Comscore Tracker

7 Grup KPop yang Tahun Ini Akan Merayakan Debut Anniversary Ke-10

Coba cek, ada grup biasmu gak?

Mempertahankan sebuah grup tidaklah mudah, tak terkecuali grup KPop. Dengan berbagai alasan, banyak grup KPop yang memutuskan untuk bubar. Apalagi di tengah persaingan industri KPop yang ketat, yang mana setiap tahunnya selalu ada grup KPop baru yang mulai debut.

Selain itu, grup KPop juga di hantui oleh "kutukan 7 tahun", istilah yang sering di digunakan bagi grup KPop yang bubar di tahun ke-7 debut anniversary-nya. Meski begitu, tak sedikit pula grup KPop yang berhasil melewati "kutukan 7 tahun". Seperti tujuh grup KPop ini, mereka akan merayakan debut anniversary yang ke-10 di tahun 2020.

1. CN BLUE

7 Grup KPop yang Tahun Ini Akan Merayakan Debut Anniversary Ke-10soompi.com

CN BLUE menjadi satu-satunya band KPop yang tahun ini akan merayakan debut anniversary ke-10. Band asuhan FNC Entertainment ini baru merayakan debut anniversary yang ke-10 pada 14 Januari lalu. Dalam waktu satu dekade berkarier, CN BLUE ini telah kehilangan dua anggotanya karena berbagai alasan. Kini hanya menyisakan tiga anggota yaitu Yonghwa, Minhyuk dan Jungshin.

2. ZE:A

7 Grup KPop yang Tahun Ini Akan Merayakan Debut Anniversary Ke-10jpopasia.com

ZE:A debut di bawah agensi Star Empire Entertainment pada 7 Januari 2010. Boyband yang beranggotakan sembilan orang ini kini sedang hiatus sejak tahun 2017. Para membernya sendiri kini sibuk dengan kegiatannya masing-masing, mulai dari sebagai solois, aktor hingga bintang variety show. Meskipun ada beberapa membernya yang telah pindah agensi, namun mereka mengkonfirmasi bahwa ZE:A tidak bubar.

3. Girl’s Day

7 Grup KPop yang Tahun Ini Akan Merayakan Debut Anniversary Ke-10koreaboo.com

Sama seperti ZE:A, Girl’s Day ini juga sedang hiatus setelah para membernya tidak memeperpanjang kontrak dengan agensi yang mendebutkannya, Dream T Entertainment pada Januari 2019. Meskipun begitu, girlband yang debut pada Juli 2010 ini juga mengonfirmasi bahwa mereka tidak bubar. Girl’s Day kini hanya beranggotakan Sojin, Yura, Minah dan Hyeri.

Baca Juga: Bikin Rindu, 9 Idol KPop yang 'Menghilang' Sejak Keluar dari Grup

4. Orange Caramel

7 Grup KPop yang Tahun Ini Akan Merayakan Debut Anniversary Ke-10soompi.com

Orange Caramel ini merupakan sub-unit pertama girlband After School. Girlband yang terdiri dari Nana, Raina, dan Lizzy ini debut pada Juni 2010 dengan merilis mini album bertajuk "The First Mini Album". Sayangnya girlband yang terkenal dengan konsepnya yang ikonik ini juga sedang hiatus setelah para membernya tidak lagi bernaung di bawah agensi Pledis Entertainment.

5. Teen Top

7 Grup KPop yang Tahun Ini Akan Merayakan Debut Anniversary Ke-10kpopmap.com

Teen Top merupakan boyband asuhan TOP Media yang debut pada Juli 2010. Kini Teen Top hanya beranggotakan lima orang, yaitu C.A.P, Chunji, Niel, Ricky dan Changjo, setelah satu membernya yaitu L.Joe keluar dari grup pada tahun 2017. Teen Top terakhir comeback pada Juni 2019 setelah merilis mini album bertajuk "Dear. N9ne".

6. Infinite

7 Grup KPop yang Tahun Ini Akan Merayakan Debut Anniversary Ke-10onehallyu.com

Debut pada tahun 2010, Infinite ini awalnya merupakan boyband beranggotakan tujuh orang, namun kini hanya enam orang setelah Hoya memutuskan keluar dari grup pada 2017. Boyband asuhan Woollim Entertainment ini akan merayakan debut anniversary ke-10 pada bulan Juni nanti.

7. JYJ

7 Grup KPop yang Tahun Ini Akan Merayakan Debut Anniversary Ke-10aminoapps.com

JYJ merupakan boyband yang terdiri dari tiga mantan member TVXQ, yaitu Jaejoong, Yoochun, dan Junsu. Mereka debut pada tahun 2010 di bawah agensi C-Jes Entertainment. Kini JYJ hanya terdiri dari dua anggota setelah kontrak Yoochun diputus pada tahun 2019.

Itu dia tujuh grup KPop yang tahun ini akan merayakan debut anniversary ke-10. Selamat ya! Dari daftar di atas, grup yang mana nih yang paling kamu nantikan comeback-nya?

Baca Juga: Telah 15 Tahun Lebih Berkarier, 5 Grup KPop Ini Masih Tetap Eksis

Fitriani Sudrajat Photo Verified Writer Fitriani Sudrajat

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya