Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Orang Dewasa Masih Suka Nonton Kartun Upin dan Ipin

Apakah kamu penggemarnya juga?

Upin & Ipin adalah animasi produksi Malaysia yang juga ditayangkan di berbagai negara seperti Indonesia. Kartun ini sangat inspiratif dan digandrungi banyak orang.

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menyukai tontonan ini. Ada beberapa alasan yang membuat orang dewasa suka menonton kartun Upin & Ipin. Apa saja alasannya? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Kisahnya membawa penonton bernostalgia

https://www.youtube.com/embed/6-k0FfNEmkA

Upin dan Ipin merupakan anak-anak yang senang bermain bersama kawan-kawannya. Permainan yang mereka lakukan adalah permainan tradisional yang kini sudah mulai punah. Penonton dewasa yang dulu pernah memainkan permainan tradisional tersebut menjadi teringat kembali masa kecil mereka yang indah dulu.

2. Alur cerita mudah dipahami

https://www.youtube.com/embed/nWEep2JpVks

Alur cerita dalam animasi Upin & Ipin mudah dipahami dan pesan moralnya dapat mudah untuk diterima. Penyampaian nasihat dalam cerita ini tidak menggurui dan cenderung merupakan kisah pengalaman Upin & Ipin.

Contohnya pada episode berjudul Cuai, cuai, cuai yang berisi kecerobohan Upin & Ipin, sehingga mereka pun menerima akibat dari kecerobohan mereka itu. Alhasil, mereka pun belajar bahwa tidak boleh jadi orang yang ceroboh.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Malaysia yang Sering Muncul di Serial Upin-Ipin, Enak!

3. Karakter tokoh-tokohnya unik dan lucu

https://www.youtube.com/embed/DTc5pe9s9ac

Ketimbang menonton sinetron atau drama yang menguras emosi, beberapa orang dewasa lebih menyukai tontonan kartun karena lucu dan dapat menghilangkan penat.

Dalam serial Upin & Ipin, banyak karakter tokoh yang lucu dan juga unik. Setiap tokoh memiliki karakteristik tertentu seperti Upin yang memiliki rambut sehelai saja, Ehsan yang suka makan, hingga Ijat yang sering pingsan.

Tidak hanya tokoh anak-anaknya saja yang tingkahnya lucu, tetapi juga orang dewasa termasuk Opah dan Atuk. Contohnya dalam satu episode, Opah menjadi latah karena dikejutkan oleh Kak Ros.

Terkadang, Opah pun bertingkah layaknya anak muda seperti menonton sinetron dan berswafoto menggunakan kameranya. Kelakuan nenek Upin, Ipin dan Kak Ros ini membuat penonton tertawa, sampai-sampai banyak meme di sosial media yang berkaitan dengan Opah.

4. Kisahnya unik dan tidak monoton

https://www.youtube.com/embed/fMR1kR_rJLg

Selain karakter tokohnya yang unik, kisahnya pun tak kalah unik. Alur ceritanya beragam dan tidak monoton, contohnya dalam satu episode Upin & Ipin bermimpi bahwa mereka bertubuh sangat kecil, lebih kecil dari kecoa.

Selain itu, dalam episode berjudul "Perut Ehsan" Upin & Ipin serta teman-temannya berimajinasi seolah mereka masuk ke dalam tubuh Ehsan. Dan masih banyak kisah unik lainnya yang merupakan imajinasi Upin & Ipin.

5. Banyak tingkah absurd yang bikin ketawa

https://www.youtube.com/embed/D4R3PBD26-k

Baca Juga: Sedihnya Fizi Dihujat Netizen Fans Upin Ipin, Minta Maaf Sampai Nangis

Dalam kisah Upin & Ipin tidak hanya tokoh-tokoh utama saja yang memiliki tingkah yang lucu, tetapi juga pemeran figuran seperti hewan-hewan yang bertingkah layaknya manusia dan juga pemuda desa yang suka ngebut saat berkendara. Hal-hal absurd yang ditampilkan oleh tokoh-tokoh tersebut membuat penonton terhibur.

Itulah beberapa hal dalam film Upin & Ipin yang membuat orang dewasa, menyukai kartun tersebut. Bahkan ada yang setia menonton tayangan itu dari awal episode hingga episode terbaru karena ceritanya tidak membosankan.

Fida Nabila Noor Hasanah Photo Writer Fida Nabila Noor Hasanah

Bukan jurnalis, tapi mahasiswa yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya