Comscore Tracker

5 Film Asing Peraih Oscar dengan Rating Sempurna Versi Rotten Tomatoes

Dari Film Italia hingga Swedia #IDNTimesHype

Sebagai ajang penghargaan film tertua dan paling pristisius, Piala Oscar menjadi ajang adu kualitas film-film terbaik. Tidak hanya film-film produksi Hollywood, melainkan juga film-film asing dari seluruh dunia. Bahkan terdapat penghargaan tersendiri, yaitu Film Asing Terbaik. Dari sekian banyak film asing peraih Oscar, lima film asing berikut ini mendapatkan rating 100 persen alias sempurna dari Rotten Tomatoes.

Hal ini tidak lepas dari plot cerita luar biasa yang disajikan dan unsur teknis lainnya yang memukau mata. Apa saja itu? Ini ulasannya.

1. The Official Story (1985) 

https://www.youtube.com/embed/N18c6IHBkek

Disutradarai oleh Luis Puenzo, film Argentina tahun 1985 ini mengikuti kisah seorang guru sekolah yang mencoba menentukan identitas orangtua kandung putri angkatnya. Dengan latar belakang pemerintahan Kediktatoran Militer Argentina, The Official Story menceritakan kisah pencarian seorang ibu untuk menemukan kebenaran dan kemudian melangkah lebih jauh dengan menanyakan apa yang akan dia lakukan dengan kebenaran setelah dia menemukannya.

2. War And Peace (1966)

https://www.youtube.com/embed/Unn3hnsLJGs

Film asal Rusia ini digarap berdasarkan novel klasik terpopuler Leo Tolstoy dengan judul yang sama. Seperti novelnya yang sangat tebal, film ini pun memiliki durasi sangat panjang, yaitu 7 jam. Dirilis dalam empat bagian, film epik ini menceritakan kisah cinta yang berlatar belakang invasi Napoleon ke Rusia. War and Peace disajikan dengan filmografi yang indah kala itu dan menampilkan suasan dan kondisi peperangan yang sangat epik.

Dalam film ini Sergey Bondarchuk tidak hanya menjadi sutradara tetapi juga melakukan tugas ganda dengan memainkan peran utama film tersebut. Hasilnya tentu berbicara sendiri, sebagai salah satu film epik terbesar yang pernah dibuat.

Baca Juga: 5 Film Sekuel yang Lebih Baik dari Film Pertamanya

3. Day For Night (1973)  

https://www.youtube.com/embed/OBen19EjYAc

Film Prancis 1973 ini berkisah tentang pembuatan film, mengikuti cerita pengalaman para pemain dan kru film berjudul Je Vous Présente Paméla saat mereka melayari kehidupan pribadi dan profesional mereka.

Day For Night telah dipuji oleh banyak kritikus sebagai film terbaik tentang pembuatan film yang pernah dibuat dan juga dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu film terbaik yang dibuat oleh sutradara François Truffaut. 

4. Fanny And Alexander (1982)

https://www.youtube.com/embed/IkszXVEUHco

Fanny and Alexander menceritakan kisah dua bersaudara yang ayahnya tiba-tiba meninggal. Ketika ibu mereka menikah lagi dengan pendeta yang menindas. Hal ini memaksa anak-anak harus terbiasa dengan situasi kehidupan baru mereka. Lewat film asal Swedia ini, kita disajikan kisah bagaimana dua orang anak yang polos menghadapi tragedi dan komedi kehidupannya dengan sangat unik.

5. Investigation Of A Citizen Above Suspicion (1970)  

https://www.youtube.com/embed/PfXZVqdLKcE

Gian Maria Volontè berperan sebagai detektif yang membunuh gundiknya untuk menguji dirinya sendiri apakah dia bisa lolos begitu saja dalam drama kriminal Italia tahun 1970 ini. Seiring perkembangan cerita, karakter Volontè ikut campur dalam penyelidikan tersebut, menghadirkan tersangka baru dan bahkan membantu mencoret mereka dari daftar tersangka, semua dalam upaya untuk membuktikan bahwa dia memang warga negara yang tidak dicurigai.

Disutradarai Elio Petri, studi karakter ini menawarkan gambaran mengerikan tentang korupsi polisi, dan dianggap masih relate hingga era modern seperti sekarang.

Perihal plot cerita dan unsur sinema lainnya, film-film di luar Hollywood tidak jarang memiliki kualitas yang sangat mengagumkan. Drama yang disajikan memiliki sisi humanis dan sangat relate dengan kehidupan masyarakat. Hal ini menjadi salah satu yang membuat deretan film di atas disebut sebagai yang terbaik.

Baca Juga: 9 Fakta Mengejutkan di Balik Film-film Ikonik Stanley Kubrick

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya