Comscore Tracker

5 Cerita Paling Kontroversi dalam Marvel Comic, Bikin Fans Kecewa!  

Steve Roger pernah jadi pengkhianat!

Marvel Comic telah menjadi pop culture yang paling berpengaruh dalam beberapa dekade terakhir. Mereka bahkan telah melahirkan ribuan jalan cerita yang melibatkan banyak sekali karakter superhero dan villain populer mereka. Bahkan beberapa di antaranya telah diperkenalkan ke dalam layar lebar dalam 12 tahun terakhir.

Banyak dari jalur cerita itu berjalan sangat epik dan menjadi favorit fans. Namun tidak sedikit justru menghadirkan cerita yang kontroversi dan membuat fans marah dan kecewa. Apa saja itu? Yuk disimak.

1. Quicksilver dan Scarlet Witch sebagai pasangan kekasih  

5 Cerita Paling Kontroversi dalam Marvel Comic, Bikin Fans Kecewa!  whatculture.com

Quicksilver dan Scarlet Witch dikenal sebagai saudara kandung yang sangat dekat dan merupakan anak dari Magneto. Namun dua karakter mutan ini pernah diperkenalkan sebagai pasangan kekasih dalam komik seri The Ultimate Universe, sebuah seri yang me-reboot berbagai kisah origin dari karakter Marvel agar lebih modern.

Jalan cerita ini dikenalkan dalam komik The Ultimate X-Men dan dinilai buruk oleh fans. Apalagi mengingat inces adalah sebuah hal yang sangat kontroversi di masyarakat.

2. Peter Parker mati saat masih anak-anak 

5 Cerita Paling Kontroversi dalam Marvel Comic, Bikin Fans Kecewa!  marvel.fandom.com

Salah satu adegan paling mengharukan dalam franchise MCU adalah saat Peter Parker menjadi abu akibat jentikan angan Thanos, tepat di pelukan Tony Stark. Namun sebuah jalan cerita yang lebih tragis pernah terjadi pada versi komiknya dalam seri Ultimate Spider-Man oleh Brian Michael Bendis.

Peter mati melawan musuh-musuhnya sementara bibinya dan Mary Jane hanya melihat, tak berdaya untuk menyelamatkannya. Apa yang membuat momen ini tragis adalah saat itu Peter Parker masih anak-anak, dan tidak ada pahlawan lebih tua yang seharusnya melatihnya atau membantunya dalam perkelahian.

Alur cerita ini sangat mengecewakan fans mengingat Spider-Man adalah salah satu karakter paling dicintai di dunia komik dan mati seolah tanpa perlawanan yang berarti.

Baca Juga: 7 Wujud Hulk Paling Sangar di Marvel Universe, Keren Banget!

3. Mary Jane meninggal disebabkan Peter Parker 

5 Cerita Paling Kontroversi dalam Marvel Comic, Bikin Fans Kecewa!  marvel.fandom.com

Komik Spider-Man mengandung lebih dari satu kisah kontroversial. Alur cerita lain yang tidak sesuai dengan keinginan fans adalah keputusan penulis yang tampaknya tidak masuk akal dalam seri komik Spider-Man: Reign.

Bersetting di masa depan, kisah ini mengungkapkan bahwa Spider-Man menjadi duda karena Mary Jane meninggal. Tragisnya MJ mati bukan di tangan musuh-musuhnya, tetapi karena Peter sendiri. Alasannya dikarenakan Peter memiliki sperma yang mengandung radioaktif, sehingga pada akhirnya membuat Mary Jane menderita kanker karena paparan tersebut.

4. Captain America menjadi agent Hydra 

5 Cerita Paling Kontroversi dalam Marvel Comic, Bikin Fans Kecewa!  screenrant.com

Steve Roger memiliki beberapa jalan cerita yang cukup mengecewakan fans. Salah satunya adalah kematiannya dalam event Civil War setelah menyerahkan diri kepada pihak berwenang demi menghentikan peperangan. Tetapi yang paling kontroversial adalah ketika mengetahui jika dirinya merupakan agent dari Hydra dalam event Secret Empire.

Captain America adalah simbol dari patriotisme dan nasionalisme dari Amerika Serikat. Sehingga alur cerita tersebut dianggap sebagai sebuah pengkhianatan negara yang  cukup menyakitkan bagi fans.

Namun pada akhirnya kisah tersebut terjelaskan dalam cerita selanjutnya. Red Skull menjadi sosok yang bertanggung jawab karena menggunakan Tesseract untuk mengubah kehidupan dan kepribadian dari Steve Rogers. 

5. Tony Stark jadi seorang alkoholik 

5 Cerita Paling Kontroversi dalam Marvel Comic, Bikin Fans Kecewa!  lowbrowcomics.com

Tony Stark a.k.a Iron Man dikenal sebagai sosok miliuner yang arogan, playboy, namun filantropis sejati. Dalam film Avengers: Endgame, ia bahkan rela berkorban nyawa demi kehidupan umat manusia. Namun dalam seri komiknya, ia pernah digambarkan sebagai sosok pecandu alkohol.

Ini dikisahkan dalam seri komik Demon in Bottle, yang rilis pada 1979, di mana Tony Stark kehilangan kendali atas dirinya dan menjadi kecanduan alkohol. Sebabnya adalah traumatis yang ia rasakan setelah seseorang tewas akibat kostumnya yang alami kerusakan sistem.

Bahkan setelah terbukti bahwa kerusakan itu disebabkan oleh Justin Hammer, Tony tetap tak bisa keluar dari kecanduannya. Melihat pahlawan paling dicintai tersebut alami kesulitan hidup yang tragis membuat alur cerita ini menjadi kontroversi, sekaligus menarik simpati.

Itulah lima jalan cerita paling kontroversi yang pernah disajikan Marvel dalam versi komiknya. Meski tragis dan ironis, adakah kemungkinan kisah tersebut menjadi bagain dari adaptasi ke layar lebar?

Baca Juga: 7 Superhero Marvel yang Berasal dari Asia, Ada dari Indonesia, lho!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya