Comscore Tracker

6 Macam Avengers Paling Populer di Marvel Universe, Keren Abis!

Mungkinkah diadaptasi ke layar lebar?

Sejak diperkenalkan pada tahun 2012 dalam film The Avengers, kumpulan superhero terbaik Marvel tersebut mampu membuat fans jatuh cinta. Diisi oleh Captain America, Iron Man, Thor, Black Widow, Hulk dan Hawkeye sebagai anggota pertama, Avengers mengalami pertambahan di setiap sekuelnya.

Kesuksesan MCU berujung pada sekuel keempat Avengers: Endgame yang menjadi film dengan pendapatan tertinggi kedua sepanjang masa. Kini fase 3 MCU hampir usai dan fase yang baru akan segera dimulai dengan deretan superhero yang lebih banyak lagi tentunya.

Namun tahukah kamu, jika sebenarnya ada banyak versi Avengers dalam semesta Marvel. Berikut ini adalah 6 diantaranya.

1. Mighty Avengers

6 Macam Avengers Paling Populer di Marvel Universe, Keren Abis!gspawn.com

Pada peristiwa Civil War, Avengers terbagi menjadi dua kelompok, tim Iron Man dan tim Captain America yang tidak menyetujui resolusi pemerintah. Dalam cerita orisinilnya, usai kejadian ini Iron Man membentuk sebuah kelompok baru bernama Mighty Avengers. Mereka berada di bawah kendali pemerintah dan beranggotakan Ms. Marvel, Iron Man, Black Widow, Ares, Sentry, Wasp dan Wonder Man.

Pada akhirnya kelompok ini akan berantakan saat terjadinya event Secret Invasion, saat bangsa Skrull turun ke bumi. Tony Stark yang saat itu merupakan direktur S.H.I.E.L.D gagal mencegah invasi tersebut dan mengakibatkan posisinya digantikan oleh Norman Osborn dan melahirkan sebuah Avengers baru.

2. Dark Avengers

6 Macam Avengers Paling Populer di Marvel Universe, Keren Abis!cinemablend.com

S.H.I.E.L.D berubah menjadi H.A.M.M.E.R saat Norman Osborn naik menjadi direktur menggantikan Tony Stark usai kejadian Secret Invasion. Ia pun membuat kelompok Avengers baru yang dikenal dengan nama Dark Avengers. Kelompok ini berisi para villian Marvel yang berpura-pura menjadi superhero.

Generasi pertama dari kelompok ini adalah Moonstone (Karla Sofen), Venom (Mac Gargan), Bullseye, Daken, Sentry, Ares, Captain Marvel (Noh-Varr) dan Norman Osborn (Iron Patriot).

Baca Juga: 5 Superhero Baru Marvel yang Diharapkan Muncul di MCU Fase ke-4

3. A-Force

6 Macam Avengers Paling Populer di Marvel Universe, Keren Abis!geektyrant.com

Dalam versi komiknya A-Force adalah Avengers yang berisikan para superhero wanita Marvel. Kelompok ini diisi oleh SHE-Hulk, Dazzler, Medusa, Nico Minoru, dan Singularity. Dalam versi filmnya para superhero wanita sempat diperkenalkan MCU dalam Avengers: Endgame saat bersatu melawan Thanos yang berisikan Scarlett Witch, Captain Marvel, Mantis, Nebula, Valkyrie, The Wasp, Okoye dan Papper Pots.

Banyak fans yang berharap jika ke depannya mereka akan memiliki sebuah tempat tersendiri di layar lebar. Seperti yang diketahui, MCU sendiri telah memulai memperkenalkan superhero wanita pertamanya dalam film solo Captain Marvel dan bakal diikuti oleh Black Widow.

4. New Avengers

6 Macam Avengers Paling Populer di Marvel Universe, Keren Abis!gspawn.com

Salah satu cerita yang menarik dalam Marvel Comic adalah event Avengers Disassambled, yaitu bubarnya Avengers usai pertempuran melawan Scarlett Witch yang sedang mengalami tekanan mental. Dalam kejadian itu dua anggota Avengers, Hawkeye dan Ant-Man mati terbunuh, dan dunia pun tidak lagi mempercayai Avengers.

Enam bulan setelah kejadian tersebut, Elektro berhasil membebaskan para villian yang mengancam bumi. Captain America dan Iron Man pun kemudian membuat Avenger baru dengan merekrut Spider-Man, Luke Cage, Spider-Woman. Dan dalam perjalanannya, dua anggota baru, yaitu Wolverine dan Sentry pun berhasil direkrut.

Salah satu misi pertama New Avengers adalah kembali menangkap villian yang telah dibebaskan oleh Elektro. 

5. Secret Avengers

6 Macam Avengers Paling Populer di Marvel Universe, Keren Abis!comicbook.com

Selain kejadian Secret Invasion, kejadian lainnya yang seru dan mengejutkan adalah event Siege saat para superhero Marvel harus melawan Dark Avengers buatan Norman Osborn. Setelah itu, H.A.M.M.E.R dibubarkan dan Captain America mengambil alih kepemimpinan para superhero.

Alih-alih melanjutkan H.A.M.M.E.R atau memulihkan S.H.I.E.L.D, Captain America kemudian mempercayakan keamanan bumi ke sebuah kelompok sub-Avengers bernama Secret Avengers. Kelompok ini dibuat khusus dan rahasia untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah agar lebih terkoordinasi.

Anggota yang direkrut pun merupakan mereka yang jago dalam aksi diam-diam seperti Black Widow, Moon Knight, Ant-Man, Beast dan Sharon Carter.

6. Avengers Illuminati

6 Macam Avengers Paling Populer di Marvel Universe, Keren Abis!cbr.com

Avengers Illuminati adalah kelompok Avengers yang diisi oleh karakter-karakter kunci di Marvel Comic seperti Iron Man (Avengers), Prof Xavier (X-Men), Mr Fantastic (fantastic 4), Dr. Strange (Socerer Supreme), Namor (Atlantis) dan Black Bolt (Inhumans). Kelompok ini diinisiasi oleh Iron Man saat terjadinya peperangan antara bangsa Kree dan Skrull agar para alien tersebut tidak datang lagi ke bumi.

Meski awalnya hal ini ditolak, namun pada akhirnya kelompok ini tetap terbentuk demi melindungi bumi dari berbagai marabahaya. Dalam perjalanannya, Avengers Illuminati turut berkontribusi mengamankan dunia saat kejadian Secret Invasion, World War Hulk hingga mengamankan Infinity Gauntlet yang dipercayakan kepada masing-masing anggota.

Itulah enam kelompok top Avengers yang pernah ada dalam Marvel Comic. Seru juga ya, jika bisa diadaptasi ke layar lebar.

Baca Juga: 8 Aktor Ini Mengakhiri Karier Mereka di Marvel Cinematic Universe

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You