Comscore Tracker

Kenapa Sih Film Horor Indonesia Sering Gak Laku, Bahkan di Negeri Sendiri?

Penonton bingung, ini film horor atau film bokep?

Hampir semua orang gandrung dengan film horor. Selain karena sensasinya, jalan cerita yang mengejutkan membuat penikmat film jatuh cinta dengan jenis sinema tersebut. Di Indonesia, penikmat film horor jumlahnya tak main-main.

Namun, sayangnya, film horor yang diproduksi di dalam negeri tak relevan dengan jumlah penikmatnya. Orang Indonesia lebih suka menonton film horor dari Thailand atau dari negara-negara lain daripada nonton film horor hasil produksi sineas Nusantara. Mengapa film horor Indonesia tak laku, bahkan di negeri sendiri?

1. Jujur deh, saat lihat film horor Indonesia, pasti orang sulit membedakan film horor atau film bokep.

Kenapa Sih Film Horor Indonesia Sering Gak Laku, Bahkan di Negeri Sendiri? horrormoviesreviews.com

Patut diakui, film horor yang diproduksi sineas dalam negeri hampir sebagian besar disisipi jalan cerita dan gambar yang cukup “syur”. Perempuan-perempuan seksi tampak menjadi pemanis film horor. Bahkan, beberapa ada yang disisipi adegan “ranjang”. Padahal, hal itu justru memecah fokus penonton. Jadi, penonton bingung, ini film horor atau film bokep?

2. Jalan cerita yang gitu-gitu aja dan bisa ditebak.

Kenapa Sih Film Horor Indonesia Sering Gak Laku, Bahkan di Negeri Sendiri? mubi.com

Stereotip dalam membangun cerita yang itu-itu saja membuat orang bosan melihatnya. Apalagi tak ada pembaruan dari kisah yang disajikan. Penonton pun bisa menebak ending ceritanya. Inovasi dan penyegaran dalam membangun cerita sangat diperlukan agar penikmat film tak terjebak dalam kejenuhan.

3. Sound effect yang berlebihan hanya bikin penonton kaget. Tapi ya begitu deh...

Kenapa Sih Film Horor Indonesia Sering Gak Laku, Bahkan di Negeri Sendiri? moviesmug.com

Sensasi mencekam hanya berasal dari sound effect yang bikin penonton kaget. Padahal ceritanya justru biasa aja. Banyak yang menyayangkan, cerita kurang serem, malah cuma ngagetin. Sound effect memang cukup berpengaruh untuk membangun suasana, tapi kalau berlebihan, penonton pun jadi malas.

Baca Juga: Sadar Gak, 12 Poster Film Indonesia Ini Ternyata Punya "Kembaran" Lho

4. Kadang-kadang, makeup hantu di film horor Indonesia itu berlebihan.

Kenapa Sih Film Horor Indonesia Sering Gak Laku, Bahkan di Negeri Sendiri? beranda.co.id

Hantu-hantu yang dimunculkan kadang di-makeup berlebihan. Tak salah kalau penonton justru malah tertawa melihatnya. Lagi pula, esensi seram yang dimunculkan kurang menggigit.

5. Terlalu banyak unsur komedi dan sedikit mengaburkan komponen horornya.

Kenapa Sih Film Horor Indonesia Sering Gak Laku, Bahkan di Negeri Sendiri? dreadcentral.com

Selain adegan-adegan dewasa, film horor Indonesia terlalu banyak disisipi unsur komedi. Meski sebagai intermezzo, unsur komedi yang terlalu banyak justru mengaburkan komponen horornya dan membuat penonton tak puas dengan pembangunan cerita.

6. Judul-judulnya kontroversial dan cenderung gak masuk akal.

Kenapa Sih Film Horor Indonesia Sering Gak Laku, Bahkan di Negeri Sendiri? beranda.co.id

Judul-judul film horor di Indonesia memang “lucu”. Gak semuanya, tapi sebagian. Fenomena ini cukup membuat citra film horor Indonesia menurun di mata penikmat sinema. Kepercayaan mereka justru jadi luntur karena judul yang dipilih terkesan aneh dan gak masuk akal.

7. Tampak seperti kurang riset jika ceritanya mengadopsi dari kisah dan kebudayaan masyarakat tertentu.

Kenapa Sih Film Horor Indonesia Sering Gak Laku, Bahkan di Negeri Sendiri? sebarinfokita.com

Seharusnya, pembuat film melakukan riset yang mendalam terhadap budaya dan kisah masyarakat yang diangkat ke layar lebar. Film-film horor di Indonesia sebagian besar diangkat dari kisah masyarakat di suatu daerah. Namun pengkisahannya kurang tajam, dan justru tampak setengah-setengah.

Kendati demikian, ada film-film horor di Indonesia yang fenomenal dengan cerita yang berkualitas, yang patut diapresiasi.

Bagaimana menurut kamu?

Baca Juga: 13 Judul Film Hollywood Terjemahan Jepang yang Bisa Membuatmu Ketawa Terbahak-bahak

Topic:

Berita Terkini Lainnya