Comscore Tracker

5 Drama & Film Korea Bertema Autisme Ini Bikin Lebih Menghargai Sesama

Harus kamu tonton!

Dengan menghabiskan waktu di rumah aja untuk mencegah penyebaran virus corona, kamu bisa memanfaatkannya dengan menonton drama ataupun film yang inspiratif dan kaya pesan moral.

Seperti lima drama dan film Korea yang bertema autisme ini. Selain jalan ceritanya yang seru, drama dan film ini juga menambah wawasan dan bisa bikin kamu lebih menghargai sesama.

Ini nih lima drama dan film Korea yang bertema autisme.

1. Good Doctor (2013)

https://www.youtube.com/embed/LdNaQayNRTs

Good Doctor merupakan salah satu drama Korea paling populer, terbukti drama ini berhasil meraih penghargaan drama terbaik dari Baeksang Arts Awards 2014 dan juga telah di remake dalam versi Amerika dan Jepang.

Drama yang tayang pada tahun 2013 ini dibintangi oleh Joo Won yang berperan sebagai Park Shi-On, seorang pria dengan autistic savant yang memiliki kejeniusan dalam bidang kedokteran. Untuk membuktikan keahliannya, ia kemudian diberi waktu selama 6 bulan untuk untuk bekerja sebagai dokter anak di Rumah Sakit Universitas Sungwon.

Di balik itu, akting keren Joo Won dalam drama ini membuatnya berhasil meraih empat penghargaan sekaligus dari KBS Drama Awards 2013.

2. Innocent Witness (2019)

https://www.youtube.com/embed/jZwEF2_Kw9I

Innocent Witness ini merupakan film yang dibintangi oleh dua aktor populer yang tak diragukan lagi kehebatan aktingnya, Jung Woo Sung dan Kim Hyang Gi. Film ini akan menampilkan bagaimana seorang pengacara yang bertemu dengan siswi pengidap autisme untuk mencari tahu kebenaran.

Soon-Ho adalah seorang pengacara miskin yang tengah membela tersangka kasus pembunuhan. Sung Ho kemudian bertemu dengan Ji Woo, siswi yang mengidap autisme sekaligus satu-satunya saksi dalam kasus pembunuhan yang ia tangani.

Baca Juga: 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa yang Bisa Kamu Tonton #DiRumahAja

3. Keys to the Heart (2018)

https://www.youtube.com/embed/XAefPlRsYoo

Film yang heartwarming ini cocok ditonton bareng keluarga. Meskipun dibalut dalam genre komedi, film yang dibintangi Lee Byung Hun, Park Jung Min dan Youn Yuh Jung ini juga akan membuatmu menangis.

Film ini menampilkan bagaimana sebuah keluarga yang mencoba menjalin hubungan yang akrab kembali. Jo-Ha  merupakan seorang petinju, ia telah lama tak tinggal bersama ibunya. Kini ia tinggal bersama ibu dan adiknya, seorang pianis berbakat yang mengidap sindrom savant.

4. Marathon (2005)

https://www.youtube.com/embed/_EJv7JtUYq0

Film yang menginspirasi ini berdasarkan kisah nyata Bae Hyeong-jin, seorang pelari yang mengidap autis. Film ini akan menampilkan bagaimana perjuangan seorang ibu dalam membesarkan anak autis.

Cho Won (Cho Seung Woo) adalah seorang pria berusia 20 tahun yang mengidap autis. Cho Won ini memiliki bakat dalam berlari, sehingga ibunya memutuskan untuk menyewa pelatih yang tepat untuk melatih putranya. Cho-Won kemudian memutuskan untuk mengambil bagian dalam maraton dan berusaha memecahkan rekor tercepat maraton tiga jam.

5. Junha's Planet (2018)

https://www.youtube.com/embed/mkZgDjW5N14

Berbeda dari tiga film di atas, Junha's Planet ini merupakan film dokumenter. Film ini menampilkan Junha, siswa kelas empat yang mengidap autis dalam berjuang menjalin pertemanan dan menjalani kehidupan di sekolah.

Mengetahui kondisi Junha, orang tua dari siswa yang lain khawatir dan mempertanyakan apakah Junha harus dididik di lingkungan yang sama dengan anak-anak mereka. Sementara sekolah menganjurkan kesadaran autisme dan mendorong anak-anak untuk mendukung Junha, banyak yang kehilangan kesabaran mereka, termasuk Junha sendiri.

Itu dia lima drama dan film Korea bertema autisme yang harus kamu tonton. Ada yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Korea Bertema Sci-Fi, Ada yang Mau Tayang!

Fitriani Sudrajat Photo Verified Writer Fitriani Sudrajat

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya