Comscore Tracker

5 Film soal Dunia Peradilan Berdasarkan Novel John Grisham

Penuh drama, bikin emosi!

Seorang pengacara, aktivis, politisi, dan jagonya menciptakan cerita thriller hukum yang tak terbantahkan, John Grisham telah menulis banyak novel best-seller dan legendaris. Meskipun karyanya masih sangat populer hingga saat ini, era 90-an menjadi puncak kariernya , ketika karya novelnya banyak diadaptasi ke dalam bentuk film.

Dengan ciri khas ceritanya tentang dunia hukum yang penuh liku dan drama hitam, film-film berikut ini  menyajikan kisah yang cukup relate dan menguras emosi ketika keadilan dipermainkan. Wajib banget ditonton untuk kamu yang menyukai drama tentang ruang pengadilan.

1. The Firm (1993)

https://www.youtube.com/embed/FX3AXA3icR0

Film ini merupakan salah satu yang melambungkan nama Tom Cruise sebagai aktor papan atas Hollywood. Mengisahkan seorang pengacara muda dengan masa depan menjanjikan bernama Mitch McDeere. Dia kemudian diboyong sebuah firma hukum besar bernama The Firm, yang menjanjikan bayaran besar dan karier luar biasa.

Namun di balik itu semua terdapat sisi gelap yang dimiliki perusahaan tersebut, yang membuat dua pegawainya dibunuh. Kasus tersebut kemudian diinvestigasi FBI, yang menyeret namanya. Mitch pun dihadapkan dilema untuk bekerja sama dengan FBI atau menutupi keburukan perusahaannya.

2. The Pelican Brief (1993)

https://www.youtube.com/embed/N7seUNbY1_w

Dibintangi Julia Roberts yang berperan sebagai mahasiswa hukum yang menulis disertasi tentang alasan di balik seorang pembunuh yang membunuh dua hakim Mahkamah Agung. Sementara itu Denzel Washington berperan sebagai reporter untuk Washington Herald, yang menyadari disertasi itu benar, dan berisi teori konspirasi yang mengejutkan.

Hal ini pun memicu bahaya yang mengintai keduanya dari para penjahat dan FBI, yang kemudian mengincar nyawa mereka.

3. A Time To Kill (1996)

https://www.youtube.com/embed/701GQjY6PaI

Film ini merupakan adaptasi dari novel pertama Grisham yang diterbikan dengan judul yang sama. Sebuah kisah hukum kelam tentang balas dendam. Plotnya sendiri berkaitan dengan pengacara yang mewakili seorang pria, yang membunuh dua pria setelah mereka secara brutal menyerang putrinya yang masih kecil.

Film ini sendiri bertabur bintang top Hollywood seperti Matthew McConaughey, Sandra Bullock, dan Samuel L Jackson.

Baca Juga: Main Film Bareng Han So Hee, 10 Drakor dan Film Terbaik Ju Ji Hoon

4. The Rainmaker (1997)

https://www.youtube.com/embed/Odb3LrbvS_0

Drama hukum ini dibintangi Matt Damon dan Danny DeVito sebagai duo pengacara yang dinilai tidak mungkin menang melawan perusahaan asuransi setelah mereka menolak bertanggung jawab atas asuransi seorang anak yang sakit parah. Rudy Baylor (Matt Damon) adalah seorang pengacara muda yang ingin membuat perbedaan dalam sistem peradilan.

Dia juga satu-satunya harapan pasangan lanjut usia setelah perusahaan asuransi mereka yang korup menolak membayar klaim yang bisa menyelamatkan nyawa anak mereka. Dalam drama yudisial ini, Baylor harus menghadapi pengacara perusahaan besar dan hakim yang korup, hanya dengan bantuan seorang pengacara tua, yang kariernya hampir habis.

5. Runaway Jury (2003)

https://www.youtube.com/embed/c80vGyzA0LI

Ini adalah novel Grisham lainnya yang melibatkan kasus penggugatan atas perusahaan besar. Vicksburg Firearms digugat oleh seorang janda yang suaminya meninggal oleh salah satu senjata perusahaan terbesar itu, tetapi juri yang hadir di persidangan itu dapat dimanipulasi, dan ini pun menjadi pertarungan keadilan di ruang sidang yang menguras emosi penonton.

Film ini dibintangi beberapa aktor besar seperti John Cuscak, Rachel Weisz dan Gene Hackman.

Film-film bertema ruang sidang dan dunia hukum selalu mampu menggugah emosi penonton. Apalagi jika ketidakadilan menjadi tema dalam persidangan. Kisah-kisah yang disajikan berdasarkan novel John Grisham ini cukup relate dan informatif juga, sehingga memberikan kita sudut pandang tentang dunia peradilan bagi kaum awam.

Baca Juga: 6 Pemain Film Hollywood yang Terlibat di Film Live Action Disney

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya