Comscore Tracker

10 Film dalam Jajaran Worldwide Box Office 2021, Sudah Nonton?

Marvel Studios selalu mendominasi 

Tahun 2020 dan 2021 barangkali menjadi tahun terberat bagi industri film. Pandemik COVID-19 yang melanda berbagai belahan dunia mengakibatkan banyak film harus menunda proses produksi hingga jadwal perilisannya. Bioskop pun banyak yang ditutup untuk mengurangi dampak penularan virus corona.

Ketika keadaan dirasa semakin membaik, beberapa rumah produksi pun akhirnya merilis film-film yang telah dinantikan kehadirannya oleh para penggemar. Beberapa diantaranya pun masuk ke dalam jajaran 10 besar 2021 Worldwide Box Office. Film apa saja itu? Let's check it out!

1. Spider-Man: No Way Home

https://www.youtube.com/embed/JfVOs4VSpmA

Kelanjutan petualangan Peter Parker (Tom Holland) sebagai Spider-Man dalam Spider-Man: No Way Home memang telah dinantikan para penggemar film-film superhero Marvel. Begitu rilis pada 17 Desember 2021 lalu, film besutan sutradara Jon Watts ini langsung diserbu hingga bisa memuncaki 2021 Worldwide Box Office dengan raihan USD 1,38 miliar.

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah mengingat film Spider-Man: No Way Home masih terus diputar di bioskop-bioskop hampir di seluruh dunia hingga saat ini. Kalian sudah nonton?

2. The Battle at Lake Changjin

https://www.youtube.com/embed/1aHDj84CcsY

The Battle at Lake Changjin menjadi film berbahasa Mandarin (non-bahasa Inggris) yang berhasil menduduki posisi kedua 2021 Worldwide Box Office dengan raihan pendapatan USD 902,5 juta.

Film ini pertama kali dirilis pada 21 September 2021 di Busan International Film Festival. Kemudian rilis di Tiongkok pada 11 November 2021 dan di Amerika Serikat pada 19 November 2021.

The Battle at Lake Changjin menceritakan tentang perjuangan tentara Tiongkok memaksa pasukan Amerika untuk mundur pada masa Perang Korea (1950-1953). Konon katanya, film ini dibuat sebagai bagian dari Peringatan 100 Tahun Partai Komunis Tiongkok dan menghabiskan budget sebesar USD 200 juta.

Baca Juga: Duduki Peringkat Pertama Box Office, 9 Momen Menyentuh Film 'The Box'

3.  Hi, Mom

https://www.youtube.com/embed/-e-I55AY3Nw

Film Tiongkok berikutnya yang berhasil menembus 10 besar 2021 Worldwide Box Office adalah Hi, Mom. Dirilis pada 12 Februari 2021 atau bertepatan dengan Hari Imlek, Hi, Mom berhasil mengumpulkan pendapat kotor sebesar USD 822 juta.

Film berlatar tahun 2001 ini menceritakan tentang Jia Xiaoling (Jia Ling) yang mendapati dirinya melakukan perjalanan waktu ke masa 20 tahun sebelumnya dan berteman dengan ibunya versi muda. Karena merasa belum bisa membahagiakan ibunya, ia pun melakukan segala hal untuk membuat sang ibu bahagia.  

Alur cerita selanjutnya sudah dipastikan banjir air mata. Hubungan ibu dan anak memang tak pernah gagal untuk membuat penonton terbuai dalam haru birunya. Tak heran jika film ini sukses besar dan pantas menduduki posisi ketiga sebagai film terlari tahun 2021.

4. No Time to Die

https://www.youtube.com/embed/N_gD9-Oa0fg

Agen spionase MI6 populer, James Bond, kembali hadir menyapa penggemarnya melalui sekuel berjudul No Time to Die. Film ke-25 dalam serial James Bond yang dibintangi oleh Daniel Craig ini dirilis pada 28 September 2021 di Royal Albert Hall di London, 30 September 2021 di Britania Raya, dan 8 Oktober 2021 di Amerika Serikat.

No Time to Die menceritakan tentang James Bond (Daniel Craig) yang telah meninggalkan active service-nya kemudian direkrut CIA untuk mencari jejak imuwan yang hilang dan penjahat misterius yang dipersenjatai dengan teknologi baru dan berbahaya.

Dengan 'modal' produksi sekitar USD 250–301 juta, film ini sukses menghasilkan pendapatan kotor sebesar USD 774 juta dan bertengger di posisi keempat dalam 2021 Worldwide Box Office.

5. F9: The Fast Saga

https://www.youtube.com/embed/aSiDu3Ywi8E

Setelah sempat tertunda perilisannya beberapa kali akibat pandemi Covid-19 dan beberapa alasan lainnya, sekuel dari Fast and Furious berjudul F9 atau juga dikenal F9: The Fast Saga dan Fast and Furious 9 akhirnya dirilis pada 19 Mei 2021.

Kali ini Dom Toretto (Vin Diesel) dan kawan-kawan harus menghadapi teroris internasional yang ternyata adalah saudara laki-laki Dom dan Mia yang terasing, yaitu Jakob Toretto (John Cena). Film ini pun berhasil mengumpulkan pundi-pundi pendapatan kotor sebesar USD 726 juta dan menjadi film terlaris kelima tahun 2021 ini.

6. Detective Chinatown 3

https://www.youtube.com/embed/Q3yHJuRkfUI

Dan satu lagi film Tiongkok yang berhasil masuk ke dalam jajaran sepuluh besar 2021 Worldwide Box Office dan menempati urutan ke-6, yaitu Detective Chinatown 3. Dibintangi oleh Wang Baoqiang dan Liu Haoran, film bergenre aksi dan komedi yang rilis pada 12 Februari 2021ini berhasil mengumpulkan pendapatan kotor sebesar USD 686 juta.

Melanjutkan kisah petualangan Tang Ren (Wan Baoqiang) dan Qin Feng (Liu Haoran), Detective Chinatown 3 berlatar tempat di Tokyo. Kedua detektif tersebut ditugaskan untuk menyelidiki kejahatan yang mengarah pada pertempuran antara detektif terkuat di Asia. 

7. Venom: Let There Be Carnage

https://www.youtube.com/embed/-ezfi6FQ8Ds

Venom: Let There Be Carnage menjadi film anti-hero Amerika tahun 2021 yang kehadirannya juga sangat dinantikan oleh para penggemar. Film ini semula akan dirilis pada Oktober 2020 tetapi tertunda karena pandemi Covid-19. Penayangan perdananya dilakukan di London pada 14 September 2021 dan di Amerika Serikat pada 1 Oktober 2021.

Kurang dari empat bulan, Venom: Let There Be Carnage berhasil mengumpulkan pendapatan kotor sebesar USD 501 juta dan menduduki urutan ketujuh dalam 2021 Worldwide Box Office. Karakter Venom alias Eddie Brock yang diperankan Tom Hardy dan alur ceritanya mendapatkan banyak pujian karena dianggap upgrade dari film sebelumnya.

8. Godzilla vs. Kong 

https://www.youtube.com/embed/b42_RVpvVoc

Godzilla vs. Kong merupakan sekuel dari Kong: Skull Island (2017) dan Godzilla: King of the Monsters (2019) sekaligus film keempat dalam MonsterVerse Legendary. Sesuai dengan judulnya, film ini mempertemukan dua ikon terbesar dalam sejarah film, yaitu Godzilla dan Kong.

Godzilla vs. Kong dirilis secara teatrikal pada 24 Maret 2021 dan pada 31 Maret dirilis di Amerika Serikat bersamaan di HBO Max. Dengan anggaran produksi sebesar USD 155–200 juta, film ini berhasil meraup pendapatan kotor sebesar USD 467 juta di seluruh dunia dan bertengger di posisi ke-8 2021 Worldwide Box Office.

9. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

https://www.youtube.com/embed/8YjFbMbfXaQ

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings menjadi film superhero pertama Marvel Cinematic Universe (MCU) yang didominasi oleh aktor-aktris dari wilayah Asia atau keturunan Asia, yaitu Simu Liu (sebagai Sang-Chi), Awkwafina, Meng'er Zhan, Fala Chen, Florian Munteanu, Benedict Wong, Michelle Yeoh, Ben Kingsley, dan Tony Leung.

Penayangan perdana film ini dilakukan di Los Angeles pada 16 Agustus 2021 dan dirilis di Amerika Serikat pada 3 September 2021 sebagai bagian dari Fase Empat MCU. Film ini telah meraup lebih dari USD 432 juta dari seluruh dunia dan menjadikannya film terlaris kesembilan pada tahun 2021.

Banyak ulasan positif dari para kritikus untuk film ini, mulai dari koreografi dari urutan aksi, eksplorasi dan representasi budaya Asia, dan penampilan dari para pemainnya, terutama Simu Liu dan Tony Leung. Sekuelnya pun sudah masuk dalam tahap pengembangan. Wah, gak sabar, nih.

10. Eternals

https://www.youtube.com/embed/0WVDKZJkGlY

Satu lagi film produksi Marvel Studios yang berhasil menembus jajaran sepuluh besar 2021 Worldwide Box Office, yaitu Eternals. Film ini dibintangi deretan bintang-bintang Hollywood, mulai dari Gemma Chan, Richard Madden, Kumail Nanjiani, Lia McHugh, Brian Tyree Henry, Lauren Ridloff, Barry Keoghan, Don Lee, Kit Harington, Salma Hayek, hingga Angelina Jolie.

Eternals merupakan ras alien atau makhluk abadi yang muncul dari persembunyian setelah ribuan tahun untuk melindungi Bumi. FIlm fase empat MCU ini tayang perdana di Los Angeles pada 18 Oktober 2021, di Amerika Serikat pada 5 November 2021, dan berhasil meraup pendapatan kotor lebih dari USD 401 juta.

 

Melihat jumlah raihan pendapatan kotor film-film yang masuk dalam jajaran sepuluh besar 2021 Worldwide Box Office di atas membuktikan bahwa industri perfilman berusaha bangkit di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda dan tentunya berkat dukungan penonton dari berbagai belahan dunia. Semoga tahun 2022 ini makin banyak film yang rilis, ya. 

Baca Juga: 10 Drama Korea Rasa Film, Kualitasnya Serasa Box Office!

Fasrinisyah Suryaningtyas Photo Verified Writer Fasrinisyah Suryaningtyas

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya