Comscore Tracker

9 Rekomendasi Film Jepang Adaptasi Novel yang Wajib Ditonton

Filmnya sama serunya dengan versi novel #IDNTimesHype

Novel dari Jepang hingga kini selalu warna dan cerita menarik yang seru untuk dibaca. Beragam tema dan jenis cerita membuat novel dari Jepang menjadi salah satu yang paling disukai oleh pecinta novel. Bahkan beberapa novelis Jepang ternama seperti Haruki Murakami, Banana Yoshimoto, Eiko Kadono, Sei Hatsuno, dan lainnya telah menghasilkan beberapa novel terpopulernya.

Saking populer dan menariknya, beberapa novel dari Jepang dibuat dengan versi film adaptasi (live-action movie). Film Jepang adaptasi novel ini juga menampilkan cerita yang tidak kalah menarik dengan versi novel. Apa saja film Jepang adaptasi novel yang wajib ditonton? 

1. I Want To Eat Your Pancreas

https://www.youtube.com/embed/Z3h490I2UnE

I Want To Eat Your Pancreas adalah salah satu film Jepang adaptasi novel yang seru dan wajib ditonton. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Yoru Sumino, novel ini juga telah diadaptasi versi kartun animasi di tahun 2015. Film yang dirilis tahun 2017 ini dibintangi oleh aktor dan aktris Jepang ternama seperti Shun Oguri, Keiko Kitagawa, Takumi Kitamura, dan Minami Hamabe.

Film ini mengisahkan murid SMA bernama I (Takumi Kitamura) yang menemukan buku harian milik temannya, Sakura Yamauchi (Minami Hamabe). Lewat buku diarinya diketahui bahwa Sakura mengidap penyakit pankreas. Sejak itu, Sakura dan I menghabiskan waktu bersama hingga Sakura meninggal dunia.

Kenangan tentang Sakura tetap terbawa oleh I saat menjadi guru di sekolahnya terdahulu. I selalu mengingat kenangan terindahnya bersama Sakura. Selain I, sahabat Sakura yakni Kyoko (Keiko Kitagawa) juga teringat persahabatannya dengan Sakura. Apalagi Kyoko akan menikah. 

Film ini meraih box-office movie di Jepang sepanjang tahun 2017. Selain itu, film ini juga masuk dalam berbagai nominasi penghargaan film Jepang. Bahkan memenangkan berbagai kategori di penghargaan film Jepang.

2. Haruchika

https://www.youtube.com/embed/tYCLVtFnPAU

Haruchika juga menjadi film Jepang adaptasi novel tentang kehidupan anak SMA. Diangkat dari novel berjudul sama karya Sei Hatsuno dan diterbitkan di Kadokawa Shoten tahun 2008. Film yang dirilis tahun 2017 ini dibintangi oleh Kanna Hashimoto dan Shori Sato. 

Film Haruchika menceritakan dua sahabat yaitu Haruta Kamijo (Shori Sato) dan Chika Homura (Kanna Hashimoto). Mereka telah bersahabat sejak kecil dan kembali bertemu saat masuk SMA. Chika tergabung dalam klub instrumen angin dan mengajak Haruta bergabung. 

Namun, klub instrumen angin tersebut harus menghadapi masalah pembubaran klub. Haruta dan Chika bekerja sama untuk menyelesaikan berbagai kasus. Disamping itu, mereka dan rekan klub instrumen angin lainnya berusaha membuat klubnya lebih baik.

3. Norwegian Wood

https://www.youtube.com/embed/6So2GW3QKrY

Film Norwegian Wood menjadi salah satu film Jepang adaptasi novel ternama yang wajib ditonton buat pecinta film. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya novelis ternama, Haruki Murakami. Dirilis tahun 2010, film ini dibintangi deretan aktor dan aktris Jepang ternama seperti Kenichi Matsuyama, Rinko Kikuchi, Kiko Mizuhara, dan Tetsuji Tamayama. 

Norwegian Wood menceritakan Toru Watanabe (Kenichi Matsuyama) yang kehilangan sahabatnya, Kizuki (Kengo Kora). Toru juga bertemu dengan Naoko (Rinko Kikuchi) yang merupakan mantan kekasih Kizuki. Karena sama-sama merasa kehilangan, Toru dan Naoko menjadi dekat.

Namun, Naoko memutuskan untuk meninggalkan sanitarium. Toru kembali merasa kehilangan akibat kepergian Naoko. Saat itulah Toru bertemu dengan Midori (Kiko Mizuhara). Midori yang percaya diri dan bersemangat menjadi penanda kehidupan baru Toru. 

Film Norwegian Wood menampilkan latar tahun 1960-an dan memberikan sentuhan berbeda. Film ini juga ditayangkan di berbagai festival film dan tayang di berbagai negara lain. Selain itu, film ini juga memenangkan berbagai penghargaan film dalam berbagai kategori. 

4. Moeyo Ken

https://www.youtube.com/embed/1EgEPDTT43U

Buat penyuka film sejarah, Moeyo Ken menjadi salah satu film Jepang yang menarik dan wajib ditonton! Dari novel legendaris berjudul sama karya Ryotaro Shiba, film ini mengisahkan para samurai era akhir keshogunan Tokugawa. Menariknya, novelnya telah diadaptasi ke berbagai film dan drama televisi!

Untuk versi terbaru yaitu film Moeyo Ken yang akan dirilis tahun ini. Film ini dibintangi oleh Junichi Okada, Kou Shibasaki, Ryohei Suzuki, dan Ryosuke Yamada.

Moeyo Ken mengisahkan Hijikata Toshizo (Junichi Okada) yang merupakan wakil komandan Shinsegumi. Lahir dari keluarga berada, Hijikata pernah bekerja sebagai penjual obat. Perkenalannya dengan Kondo Isami (Ryohei Suzuki) akhirnya menjadi cikal bakal pembentukan Shinsegumi.

Selama menjadi wakil komandan Shinsegumi, Hijikata menerapkan aturan keras kepada anggotanya. Bahkan dia menerapkan aturan Seppuku. Lewat film dan novelnya juga ditampilkan aksi Hijikata Toshizo bersama Shinsegumi.

5. Kiki's Delivery Service

https://www.youtube.com/embed/20rhuaIK7jQ

Beralih ke novel tema fantasi, Kiki's Delivery Service adalah salah satu novel fantasi yang populer di Jepang. Ditulis oleh Eiko Kadono, novel ini menceritakan penyihir muda bernama Kiki. Karena ceritanya populer, novel ini diangkat ke versi kartun animasi dan live-action movie

Film Kiki's Delivery Service dirilis tahun 2014. Film ini dibintangi oleh Fuka Koshiba, Ryohei Mirota, Rie Miyazawa, dan lainnya.

Kiki (Fuka Koshiba) adalah penyihir muda yang tinggal di kota yang tidak ada penyihir. Dia ditemani dengan kucing hitam bernama Jiji. Kiki harus memenuhi kebutuhannya dengan mengandalkan kemampuan sihirnya. Selain itu, Kiki juga mulai dekat dengan masyarakat kota tersebut.

Baca Juga: 12 Film Jepang Yamazaki Kento yang Diadaptasi dari Manga, Seru Abis!

6. Another

https://www.youtube.com/embed/Se75ONhs1JA

Untuk novel Jepang tema horor, Another menjadi salah satu novel yang difavoritkan oleh pecinta novel horor. Berlatarkan tahun 1998, Another menyajikan cerita misteri, horor, dan penuh kesadisan yang terjadi di sekolah. Novel ini juga diangkat ke versi kartun animasi dan live-action movie. Filmnya sendiri dirilis tahun 2012 dan dibintangi oleh Ai Hashimoto dan Kento Yamazaki.

Koichi Sakakibara (Kento Yamazaki) dilarikan ke rumah sakit karena penyakit pneumotoraks. Selama di rumah sakit, dia bertemu dengan wanita misterius bernama Mei Misaki (Ai Hashimoto). Saat bersekolah di Yomiyama North Middle School, dia masuk ke kelas 3-3. Kelas tersebut memiliki kebiasaan aneh, yakni membiarkan satu kursi kosong. 

Kursi kosong itu ternyata milik Misaki, murid kelas 3-3 di tahun 1972. Misaki meninggal secara mendadak dan meninggalkan duka bagi teman-temannya dan pihak sekolah. Anehnya, mereka membiarkan satu kursi kosong dan menganggap Misaki masih hidup. Keanehan bertambah saat Mei Misaki berada di kelas itu dan dia dikucilkan oleh teman sekelasnya. Ditambah kelas 3-3 menjadi kelas kutukan karena ada saja muridnya yang meninggal dengan tragis.

Koichi menjadi penasaran dengan Mei. Namun rasa penasaran itu berubah menjadi persahabatan. Koichi dan Mei berusaha untuk memecahkan misteri kutukan kelas 3-3.

7. Japan Sinks

https://www.youtube.com/embed/h1pPxCkadkE

Rekomendasi selanjutnya datang dari film populer Jepang yakni Japan Sinks. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Sakyo Komatsu dan diterbitkan tahun 1973. Novelnya sendiri telah meraih berbagai penghargaan sastra Jepang.

Novel Japan Sinks telah diadaptasi dalam versi film sebanyak dua kali yakni di tahun 1974-1975 dan tahun 2006. Selain itu, novel ini juga dibuat versi kartun animasi dan versi parodi. Untuk versi film tahun 2006 dibintangi oleh Tsuyoshi Kusanagi, Kou Shibasaki, Etsushi Toyokawa, dan lainnya.

Film ini menceritakan bencana gempa bumi yang terjadi di Teluk Suruga dan prediksi Jepang akan tenggelam dalam 40 tahun terakhir. Toshio Onodera (Tsuyoshi Kusanagi) dan anaknya, Misaki, diselamatkan oleh Reiko Abe (Kou Shibasaki). Selama itu, mereka berusaha untuk evakuasi dari bencana alam tersebut. Toshio juga melihat beberapa prefektur di Jepang hancur dan tenggelam karena gempa bumi. 

8. Moshidora

https://www.youtube.com/embed/vFRA7IfJalg

Jika kamu ingin menonton film tema olahraga, manajemen, dan sekolah sekaligus, Moshidora jawabannya! Film ini diangkat dari novel berjudul sama karya Natsumi Iwasaki dan terbit tahun 2009. Film ini menceritakan siswi SMA yang menjadi manajer tim baseball di sekolahnya. 

Untuk novelnya sendiri telah diadaptasi dalam versi kartun animasi dan live-action movie. Versi filmnya telah tayang tahun 2011 dan dibintangi oleh Atsuko Maeda, Koji Seto, Minami Minegishi, Haruna Kawaguchi, dan lainnya.

Minami Kawashima (Atsuko Maeda) tiba-tiba ditawari oleh sahabatnya, Yuki Miyata (Haruna Kawaguchi), yang dirawat di rumah sakit. Tawarannya adalah menjadi manajer tim baseball SMA Hodokubo. Minami yang tidak ada pengalaman manajemen tim, akhirnya mulai belajar tentang manajemen. Dia mempelajarinya lewat buku manajemen karya Peter Drucker berjudul Management: Tasks, Responsibilities, Practices. 

9. Ring

https://www.youtube.com/embed/Zs_6pviuNAs

Rekomendasi terakhir datang dari film horor legendaris Jepang yakni Ring. Film Ring sendiri diangkat dari novel trilogi berjudul sama karya Koji Suzuki. Novel Ring juga telah diadaptasi ke berbagai film dan drama. Bahkan ada yang diadaptasi versi film Amerika Serikat dan Korea Selatan!

Film Ring telah dirilis di Jepang tahun 1998 dan menuai kesuksesan pada penayangan filmnya. Dibintangi oleh aktor dan aktris Jepang ternama seperti Nanako Mitsuhisma, Miki Nakatani, Hiroyuki Sanada, dan lainnya. 

Ring menceritakan tentang rekaman video misterius yang terkutuk. Rekaman video ini diinvestigasi oleh Reiko Asakawa (Nanako Mitsuhima) setelah keponakannya meninggal dunia akibat menonton rekaman video itu. Reiko juga dibantu mantan suaminya, Ryuji Takayama (Hiroyuki Sanada), yang memiliki indra keenam. 

Mereka meneliti tentang rekaman video tersebut dan mengetahui sosok hantu di video itu. Sosok hantu itu bernama Sadako Yamamura (Rie Inoo). Sejak itulah mereka berusaha untuk mengetahui latar belakang Sadako sekaligus memecahkan kutukan rekaman video tersebut.

Sekian 9 rekomendasi film Jepang adaptasi novel yang wajib kamu tonton. Baik novel dan filmnya sama-sama enak dinikmati di waktu senggang kamu. Kamu tim nonton filmnya dulu atau baca novelnya dulu, nih?

Baca Juga: 5 Film Jepang yang Wajib Ditonton Penyayang Anjing, Kisahnya Haru!

Felia Nur Syaputri Photo Writer Felia Nur Syaputri

Hanya seorang pemula yang belajar jadi penulis dan hobi membagikan apapun tentang musik, drama, dan lainnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya