Comscore Tracker

5 Karakter MCU yang Pernah Menggunakan Darkhold, Buku Terkutuk!

Kitab Darkhold muncul dalam serial Runaways

Marvel Cinematic Universe (MCU) telah merilis Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022) pada awal April lalu. Tak butuh waktu lama untuk film yang dibintangi Benedict Cumberbatch dan Elizabeth Olsen itu merajai box office di seluruh dunia.

Sekuel Doctor Strange (2016) itu berkutat pada kekuatan kitab Darkhold. Kalau belum tahu, Darkhold adalah kitab terkutuk yang dapat membuat penggunanya memiliki kekuatan gelap. Dalam Doctor Strange in the Multiverse of Madness, kitab ini membuat seluruh alam semesta geger.

Meski baru mendengar nama Darkhold, ternyata sudah ada beberapa karakter di MCU yang menggunakannya. Saking kuatnya, kitab tersebut memberikan banyak kerugian bagi penggunanya.

1. Scarlet Witch

5 Karakter MCU yang Pernah Menggunakan Darkhold, Buku Terkutuk!Scarlet Witch (dok. Marvel Studios/Doctor Strange in the Multiverse of Madness)

Seperti yang sudah kamu lihat dalam Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Wanda Maximoff bertransformasi menjadi villain terkuat. Tak lagi disebut Wanda, dalam film tersebut ia memilih menggunakan nama Scarlet Witch.

Setelah mendapatkan Darkhold dari Agatha Harkness dalam WandaVision (2021), Scarlet Witch ternyata juga menggunakannya. Berkat kitab gelap tersebut, Scarlet Witch percaya bahwa dirinya dapat menyusup ke semesta lain, di mana ia dapat berkumpul bersama kedua anaknya, Tommy dan Billy.

Berkat kemampuannya ditambah dengan Darkhold, Scarlet Witch menjadi tak terkalahkan. Ia mampu dreamwalking menggunakan varian dirinya di sebuah semesta hingga membunuh seluruh anggota Illuminati hanya dalam hitungan menit.

2. Doctor Strange

5 Karakter MCU yang Pernah Menggunakan Darkhold, Buku Terkutuk!Doctor Strange (dok. Marvel Studios/Doctor Strange in the Multiverse of Madness)

Selain Scarlet Witch, Doctor Strange juga akhirnya menggunakan Darkhold dalam film sekuelnya tersebut. Bukan untuk melakukan kejahatan, Strange melakukannya demi menyelamatkan America Chavez dari Scarlet Witch.

Strange melakukan dreamwalking ditemani Christine. Ia merasuki varian dirinya yang sudah menjadi mayat untuk sampai ke Wundagore, tempat di mana takhta Scarlet Witch berdiri. Usahanya pun tak sia-sia, Chavez berhasil diselamatkan.

Setelah sukses mengakses Darkhold, ternyata Strange mendapatkan ganjarannya. Pada akhir film, Strange terlihat memiliki mata ketiga. Hal itu menandakan bahwa dirinya kini memiliki kekuatan tak terbatas.

Baca Juga: 5 Peristiwa di Doctor Strange 2 yang Jadi Misteri, Wanda ke Mana?

3. Agatha Harkness

5 Karakter MCU yang Pernah Menggunakan Darkhold, Buku Terkutuk!Agatha Harkness (dok. Marvel Studios/WandaVision)

Kemunculan Agatha Harkness sebagai villain utama dalam serial WandaVision cukup tak terduga. Pada awal, Agatha tampil sebagai tetangga Wanda dan Vision yang ceria serta penuh warna. Namun, Agatha berakhir menjadi musuh yang kuat bagi Wanda.

Agatha sempat terlibat dalam sihir gelap selama masa Penyihir Salem. Mampu hidup ratusan tahun, Agatha akhirnya muncul di Westview, di bawah kendali realitas Wanda, 330 tahun kemudian.

Setelah menggunakan Darkhold, kekuatan Agatha kian maksimal. Dirinya mampu menyerap kekuatan penyihir lain dan tidak terdeteksi jika dirinya memiliki kemampuan sihir. Bisa dibilang, Agatha adalah salah satu villain tercerdas di MCU.

4. Morgan Le Fay

5 Karakter MCU yang Pernah Menggunakan Darkhold, Buku Terkutuk!Morgan Le Fey (dok. Marvel Television/Runaways)

Morgan Le Fay menjadi musuh dari King Arthur dalam serial Runaways. Selama bertahun-tahun, Morgan terperangkap dalam jerat Dimensi Gelap, sebelum akhirnya kembali muncul. Kebangkitan Morgan tak lain karena Darkhold.

Kitab terkutuk itu juga memudahkan Morgan melantik banyak pengikut, termasuk Nico, ke dalam kelompok penyihirnya, Fay's Coven. Morgan memiliki aura yang disegani, sehingga hampir semua penyihir menghormati dan mau bekerja untuknya.

5. Nico Minoru

5 Karakter MCU yang Pernah Menggunakan Darkhold, Buku Terkutuk!Nico Minoru (dok. Marvel Television/Runaways)

Nico Minoru adalah salah satu anggota dari Fay's Coven dalam serial Runaways.  Sebenarnya, Nico adalah salah satu pembentuk Runaways bersama teman-temannya setelah mendapatkan Staff of One.

Nico dapat mengakses kekuatan Darkhold melalui rekaman yang ia dapatkan dari ayahnya ketika menggunakan kacamata WizGlass. Berkat itulah Nico dapat merapal mantra dengan akurat dan kuat.

Kemampuan Nico makin menguat setelah menggunakan Darkhold. Dirinya dengan mudah memanipulasi suara dan cuaca sesuka hati hingga kekuatan melacak sensoriknya makin luar biasa.

Adanya kitab Darkhold dalam semesta MCU nyatanya mendatangkan banyak kerugian. Namun, tentu saja tanpa adanya kitab terkutuk tersebut, cerita dalam MCU tak seseru sekarang. Tak semuanya digunakan untuk keburukan, Doctor Strange menggunakannya untuk menyelamatkan dunia.

Baca Juga: 5 Bukti Wanda Maximoff Jadi Superhero Paling Kuat di MCU

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya