadi alasan Yondu tidak pernah menyerahkan Quill kepadanya.

Hingga saat ini Guardians of The Galaxy Vol. 2 menempati posisi ke-71 dalam daftar film terlaris sepanjang masa. Film ini ditayangkan selama 140 hari dan meraih pendapatan kotor sebesar USD 863,8 juta atau sebesar Rp12,29 triliun.

Baca Juga: Marvel dan Disney Hentikan Produksi Film Guardians of the Galaxy Vol 3

5. Avengers: Infinity War (2018)

https://www.youtube.com/embed/6ZfuNTqbHE8

Hingga saat ini Avengers: Infinity War menempati urutan kelima sebagai film terlaris sepanjang masa. Zoe Saldana berperan sebagai Gamora, anak angkat Thanos (Josh Brolin) yang membelot dan bergabung dengan Peter Quill/Star-Lord (Chris Pratt) dan kawan-kawannya. Dalam film ini, untuk pertama kalinya Guardians of The Galaxy bertemu dengan Avengers dan berperang bersama melawan Thanos.

Thanos yang sedang mengumpulkan Infinity Stones mengetahui letak batu-batu tersebut, kecuali Soul Stone atau batu jiwa. Ternyata Gamora adalah satu-satunya orang yang mengetahui letaknya. Ia berusaha merahasiakan hal tersebut dari Thanos tetapi kemudian dipaksa untuk mengatakannya setelah Thanos menyiksa adiknya, Nebula (Karen Gillan). Gamora pun mengantarkan Thanos ke Planet Vormir.

Rupanya satu-satunya jalan untuk mendapatkan Soul Stone adalah dengan cara mengorbankan (membunuh) orang yang disayangi. Thanos pun dengan (setengah) tega melemparkan Gamora dari atas tebing hingga akhirnya mati di dasar jurang. Thanos kemudian mendapatkan Soul Stone dan besiap mencari batu-batu lainnya.

Selama 140 hari penayangan, Avengers: Infinity War berhasil mengumpulkan pendapatan kotor sebesar USD 2.048,4 juta atau Rp29,15 rupiah. Jumlah tersebut rupanya belum mampu menggeser posisi Avatar, Titanic, dan Star Wars: The Force Awakens yang hingga tahun 2018 masih bertengger di posisi 3 besar.

6. Avatar (2009)

https://www.youtube.com/embed/5PSNL1qE6VY

Selama 9 tahun, Avatar kokoh bertengger sebagai film terlaris sepanjang masa. Peran Zoe Saldana sebagai Neytiri lalu tentu tidak dapat dilupakan para penggemarnya. Apalagi, banyak berita yang mengatakan bahwa Avatar direncanakan akan segera merilis sekuel keduanya lho!

Film Avatar yang disutradarai James Cameron ini menceritakan tentang kondisi bumi pada tahun 2154 dengan sumber daya alam yang telah habis akibat ulah manusia. Hal ini menyebabkan krisis energi yang parah sehingga manusia harus memutar otak untuk mencari sumber energi baru. Para ilmuwan menemukan Pandora, sebuah bulan (atau planet) di sistem bintang Alpha Centauri yang dihuni oleh Na’vi, spesies humanoid sapient berkulit biru setinggi 3 meter.

Sistem biosfer Pandora sulit ditembus oleh manusia biasa sehingga mereka membuat makhluk hibrida Na’vi yang disebut Avatar untuk meneliti kehidupan di Pandora. Jake Sully (Samuel Worthington) menjadi salah satu operatornya menggantikan saudara kembarnya yang telah meninggal. Ketika berhasil masuk ke Pandora, Avatar Jake diserang dan ia diselamatkan oleh salah satu Na'vi bernama Neytiri (Zoe Saldana). Neytiri kemudian menginisiasinya ke dalam masyarakat Na’vi.

Selama 238 hari penayangan dan beberapa kali rilis ulang, Avatar berhasil mengumpulkan keuntungan kotor sebesar USD 2.789,67 juta atau 39,71 triliun rupiah. Dengan pendapatan sebesar itu, Avatar berhasil menggeser posisi Titanic yang kokoh sebagai film terlaris sepanjang masa selama 9 tahun sebelum dikalahkan Avengers: Endgame.

7. Avengers: Endgame (2019)

https://www.youtube.com/embed/TcMBFSGVi1c

Avengers: Endgame merupakan film terbaru Zoe Saldana yang berhasil menggeser posisi Avatar dari puncak jajaran film terlaris sepanjang masa. Zoe berperan sebagai Gamora, anak angkat Thanos (Josh Brolin) yang tidak pernah setuju dengan rencana-rencana jahat ayahnya. Gamora sebenarnya sudah mati dalam sekuel sebelumnya, Avengers: Infinity War setelah Thanos menjatuhkannya dari atas tebing di Planet Vormir untuk mendapatkan Soul Stone atau batu jiwa.

Para Avengers yang tersisa kemudian membunuh Thanos dan melakukan time travel atau perjalanan waktu ke masa lalu untuk mengambil Infinity Stones. Mereka berencana mengembalikan setengah populasi yang telah dilenyapkan Thanos. Namun, Nebula (Karen Gillan) yang bertugas mengambil Power Stone pada tahun 2014 ditangkap oleh Thanos (dalam hal ini Thanos dalam realitas tahun 2014). Kemudian Thanos menyuruh Nebula yang masih jahat untuk menyusup ke markas Avengers. Gamora pun memutuskan ikut ke masa depan dan bergabung dengan Avengers melawan Thanos.

Sejak awal, Avengers: Endgame diprediksi akan memecahkan rekor baru. Dugaan tersebut tidak meleset. Selama 123 hari penayangan dengan dua kali rilis, film besutan Anthony dan Joe Russo ini meraih pendapatan kotor sebesar USD 2.796,14 juta atau sekitar 39,79 triliun rupiah.

Jumlah ini pun mampu menggeser Avatar yang kokoh bertengger di puncak box office selama 9 tahun. Dan Zoe Saldana pun dinobatkan sebagai satu-satunya aktris yang pernah bermain dalam dua film terlaris sepanjang masa. Keren parah, kan?

Keren-keren banget kan film yang dibintangi Zoe Saldana? Semoga Zoe kariernya semakin gemilang!

Baca Juga: Selain Avengers, Joss Whedon Ternyata Pernah Menggarap 5 Film Ini!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You