Comscore Tracker

5 Film Action Terseru yang Digarap Sutradara Perempuan, Sudah Nonton?

Gak kalah menegangkan 

Banyak yang menganggap jika genre action sebagai 'filmnya laki-laki'. Tidak hanya dari sisi penonton, tetapi juga dari dunia sineasnya sendiri. Sutradara perempuan terkadang sulit mendapatkan kepercayaan untuk menggarap film action box office, dan hanya sedikit dari mereka yang pernah diberi kesempatan.

Di luar Kathryn Bigelow, hanya segelintir yang mampu menangani genre yang didominasi pria ini. Tapi, film action bukanlah sesuatu yang hanya bisa disutradarai oleh pria, dan seperti yang dibuktikan oleh film berikut, perempuan juga dapat membuat film yang eksplosif, mengasyikkan, dan seru sebaik yang bisa dilakukan pria.

1. The Peacemaker (1997)

https://www.youtube.com/embed/1qxuq2OVTgM

Mimi Leder membuat lompatan dari penyutradaraan TV ke layar lebar lewat film bergenre action thriller, berjudulThe Peacemaker yang dibintangi Nicole Kidman dan George Clooney, sebagai film pertamanya. Sebuah kisah mencekam menyangkut seorang pasukan khusus Letnan Kolonel dan seorang spesialis nuklir yang bekerja sama untuk melacak hulu ledak nuklir yang hilang.

Mereka berlomba dengan waktu untuk menemukannya sebelum senjata mematikan itu ditemukan teroris yang sangat berbahaya.

2. Strange Days (1995)

https://www.youtube.com/embed/5yaXPx6xWEQ

Skenario film ini ditulis Kathryn Bigelow bersama suaminya kala itu, James Cameron. Strange Days memiliki setting dua hari terakhir tahun 1999 ketika mantan polisi (Ralph Fiennes) mencoba menyelesaikan kasus pembunuhan yang direkam oleh teknologi ilegal yang memungkinkan orang mengalami emosi orang lain dan kenangannya.

Dirilis pada tahun 1995, film ini tidak hanya menyentuh isu-isu yang relevan tentang hubungan rasialisme dan polisi, tetapi juga sangat inventif secara sinematik, termasuk adegan pembukaan, yang merupakan pengambilan gambar POV genggam, sebuah sesuatu yang sekarang lumrah saat ini dengan munculnya kamera yang lebih kecil, tetapi tidak pernah terdengar pada tahun 1995.

Baca Juga: 5 Film Inspiratif yang Digarap Sutradara Perempuan, Sudah Nonton?

3. Point Break (2015)

https://www.youtube.com/embed/UuVDrpl1tIY

Pada tahun 1991, Bigelow menyutradarai film aksi klasik, Point Break, yang dibintangi oleh Keanu Reeves dan Patrick Swayze. Reeves berperan sebagai agen FBI yang menyamar untuk menyelidiki sekelompok perampok bank yang juga rajin berselancar. Saat menyamar, dia mengembangkan persahabatan dengan pemimpin perampok bank.

Film ini menjadi salah satu film aksi paling populer di tahun 90-an dan para kritikus memuji Bigelow karena tidak hanya membuat film aksi yang mendalam, melalui adegan perampokan dan selancar, tetapi juga yang bijaksana.

Point Break akan terus memiliki dampak budaya yang besar, dengan remake yang diulas dengan buruk dirilis pada tahun 2015, dan banyak yang menganggap The Fast dan The Furious sebagai remake dengan selancar diganti dengan balap drag.

4. Charlie's Angels (2019)

https://www.youtube.com/embed/RSUq4VfWfjE

Ditulis dan disutradarai oleh Elizabeth Banks, Charlie's Angels ini merupakan reboot dari judul yang sama karya sutradara pria, Joseph McGinty. Film ini dibintangi oleh Kristen Stewart, Naomi Scott, dan Ella Balinski sebagai jagoan baru yang bekerja untuk agensi Townsend.

Selain menyutradarai, Banks ikut bermain sebagai salah satu asisten Charlie, "Bosley". Film ini kisahkan seorang insinyur muda yang membocorkan rahasia tentang teknologi berbahaya, Charlie's Angels kemudian dipanggil untuk bertindak, mempertaruhkan nyawa mereka untuk melindungi nyawa orang-orang tak berdosa.

5. The Old Guard (2020) 

https://www.youtube.com/embed/aK-X2d0lJ_s

Setelah sebelumnya membuat film seperti Love & Basketball dan The Secret Life Of Bees, Gina Prince-Blythwood mengambil tugas untuk mengadaptasi komik penuh aksi Greg Rucka, yaitu The Old Guard.

Dengan melakukan itu, dia menjadi wanita kulit hitam pertama yang mengarahkan film buku komik. Ceritanya tentang sekelompok tentara bayaran abadi, yang dipimpin oleh Charlize Theron, berjuang untuk melindungi rahasia mereka.

Film ini ditayangkan perdana di Netflix dengan ulasan bagus yang memuji "pertarungan yang memukau dan urutan pertarungan tangan ke tangan". Mengikuti popularitas film tersebut, Netflix telah mengumumkan sekuel sedang dalam pengerjaan.

 

Itulah 5 film action karya sutradara perempuan yang tidak kalah menegangkan dan seru dari karya sutradara pria. Bahkan pada beberapa faktor, sutradara perempuan mampu memberikan sentuhan yang berbeda. Sudahkah kamu nonton semuanya?

Baca Juga: 8 Sutradara Perempuan Indonesia, Karya Filmnya Hebat!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya