Comscore Tracker

5 Film Adaptasi Karya Shakespeare Terbaik Versi Letterboxd

Wajib ditonton sekali seumur hidup! 

Buat kamu yang belum tahu, Letterboxd adalah tempatnya para pebcinta film untuk saling berbagi pendapat dan ulasan soal film. 

Berkat Letterboxd pula film-film yang dirilis belasan bahkan puluhan tahun yang lalu tetap menarik untuk dibicarakan saat ini. Salah satunya adalah film adaptasi dari karya sastra klasik milik Shakespeare. Dinilai sukses dengan hasil film adaptasi karya Shakespeare yang lebih segar, 5 film ini mendapat ratting tinggi di Letterboxd.

1. Ran (1985) 

5 Film Adaptasi Karya Shakespeare Terbaik Versi LetterboxdCuplikan adegan dalam film Ran (baltimoresun.com)

Sebagai salah satu film terbaik yang pernah digarap oleh sineas Akira Kurosawa, Ran mendapatkan skor 4.4 dari 1900 voting yang diberikan oleh pengguna Letterboxd. Pada proses pembuatannya, Ran menghabiskan biaya produksi sebesar $11 juta dan menjadikannya sebagai film Jepang termahal yang pernah dibuat pada masanya.

Di adaptasi dari karya Shakespeare berjudul King Lear, Ran mengisahkan runtuhnya kekuasan kaisar Jepang pada abad ke 16 oleh keluarganya sendiri akibat pengkhianatan, keserakahan, dan haus akan kekuasaan yang tidak akan pernah terpuaskan.

2. Throne of Blood (1957) 

5 Film Adaptasi Karya Shakespeare Terbaik Versi LetterboxdCuplikan adegan dalam film Throne of Blood (theyorker.co.uk)

Disebut-sebut sebagai adaptasi Macbeth terbaik sepanjang masa, Throne of Blood mendapatkan skor 4.2 dari 402 voting yang diberikan oleh pengguna Letterboxd. Rilis pada tahun 1957 silam, Throne of Blood adalah perpaduan yang sempurna antara kepiawaian Shakespeare dalam bercerita dan kejeniusan Kurosawa dalam membuat sebuah film.

Throne of Blood mengisahkan tentang istri seorang jenderal perang ambisius yang mendorong suaminya untuk menjadi penguasa kekaisaran seperti yang tertulis dalam sebuah ramalan.

3. Chimes at Midnight (1965) 

5 Film Adaptasi Karya Shakespeare Terbaik Versi LetterboxdCuplikan adegan dalam film Chimes at Midnight (criterion.com)

Bisa dibilang film yang rilis pada tahun 1965 silam ini merupakan perpaduan dari berbagai drama terkenal karya Shakespeare, termasuk Henry IV dan Richard II. Ditulis dan disutradai oleh Orson Welles, Chimes at Midnight berfokus pada perjalanan karir Sir John Falstaff sebagai pendamping Pangeran Hal saat masih muda.

Welles sendiri menyatakan bahwa Chimes at Midnight adalah karya terbesar dan terbaik yang pernah ia buat sepanjang karirnya. Tidak heran jika film yang memiliki judul asli Campanadas a Medianoche ini mendapatkan skor 4.0 di Letterboxd.

Baca Juga: 5 Film Adaptasi Komik yang Siap Menemani Kamu Ngabuburit, Underrated

4. Othello (1951) 

5 Film Adaptasi Karya Shakespeare Terbaik Versi LetterboxdCuplikan adegan dalam film Othello (critikat.com)

Sebelum Chimes at Midnight, Orson Welles sudah terlebih dahulu membuat Othello, film yang disadur dari karya Shakespeare lain yang tidak kalah fenomenal berjudul Hamlet. Othello sendiri mengisahkan tentang kehancuran pernikahan Jenderal Othello ketika Lago yang memiliki dendam padanya meyakinkannya bahwa istri barunya tidak setia.

Menurut pengakuannya, proses produksi film tersebut sangat rumit dan menghabiskan banyak waktu hingga menjadi penyebab banyaknya perkelahian antar kru. Usaha tidak pernah mengkhianati hasil, Othello mendapatkan penghargaan Palme d’Or di ajang Cannes Film Festival pada tahun 1952.

5. The Tragedy of Macbeth (2021) 

5 Film Adaptasi Karya Shakespeare Terbaik Versi Letterboxdcnn.com

Bisa dibilang The Tragedy of Macbeth adalah salah satu film Garapan Coen bersaudara yang mengusung nuansa gelap. Uniknya, Ethan Coen absen dalam proses pengembangan film. Meskipun begitu, Joel Coen tetap sukses mengadaptasi salah satu karya terbaik Shakespeare berjudul Macbeth.

Premisnya hampir serupa dengan Throne of Blood, tentang seorang istri ambisius yang mendorong suaminya untuk memenuhi ramalannya menjadi penguasa kerajaan dengan cara kotor sekalipun. The Tragedy of Macbeth berhasil mendapatkan 3 nominasi di ajang Oscar tahun ini yaitu Best Actor, Best Cinematography, dan Best Production Design.

Letterboxd saat ini lebih diminati ketimbang Rotten Tomatoes atau Metacritic karena rating sebuah film murni berasal dari ulasan dan penilaian yang diberikan oleh penonton. Buat kamu si pencinta film, yuk, langsung buat akun di Letterboxd dan bagikan ulasan kamu pada sesama penggemar film.

Baca Juga: 7 Film Adaptasi Buku Peraih Best Picture Oscar dalam 2 Dekade Terakhir

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya