Comscore Tracker

Inspiratif, 7 Rekomendasi Asadora alias Drama Pagi Jepang yang Seru

Ada asadora yang pernah tayang di Indonesia! #IDNTimesHype

Drama pagi Jepang atau yang dikenal sebagai 'asadora' merupakan salah satu format serial yang menjadi favorit penggemar JDrama. Asadora selalu dinanti karena cerita yang menginspirasi. Beberapa bahkan diadaptasi dari kisah nyata. Apalagi, drama pagi Jepang ini biasanya juga dibintangi oleh aktor dan aktris Jepang terpopuler.

Menariknya, asadora identik dengan pemeran utama perempuan atau heroine. Bahkan ada audisi heroine asadora yang biasa diikuti ribuan pendaftar! Artis yang terpilih sebagai heroine punya kesempatan untuk tampil di berbagai acara di NHK TV dan bisa jadi 'batu loncatan' untuk kariernya. Ini dia 7 rekomendasi asadora Jepang paling seru untuk kamu tonton.

1. Oshin (1983)

Inspiratif, 7 Rekomendasi Asadora alias Drama Pagi Jepang yang SeruJDrama Oshin (nhk.or.jp)

Sebagian darimu mungkin sudah pernah mendengan drama Jepang legendaris, Oshin. Serial yang tayang di tahun 1983-1984 ini menjadi salah satu asadora terpopuler favorit penggemar JDrama.

Saking populernya, drama ini ditayang di beberapa negara, termasuk Indonesia. Bahkan, Oshin juga telah diadaptasi ke versi film di tahun 2013.

Asadora Oshin menceritakan perjuangan wanita bernama Shin Tanokura alias Oshin. Oshin telah bekerja keras dari kecil untuk menafkahi keluarganya. Perjuangannya berbuah manis hingga ia menjadi pemilik waralaba toko swalayan. Drama Jepang ini berlatarkan dari era Meiji hingga era Showa. 

2. Amachan (2013)

Inspiratif, 7 Rekomendasi Asadora alias Drama Pagi Jepang yang SeruJdrama Amachan (nhk.or.jp/amachan)

Selanjutnya adalah asadora berjudul Amachan atau Little Ama. Drama yang tayang di tahun 2013 ini dibintangi oleh aktris Rena Nounen alias Non. Drama Jepang ini juga menjadi salah satu asadora terpopuler dan meraih rating tinggi.

Amachan menceritakan Aki Amano yang ingin menjadi ama atau penyelam perempuan. Karena impiannya, ia memutuskan pindah ke Pantai Sanriku. Di sisi lain, Aki juga bekerja sebagai idol di Tokyo. Drama "Amachan" juga mengisahkan perjuangan Aki untuk memperbaiki daerah Tohoku pasca tsunami Jepang 2011.

3. Mare ​​​​​​​(2015)

Inspiratif, 7 Rekomendasi Asadora alias Drama Pagi Jepang yang SeruJDrama Mare (Mydramalist.com)

Salah satu asadora lain yang wajib ditonton adalah Mare. Drama ini terkenal karena dibintangi aktor dan aktris ternama seperti Tao Tsuchiya, Yo Oizumi, Kento Yamazaki, dan lain-lain. Mare juga berhasil mengangkat nama Tao Tsuchiya menjadi aktris Jepang yang diperhitungkan. Asadora ini tayang di tahun 2015.

Mare adalah kisah tentang perempuan bernama Mare Tsumura yang bercita-cita menjadi pattiserie. Cewek yang awalnya tidak memiliki impian itu, tiba-tiba ingin menjadi pattieserie setelah makan kue ulang tahun dan mengingat memori masa kecilnya.

4. Massan ​​​​​​​(2014)

Inspiratif, 7 Rekomendasi Asadora alias Drama Pagi Jepang yang Seruposter Asadora Massan (storm.mg)

Berbeda dengan heroine asadora sebelumnya, Massan adalah satu-satunya asadora yang heroine-nya seorang aktris non Jepang. Charlotte Kate Fox menjadi heroine di drama ini. Drama yang tayang tahun 2014 ini diambil dari kisah nyata pasangan suami istri Masataka Taketsuru dan Jessie Roberta "Rita" Cowan, pendiri perusahaan wiski Nikka Whisky.

Massan menceritakan kisah pasangan suami istri Masaharu dan Ellie Kameyama. Masaharu alias Massan sangat mencintai wiski. Bahkan ia bertekad untuk mendirikan perusahaan wiski pertama di Jepang. Walaupun ia menemui berbagai tantangan, namun keduanya saling bersama hingga mereka sukses menjadi pengusaha wiski ternama di Jepang.  

Baca Juga: Comeback JDrama Jadi Penulis Manga, 10 Potret Memesona Yuko Araki

5. Yell ​​​​​​​(2020)

Inspiratif, 7 Rekomendasi Asadora alias Drama Pagi Jepang yang SeruJDrama Yell (nhk.co.jp)

Diambil dari kisah nyata komposer Yuuji Koseki, Yell menjadi asadora lainnya yang wajib ditonton. Tayang di tahun 2020, drama ini dibintangi oleh aktor Masataka Kubota sebagai pemeran utamanya. Uniknya, drama Yell menjadi asadora pertama yang dibintangi oleh aktor sejak penayangan drama Massan.

Yell menceritakan pemuda bernama Yuichi Koyama yang memiliki bakat di bidang musik. Namun, keluarganya berharap Yuichi mewarisi toko kimono milik mereka. Kecintaannya terhadap musik membuatnya diam-diam ikut kompetisi musik dan menang.

JDrama satu ini juga menceritakan perjuangan Yuichi menjadi komposer legendaris hingga kisah cintanya dengan sang istri, Oto Sekiuchi.

6. Natsuzora (2019)

Inspiratif, 7 Rekomendasi Asadora alias Drama Pagi Jepang yang Seruposter Asadora Natsuzora (rakuten.ne.jp)

Asadora dari kisah nyata lain yang menarik adalah Natsuzora. Tayang di tahun 2019, drama ini mengisahkan animator wanita Jepang pertama, Reiko Okuyama.

Drama ini  dibintangi aktris Suzu Hirose sebagai heroine bersama pemain lainnya. Seperti Nanako Mitsushita, Masaki Okada, Taishi Nakagawa, Kaya Kiyohara, dan masih banyak lagi.

Dalam drama Natsuzora, Suzu berperan sebagai Natsu Okuhara. Natsu yang merupakan anak yatim piatu akhirnya dibesarkan oleh keluarga sahabat ayahnya di Hokkaido. Ternyata Natsu memiliki bakat di bidang seni menggambar. Natsu pun memutuskan pindah ke Tokyo untuk mewujudkan impiannya sebagai animator. 

7. Hanbun, Aoi (2018)

Inspiratif, 7 Rekomendasi Asadora alias Drama Pagi Jepang yang Seruposter Asadora Hanbun, Aoi (asianwiki.com)

Rekomendasi terakhir asadora menarik lainnya adalah Hanbun, Aoi. Drama yang tayang di tahun 2018 ini menampilkan aktris Mei Nagano sebagai sang heroine. Ada juga pemain lainnya seperti Takeru Satoh, Yasuko Matsuyuki, Nobuyuki Suzuki, dan lain-lain.

Hanbun, Aoi menceritakan Suzume Nireno dan Ritsu Hagio yang lahir di hari yang sama. Suzume kehilangan pendengarannya sejak kecil karena sakit. Namun keduanya tetap bersahabat hingga dewasa.

Suzume juga bekerja sebagai mangaka tetapi gagal. Dari kegagalannya, ia menemukan bakat terpendamnya sebagai penemu. Bersama Ritsu, mereka menciptakan kipas angin yang lebih alami. 

Itulah 7 rekomendasi asadora yang seru dan wajib untuk ditonton. Dari sekian asadora yang direkomendasikan, mana yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: Bedah Hingga Jiwa, 7 Drama Jepang tentang Profesi Dokter Spesialis

Felia Nur Syaputri Photo Writer Felia Nur Syaputri

Hanya seorang pemula yang belajar jadi penulis dan hobi membagikan apapun tentang musik, drama, dan lainnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya