Comscore Tracker

7 Aktris Termuda yang Meraih Penghargaan Oscar Sepanjang Sejarah

Aktris-aktris termuda sepanjang sejarah Oscar #IDNTimesHype

Sejak diselenggarakan pada 1929, Academy Awards atau disebut juga Piala Oscar telah menjadi ajang bergengsi bagi perfilman dunia. Penghargaan tertua ini diadakan setahun sekali demi menghormati karya-karya terbaik dan sosok-sosok penting di industri film. Uniknya, tidak sembarang aktor bisa mendapatkan penghargaan ini.

Sebut saja Amy Adams, Robert Downey Jr, dan Tom Cruise. Namun demikian, beberapa aktris tampil cemerlang dan mencetak sejarah karena bisa meraih penghargaan paling bergengsi Aktris Utama Terbaik sepanjang sejarah Oscar. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Hilary Swank (Boys Don't Cry, 1999)

7 Aktris Termuda yang Meraih Penghargaan Oscar Sepanjang Sejarahthem.us

Hilary Swank berubah menjadi salah satu aktris terbesar sepanjang masa dalam sejarah Hollywood lewat peran luar biasanya sebagai Brandon Teena dalam film Boys Don't Cry. Ketika meraih penghargaan Aktris Utama Terbaik, usianya saat itu adalah 25 tahun 240 hari. Ini menjadi penghargaan pertamanya sebelum meraihnya kembali pada 2005 lewat film Million Dollar Baby.

Berdasarkan kisah nyata, film ini mengikuti kisah Brandon, yang merupakan seorang  transgender. Suatu waktu, ia harus melarikan diri usai melakukan pencurian mobil dengan beberapa pria lokal di pedesaan Nebraska. Namun, ketika para lelaki itu menemukan rahasia Brandon, serangkaian kejadian mengerikan terjadi.

2. Grace Kelly (The Country Girl, 1954)

7 Aktris Termuda yang Meraih Penghargaan Oscar Sepanjang Sejarahtalkfilmsociety.com

Grace Kelly merupakan aktris yang memiliki kisah hidup menarik. Dia menjadi Putri Monako setelah film pemenang Oscar The Country Girl diputar di Festival Film Cannes, di mana ia bertemu Pangeran Rainier pada Mei 1954.

Diadaptasi oleh George Seaton dari drama Clifford Odets, film ini menceritakan seorang sutradara film (William Holden) yang mempekerjakan seorang pria alkoholik terkemuka (Bing Crosby) dan putus asa untuk comeback. Namun, drama muncul ketika dia mulai jatuh cinta pada istri sang aktor (Grace Kelly) dalam proses membuat film.

Lewat perannya dalam film ini, Grace Kelly didapuk sebagai Aktris Utama Terbaik Oscar ketika berusia 25 tahun 138 hari.

3. Audrey Hepburn (Roman Holiday, 1953)

7 Aktris Termuda yang Meraih Penghargaan Oscar Sepanjang Sejarahspectator.co.uk

Tiga puluh satu hari sebelum ulang tahunnya yang ke-25, Audrey Hepburn memenangkan Oscar sebagai Aktris Utama Terbaik lewat perannya di film Roman Holiday. Dibintangi juga oleh Gregory Peck, film ini masih dianggap sebagai salah satu komedi romantis terbaik yang pernah dibuat.

Hepburn memerankan Putri Ann, seorang bangsawan yang bosan dan manja dalam tur publisitas melalui Eropa. Ketika Ann bertemu dengan wartawan Amerika yang gagah, Joe Bradley (Peck), keduanya menghabiskan waktu yang tak terlupakan bersama sambil berusaha menjaga profil sang putri.

Baca Juga: 9 Film Hollywood yang Membawa Pemerannya Raih Oscar Pertama

4. Joan Fontaine (Suspicion, 1941)

7 Aktris Termuda yang Meraih Penghargaan Oscar Sepanjang Sejarahimdb.com

Pada usia 24 tahun dan 127 hari, Joan Fontaine sejauh ini adalah pemenang Aktris Terbaik termuda keempat sepanjang masa. Dia memenangkan Oscar untuk penampilannya dalam film misteri noir karya Alfred Hitchcock, Suspicion.

Fontaine memerankan Lina Aysgarth, seorang wanita kaya yang jatuh hati dengan seorang lelaki tampan misterius, Johnnie (Cary Grant), saat berada di gerbong kereta kelas satu. Setelah mereka menikah, Lina mulai menemukan sifat asli Johnnie sebagai pembohong peminjam uang yang terlibat dalam sebuah plot pembunuhan.

5. Janet Gaynor (7th Heaven, 1927)

7 Aktris Termuda yang Meraih Penghargaan Oscar Sepanjang Sejarahscreenrant.com

Jauh di tahun 1929, Janet Gaynor mencetak sebuah rekor fantastis dengan meraih Oscar Aktris Utama Terbaik untuk trio film: 7th Heaven (1927), Sunrise: A Song of Two Humans (1927), dan Street Angel (1928). Padahal, kala itu usianya masih sangat muda, yaitu 22 tahun 222 hari.

Dalam film 7th Heaven, Gaynor berperan sebagai Diane, seorang PSK muda berhati emas yang mulai jatuh cinta dengan seorang penyapu jalanan yang menyelamatkan hidupnya pada suatu hari di Paris. Film ini juga memenangkan Oscar untuk Sutradara Terbaik dan Skenario Adaptasi Terbaik.

6. Jennifer Lawrence (Silver Linings Playbook, 2012)

7 Aktris Termuda yang Meraih Penghargaan Oscar Sepanjang Sejarahscreenrant.com

Pada usia 22 tahun dan 193 hari, Jennifer Lawrence menjadi pemenang Aktris Utama Terbaik kedua dalam sejarah Academy Awards. Dia mencapai prestasi bersejarah itu lewat perannya di Silver Linings Playbook, sebuah film yang menawarkan kisah jujur tentang penyakit mental.

Disutradarai oleh David O. Russell, film ini berpusat pada Pat (Bradley Cooper), seorang pria bipolar yang terguncang karena perselingkuhan istrinya. Saat Pat dibebaskan dari bangsal mental dan kembali ke rumah masa kecilnya di Philadelphia, dia bertemu dengan Tiffany (Lawrence), seorang wanita muda yang liar, mandiri, dan memiliki kisah tragisnya sendiri tentang pernikahan dan hidup.

7. Marlee Matlin (Children Of A Lesser God, 1986)

7 Aktris Termuda yang Meraih Penghargaan Oscar Sepanjang Sejarahoscarchamps.com

Marlee Matlin bukan hanya pemenang termuda Aktris Utama Terbaik Oscar hingga saat ini, ia juga menjadi satu-satunya wanita tunarungu yang memenangkan penghargaan tersebut. Ia mendapatkannya lewat akting luar biasa di Children of a Lesser God. Saat itu, ia meraih penghargaan pada usia 21 tahun.

Film karya sutradara Randa Haines ini menceritakan kisah romansa antara James, seorang guru dialek baru di sebuah sekolah di lepas pantai New England. James kemudian tertarik pada Sarah, petugas kebersihan tunarungu yang ditugaskan untuk membersihkan sekolah setelah jam kerja. Saat keduanya menghabiskan lebih banyak waktu bersama, mereka pun saling jatuh cinta.

 

Itulah tujuh aktris yang mencatatkan namanya dalam sejarah Piala Oscar sebagai Aktris Utama Terbaik di usia yang masih sangat muda. Raihan tersebut tentunya menjadi acuan kualitas akting mereka yang sangat luar biasa. Adakah aktris favoritmu?

Baca Juga: 5 Film Original Netflix yang Dibintangi Aktor dan Aktris Peraih Oscar

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya