Comscore Tracker

5 Film tentang Sulitnya Mendapat Keadilan Hukum Berdasar Kisah Nyata

Kisahnya memilukan

Tajam ke bawah dan tumpul ke atas

Kalimat yang tak asing lagi didengar untuk menggambarkan tantang keadilan yang timpang sebelah. Sudah banyak kasus yang penyelesaiannya dengan hukum yang lebih berat untuk masyarakat kelas menengah ke bawah, sedangkan hukuman yang ringan untuk masyarakat kelas atas dan punya kekuasaan.

Fenomena yang acap kali membuat geram itu selalu terjadi. Dalam beberapa kasus pun ada yang diangkat ke film layar lebar, meski tidak semua negara berani mengangkat film berdasarkan kisah nyata tentang sulitnya mendapat keadilan.

Di balik itu untukmu yang sedang mencari film dengan jalan cerita yang berat untuk ditonton, lima film dari kisah nyata tentang sulitnya mendapat keadilan hukum ini bisa jadi rekomendasi.

1. The Attorney

5 Film tentang Sulitnya Mendapat Keadilan Hukum Berdasar Kisah Nyatamovieboozer.com

Film The Attorney ini berdasarkan kisah nyata dari Roh Moo-Hyun, mantan presiden Korea Selatan yang terkenal karena karir aktivis hak asasi manusianya sebagai pengacara. Namun dalam film ini nama Roh Moo-Hyun diubah menjadi Song Woo-Seok, gabungan dari nama aktor utama dan sutradara filmnya.

Untuk konfliknya sendiri berdasarkan dari kasus Burim yang terjadi pada tahun 1981 selama pemerintahan Chun Doo-hwan, 22 murid, guru dan pekerja kantor yang tergabung dalam klub buku ditahan tanpa surat perintah, karena dituduh berafiliasi kepada Korea Utara.

Dalam film The Attorney, cerita bermula saat Song Woo-Seok (Song Kang-ho), seorang pengacara di Busan yang berspesialisasi dalam hukum pajak memutuskan untuk membela Jin-Woo (Im Siwan) sebagai kliennya. Jin-Woo merupakan seorang aktivis mahasiswa yang ditangkap dan disiksa secara brutal oleh polisi. 

Film ini menampilkan bagaimana sang pengacara membela secara mati-matian untuk orang tak bersalah.

2. New Trial

5 Film tentang Sulitnya Mendapat Keadilan Hukum Berdasar Kisah Nyataimdb.com

New Trial ini berdasarkan kisah nyata di Korea Selatan yang terjadi pada 10 Agustus 2000 dimana terbunuhnya seorang supir taksi. Seorang bocah laki-laki berumur 15 tahun ditangkap dan mengaku melakukan kejahatan setelah melalui interogasi yang penuh kekerasan.

Dalam film ini menceritakan tentang Hyun-Woo (Kang Ha-Neul) yang merupakan satu-satunya saksi atas kasus pembunuhan sopir taksi. Ia difitnah dengan tuduhan membunuh seorang sopir taksi oleh penyelidik kriminal yang menindasnya. Karena hal itu, Hyun-woo pun telah menghabiskan 10 tahun di penjara.

Sementara itu, seorang pengacara dalam utang keuangan, Joon-Young (Jung Woo), menyadari akan kasus Hyun Woo. Intuisinya mengatakan kepadanya bahwa kasusnya mungkin merupakan peluang bagus untuk memajukan karirnya. Joon-Young pun bertemu Hyun-Woo dan dirinya menjadi terdorong oleh rasa keadilan, kemudain Hyun-Woo pun mendapatkan harapan.

Baca Juga: 9 Film Owen Wilson Ini Bisa Bikin Kamu Ketawa Seharian Lho!

3. Silenced

5 Film tentang Sulitnya Mendapat Keadilan Hukum Berdasar Kisah Nyatahancinema.net

Film Silenced ini berdasarkan kisah nyata dari novel "Dokani" yang ditulis oleh Kong Ji-Young (diterbitkan pada tahun 2009). Novelnya sendiri terinspirasi oleh insiden nyata yang terjadi di sekolah untuk orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran di Gwangju, Korea Selatan.

Film ini akan menceritakan bagaimana perjuangan seorang guru baru untuk menyelidiki penyiksaan dan pelecehan seksual yang dialami para siswa tunarungu oleh seorang yang berposisi tinggi di sekolah. Mirisnya lagi para masyarakat lebih percaya kepada pelaku yang pandai menampilkan image baiknya.

Pencetus ide untuk mengangat novel itu ke film layar lebar adalah Gong Yoo, karena tersentuh hatinya setelah membaca novel itu saat dirinya tengah menjalankan wajib militer. Akhirnya setelah filmnya dirilis, media dan publik kembali membahas kasus penyiksaan tersebut. Sang pelaku pun diadili lalu sekolah tempat terjadinya kasus tersebut ditutup.

4. No One Killed Jessica

5 Film tentang Sulitnya Mendapat Keadilan Hukum Berdasar Kisah Nyatanytimes.com

No One Killed Jessica merupakan film berdasarkan kisah nyata di India pada tahun 1999, dimana seorang wanita bernama Jessica Lal yang kala itu menjadi bartender di pesta para sosialita ditembak mati oleh putra seorang politisi kaya di depan banyak orang.

Film ini akan menceritakan bagaimana keluarga Jessica yang mencari keadilan atas kematian Jessica supaya pelaku dihukum setimpal atas perbuatannya. Mirisnya sang pelaku terus dilindungi oleh keluarganya yang berkuasa sehingga ia hanya mendapat hukuman yang ringan.

Seorang reporter pun tertarik dengan kasus kematian Jessica, ia pun ikut ambil bagian untuk membantu menyelesaikan kasus itu. Dalam film ini akan menampilkan bagaimana peran media dan publik yang mampu bekerja sama untuk mengusut tuntas kasus Jessica meskipun memakan waktu bertahun-tahun.

5. Marsinah: Cry Justice

5 Film tentang Sulitnya Mendapat Keadilan Hukum Berdasar Kisah Nyatamubi.com

Orang Indonesia pasti kebanyakan tahu dengan Marsinah. Ya, aktivis buruh yang meninggal dunia secara tragis. Kisah dari sosok Marsinah pun diangkat menjadi film layar lebar dan dirilis pada tahun 2000 silam dengan judul 'Marsinah: Cry Justice'.

Filmnya itu berdasarkan kisah nyata Marsinah yang menjadi simbol perlawanan. Marsinah terbunuh saat memperjuangkan hak-hak pekerja di pabrik mereka, PT Catur Putra Surya (CPS) di Sidoarjo. Marsinah diculik, disiksa, dan dibunuh karena perjuangannya. Sayangnya hingga kini belum diketahui siapa dalang dibalik pembunuhan Marsinah.

Nah, itulah deretan film yang berdasarkan kisah nyata tentang sulitnya mendapat keadilan hukum. Filmnya kaya pesan moral dan dapat menambah pengetahuanmu.

Baca Juga: Termehek-mehek, 5 Film India Bertema Keluarga Ini Menyentuh Banget

Fitriani Sudrajat Photo Verified Writer Fitriani Sudrajat

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya