Comscore Tracker

5 Tahun Berkarya, Ini 7 Perjalanan Mamamoo yang Semakin Melejit!

Prestasi tiada henti

Mamamoo merupakan sebuah girl group asal Korea Selatan yang debut pada 19 Juni 2014 silam. Girl group ini terdiri dari empat orang anggota, yaitu Solar, Hwasa, Wheein dan Moonbyul sebagai rapper. Mereka memiliki warna musik dan keunikan tersendiri dalam setiap penampilannya.

Pada 19 Juni 2019, Mamamoo yang berada di bawah naungan agensi Rainbow Bridge World akan merayakan anniversary ke-5, lho. Bahkan, video untuk memperingati anniversary  mereka akan ditayangkan pada 22 dan 23 Juni mendatang di Lotte Cinema 8, Korea Selatan.

Meski baru lima tahun berkarier sebagai girl group di belantika musik Korea Selatan, namun kemampuan mereka tidak diragukan lagi. Berikut ini perjalanan karier Mamamoo selama lima tahun hingga sukses seperti saat ini.

1. Debut dengan mini album bertajuk 'Hello'

5 Tahun Berkarya, Ini 7 Perjalanan Mamamoo yang Semakin Melejit!twitter.com/orbwt

Mamamoo merilis mini album bertajuk "Hello" pada 19 Juni 2014 dengan lagu andalannya "Mr. Ambigous". Video klip mereka menghadirkan beberapa artis papan atas di dunia musik Korea Selatan yang menjadi cameo. Artis-artis tersebut yaitu, Bumkey, Jung Joon Young, Lee Jong Hyung "CN Blue", Wheesung, K.Will, Rhymer, Baek Z Young dan Don Spike.  

Wah, keren banget, kan? Baru debut sudah mampu menyajikan video klip yang menarik. Apalagi suara merdu para personelnya diiringi dengan musik yang easy listening, menjadikan Mamamoo diterima dengan baik oleh para penikmat KPop.

2. Rilis mini album kedua berjudul 'Piano Man' dan karier mereka mulai merangkak naik

5 Tahun Berkarya, Ini 7 Perjalanan Mamamoo yang Semakin Melejit!koogle.tv

Pada tahun yang sama, mereka merilis mini album yang kedua bertajuk "Piano Man". Sedangkan lagu utama mereka dengan judul serupa menghadirkan Gongchan dari B1A4 dalam video klipnya. Lagu tersebut berada di peringkat ke-10 dalam penjualan digital, bahkan berada pada urutan ke-11 untuk total penjualan hingga akhir tahun 2014. Sejak debutnya, Mamamoo memang menunjukkan kualitas bermusik yang mumpuni, tidak heran jika kariernya semakin naik.

Baca Juga: Genap 28 Tahun, Ini 10 Potret Visual Solar Mamamoo yang Kian Memesona

3. Lagu andalan masuk tiga besar Gaon Music Chart

https://www.youtube.com/embed/pFuJAIMQjHk

Mamamoo merilis mini album ketiga mereka yang bertajuk "Pink Funky" pada 2015. Salah satu lagu mereka dalam album ini yaitu "Ahh Oop!", merupakan kolaborasi dengan penyanyi eSNa. Sedangkan lagu andalan mereka berjudul "Um Oh Ah Yeh" yang masuk dalam tiga besar Gaon Music Chart. Pada tahun yang sama pula, Mamamoo menggelar jumpa fans di Olympic Park, Seoul dan Moo Party di Los Angeles.

3. Mulai konser solo hingga hujan penghargaan

5 Tahun Berkarya, Ini 7 Perjalanan Mamamoo yang Semakin Melejit!allkpop.com

Mamamoo mengawali tahun 2016 dengan menggelar konser solo bertajuk "2016Mamamoo Concert Moosical" di Seoul. Kemudian, mereka merilis album pada bulan Februari dan lagu yang berjudul 'You're the Best' mampu memuncaki tangga lagu Gaon. Bahkan mendapatkan sebanyak delapan penghargaan di Music Bank, Inkogayo, M! Countdown dan masih banyak lagi.

Pada akhir Agustus 2016, Mamamoo mewarnai musik mereka dengan membuat dua sub-grup yang merupakan vokalis dan rapper. Sub-grup vokalis yang merilis single "Angle", terdiri dari Solar dan Wheein. Sedangkan sub-grup rapper yang terdiri dari Moonbyul dan Hwasa merilis single "Dab Dab".

4. Konser musik solo, sebagai bukti kemampuan bermusik

https://www.youtube.com/embed/Ue9NG1hAr78

Mamamoo kembali mengawali tahun berikutnya, yaitu 2017 dengan konser solo kedua. Konser tersebut bertajuk "2017 Mamamoo Concert Moosical: Curtain Call" yang digelar di Seoul dan Busan. Konser solo kedua Mamamoo ini menjadi bukti kemampuan musik mereka dapat diterima dengan baik oleh pendengar. 

Namun, karier mereka tidak selamanya mulus. Mamamoo juga pernah mendapatkan kritik ketika pemutaran video yang menyinggung masyarakat dan penggemar internasional. Masalah kecil tersebut segera disadari dan dapat terselesaikan dengan cepat. 

Tidak lama setelah konser solo keduanya, Mamamoo merilis album kelima dengan judul 'Purple'. Salah satu lagu yang bertajuk "Yes I'am" menjuarai tangga lagu Melon. Bahkan kembali menerima penghargaan di Show Champion, Show! Music Core, M Countdown, The Show, hingga menjadi jawara di Billboard's World Albums. Pencapaian yang hebat, kan?

6. Garap proyek baru untuk warna musik yang unik

5 Tahun Berkarya, Ini 7 Perjalanan Mamamoo yang Semakin Melejit!indokpopers.com

Mamamoo mengawali tahun 2018 dengan membuat seri proyek bertajuk "Four Seasons" yang nantinya akan terdiri dari empat album. Setiap album tersebut mewakili karakteristik masing-masing personel Mamamoo yang berjumlah empat orang. Sehingga para penggemar dapat menikmati gaya dan kemampuan masing-masing  personel. Wah, unik kan?

Pada tahun yang sama, Mamamoo merilis dua album sekaligus yaitu  berjudul "Yellow Flower" dan "Red Moon". Selain itu, mereka juga kembali menggelar konser solo untuk ketiga kalinya yang bertajuk "2018 Mamamoo Concert 4Season S/S. Tiket konser solo mereka terjual habis hanya dalam waktu singkat.

Selain membuat sub-grup, merilis album baru dan bahkan konser solo, Mamamoo juga merilis single Jepang untuk pertama kalinya. Single tersebut berada di bawah Victor Entertanment dengan judul "Decalcomanie". Bahkan menjadi urutan ke-11 di tangga lagu Oricon. Setelah itu, mereka kembali merilis album kedelapan mereka di tahun 2018.

7. Karier semakin melambung dan tetap pertahankan prestasi

https://www.youtube.com/embed/Cp56JdkmE9s

Pada tahun 2019, Mamamoo mengadakan jumpa penggemar di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Tanggal 23 Februari 2019 lalu, Mamamoo menyapa para MooMoo Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Setelah itu, mereka juga mengadakan jumpa penggemar di Singapura pada bulan April lalu. 

Selain keliling Asia untuk menyapa penggemarnya, Mamamoo kembali merilis album yang bertajuk "White Wind" dengan lagu "Gogobebe" sebagai andalan. Lagu tersebut mendapatkan banyak penghargaan dari berbagai acara musik. Patut diacungi jempol, nih!

Mamamoo masih melakukan konser solo keempatnya dengan judul "2019 Mamamoo Concert 4Season F/W" yang merupakan akhir dari proyek "Four Seasons Four Colours Project" tahun lalu. Mamamoo menggelar konser di beberapa negara Asia Timur seperti Taiwan dan Jepang.

Meski baru lima tahun berkarier sebagai girl band Korea Selatan, Mamamoo sudah memiliki segudang prestasi. Bukan sekedar penampilannya yang unik, tapi vokal mereka mampu membius para pendengar. Apalagi, mereka juga punya penggemar dengan sebutan MooMoo yang selalu antusias dan mendukungnya. Sukses selalu untuk Mamamoo!

Baca Juga: Bakal Debut Solo, Ini 10 Potret Hwasa 'Mamamoo' yang Eksotis Banget

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You