Comscore Tracker

5 Studio Film Top di China, Gak Kalah Canggih sama Hollywood

#IDNTimesHype Dilengkapi efek khusus berteknologi tinggi

Perkembangan industri perfileman China dinilai mampu bersaing dengan skala Hollywood. China pun mampu memproduksi film berkualitas tinggi yang gak kalah terkenal. Bahkan, beberapa aktris dan aktor asal China pun telah mendunia.

Tak hanya itu, China bahkan memiliki studio film dengan beragam tema untuk mendukung produksi film. Bukan hanya sebagai latar atau tempat pembuatan film, namun juga drama TV.

Uniknya, studio film ini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat umum, lho. Yuk, intip deretan panorama studio film paling top di China berikut ini.

1. Hengdian World Studio

5 Studio Film Top di China, Gak Kalah Canggih sama HollywoodHengdian World Studio (instagram.com/theshotwizard)

Hengdian World Studio terletak di Kota Hengdian menjadi area yang paling populer di China. Studio ini bahkan menjadi basis syuting film dan teleplay terbesar di Asia. Luasnya mencapai 121 km persegi dengan beragam tema. 

Studio film dan taman hiburan yang dijuluki Chinawood ini bakal membawamu kembali ke era Dinasti Qing dan Ming. Replika istana megah dengan rumah tradisional menjadi daya tarik utama. Gak heran kalau kerap menjadi lokasi syuting film dan drama kolosal atau sejarah China. 

Selain itu, tema pemandangan alam seperti Gua Rocky lengkap dengan kuil Tao juga tersedia. Gak ketinggalan Fantasy Valley yang berfokus pada bencana alam, mulai erupsi gunung berapi, badai, hingga banjir. Studio ini bahkan telah dilengkapi dengan teknologi untuk menciptakan efek khusus. 

2. Shanghai Film Park

5 Studio Film Top di China, Gak Kalah Canggih sama HollywoodShanghai Film Park (instagram.com/esther_97629)

Dengan tema urban Shanghai kuno dan bangunan gaya Eropa, Shanghai Film Park gak kalah menariknya. Di sana, kamu bisa menemukan kilang anggur abad pertengahan serta aula pameran kostum lengkap. Bahkan, patung lilin bintang film juga dipajang di studio ini.

Selain berjalan-jalan untuk menikmati kemegahannya, kamu bisa beristirahat sejenak untuk melihat pertunjukan kung fu tradisional China. Uniknya, pertunjukan tersebut digabung dengan cerita klasik Shanghai Kuno. Setelah puas, kamu bisa berbelanja di Tianzifang yang masih dalam area Shanghai Film Park. 

3. Zhongshan TV and Film City

5 Studio Film Top di China, Gak Kalah Canggih sama HollywoodZhongshan TV and Film City (instagram.com/phoebelei)

Zhongshan TV and Film City terletak di Desa Cuiheng, Zhongshan, Guangdong. Lokasi studio ini merupakan tempat kelahiran mendiang Sun Yat Sen, mantan presiden China. Oleh sebab itu, studio film ini menjadi satu-satunya yang bertema kehidupan Sun Yat Sen. 

Ada lima area pemandangan utama yang bisa kamu kunjungi di sana. Area pemandangan China, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan area pameran. Pengunjung pun bisa merasakan beragam fasilitas rekreasi sampai film berteknologi tinggi. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Serial China Genre Bromance, Seru dan Menegangkan

4. Tongli Shooting Base

5 Studio Film Top di China, Gak Kalah Canggih sama HollywoodTongli Shooting Base (instagram.com/ccariel_928)

Tongli dikenal sebagai Oriental Little Venice, sebab pemandangan indah dengan bangunan kuno yang dikelilingi air. Jembatan kecil dengan deretan rumah menjadi salah satu bagian peninggalan budaya yang indah di studio film ini. Keunikan yang terpelihara dengan baik tersebut sering ditaksir sebagai lokasi syuting dan wisatawan luar negeri. 

Tongli Shooting Base terletak di Kota Suzhou, sekitar 80 km dari Shanghai. Area seluas 33 hektar ini dikelilingi oleh lima danau, yakni Tongli, Jiuli, Yeze, Nanxing, dan Pangshan. Sedangkan wilayahnya dibagi oleh jaringan sungai menjadi tujuh daratan. 

5. Bei Putuo Film and TV City

5 Studio Film Top di China, Gak Kalah Canggih sama HollywoodBei Putuo Film and TV City (instagram.com/yitaoj)

Satu lagi nih studio film yang paling populer di China, ada Bei Putuo Film and TV City. Berlokasi di distrik Daxing dengan luas area lebih dari 30 hektar, kamu bakal disuguhi gabungan set film, hiburan, sampai pertukaran budaya sekaligus. 

Ada lebih dari 20 area pemandangan yang beragam tema. Salah satunya tiga taman yang kental akan budaya tradisional China. Masing-masing taman diberi nama Song (pinus), Zhu (bambu), dan Mei (plum).

Nah, sekarang kamu udah tahu kan studio film paling populer di China? Nyaris semua studio film di sana tidak meninggalkan gaya tradisional China. Namun, tetap dipadukan dengan teknologi tinggi yang bikin film atau drama makin berkualitas. Ciamik pol!

Baca Juga: 7 Fakta The Ocean Eyes, Series yang Diproduksi Mew Suppasit Studio

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya