Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa 1917 Pantas Mendapatkan Best Visual Effects

#Oscar2020 Mengalahkan Avengers: Endgame dan The Irishman

Sudah diumumkan bahwa film 1917 garapan sutradara Sam Mendes ini berhasil membawa pulang piala Oscar tahun ini untuk kategori Best Visual Effects.

Hal ini ternyata menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar film. Film bergenre historical-drama yang gaungnya kurang terdengar ini berhasil mengalahkan Avengers: Endgame dan The Irishman yang selama ini digadang-gadang bakal menang dalam kategori tersebut. 

Lalu apa sih yang membuat visual efek film 1917 ini sangat keren hingga berhasil membawa pulang Oscar? Yuk ah, kita cari tahu. 

1. One Continuous Take

5 Alasan Kenapa 1917 Pantas Mendapatkan Best Visual Effectsm.imdb.com

Bisa dibilang teknik one continuous take yang dipakai Sam Mendes dan sang sinematografer, Roger Deakins, dalam menggarap film ini adalah alasan kenapa 1917 sukses menyabet penghargaan Best Visual Effects. 

Buat kamu yang belum tahu, one continuous take adalah teknik pengambilan gambar dalam durasi panjang dan dipotong di adegan tertentu untuk mendapatkan hasil seperti diambil dalam satu kali pengambilan gambar.

2. Dieksekusi oleh sinematografer handal

5 Alasan Kenapa 1917 Pantas Mendapatkan Best Visual Effectsm.imdb.com

Dikutip dari wawancaranya dengan New York Times, Deakins tidak tahu apa-apa mengenai film ini sampai dia menerima naskah film dari Mendes. Di halaman depan naskah tertulis, "This is envisioned as a real-time story, shot with a single take".

Meski pun terkejut, sinematografer handal ini merasa tertantang untuk mewujudkan ide luar biasa itu bersama dengan Sam Mendes dan kru film lainnya. 

3. Persiapan panjang dan mendetail

5 Alasan Kenapa 1917 Pantas Mendapatkan Best Visual Effectsm.imdb.com

Seluruh kru yang bekerja di bagian produksi-desain menghabiskan waktu sembilan bulan untuk menyiapkan set film yang luas agar terlihat nyata. Mulai dari menggali parit hingga membuat tumpukan mayat yang terlihat sangat realistis. 

Dean-Charles Chapman, salah satu cast film 1917, mengatakan bahwa tim produksi sengaja membuat replika set pengambilan film agar untuk mengedukasi aktor dan kameraman agar setiap pergerakan yang mereka lakukan sesuai dengan panjang set film yang sudah dibangun secara mendetail.

Baca Juga: Didominasi Parasite dan 1917, Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2020

4. Latihan berbulan-bulan

5 Alasan Kenapa 1917 Pantas Mendapatkan Best Visual Effectsm.imdb.com

Tidak hanya persiapan yang panjang dan mendetail, seluruh kru yang terlibat harus melakukan latihan di lokasi pengambilan gambar enam bulan lamanya. 

Dalam jangka waktu tersebut para aktor dan kameraman datang ke lokasi syuting setiap hari untuk latihan agar setiap langkah dan pergerakan yang mereka buat sesuai dengan timing yang sudah ditentukan. 

5. Unsur sejarah yang kuat

5 Alasan Kenapa 1917 Pantas Mendapatkan Best Visual Effectsm.imdb.com

Film berdurasi 117 menit ini terinspirasi dari pengalaman kakek Sam Mendes, Alfred H Mendes dalam Perang Dunia I. Kemudian beliau mengabadikannya dalam sebuah buku berjudul The Autobiography of Alfred H Mendes 1897 - 1991.

Tidak heran rasanya jika film ini memuat banyak sekali hal mendetail tentang situasi dan kondisi selama Perang Dunia I berlangsung.

Seperti kata pepatah, usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Jadi, gak usah nyinyir lagi ya. 

Baca Juga: Selain 1917, Ini 8 Film George MacKay Terbaik dan Layak Diapresiasi

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya