Comscore Tracker

5 Film Asing Terbaik Bertema Perang yang Menggugah Hati Nurani

Wajib ditonton semuanya

Sejak lama film bertema perang telah mewarnai perfilman Hollywood. Ceritanya yang epik dibalut sinematografi yang dramatis tidak jarang berbuah penghargaan Oscar sebagai Film Terbaik. 

Dari kisah Perang Dunia, Perang Saudara hingga Perang Kemerdekaan telah diangkat ke layar lebar. Namun film terbaik tidak melulu berasal dari Hollywood. Lima film asing tentang perang berikut ini pun sangat seru, bahkan menggugah hati nurani kita karena menunjukan kita sudut pandang lain. Yuk, nonton! 

1. Life Is Beautiful - 8,6

https://www.youtube.com/embed/8CTjcVr9Iao

Film asal Italia ini merupakan salah satu film asing paling sukses di abad 20. Mereka dianugerahi tiga penghargaan prestisius Oscar sebagai Film Asing Terbaik, Aktor Utama Terbaik (Roberto Benigni) dan Musik Terbaik.

Film ini menceritakan kehidupan seorang pustakawan Yahudi bernama Guido, yang memiliki kehidupan sempurna dan bahagia bersama keluarga kecilnya. Namun semuanya berubah saat Italia dikuasai Nazi dan membuat mereka dipindahkan ke kamp konsentrasi Yahudi. 

Dengan segala kengerian tragedi Holocaust, Guido mencoba melindungi anaknya dengan humor dan imajinasi. Ia membayangkan jika Holocaust tidak lebih dari sebuah "permainan" yang menyenangkan. Film ini begitu menyentuh karena di balik sebuah tragedi yang tragis, kita bisa menyaksikan sebuah kehangatan cinta keluarga yang begitu besar.

2. Das Boot - 8,3

https://www.youtube.com/embed/7pzKyeIex2Y

Dengan latar waktu 1942 saat Perang Dunia II, film ini berfokus pada awak kapal selam Jerman yang terlibat dalam Pertempuran Atlantik untuk menghadapi pasukan musuh. Tidak hanya menggambarkan kondisi perang, film ini lebih menarik dengan menampilkan kehidupan para awak tersebut di dalam kapal selam yang penuh sesak.

Lewat film ini kita disajikan profesionalisme para awak dalam situasi yang mengerikan, yaitu peperangan, namun mereka pun dihadapkan dengan lawan yang tidak kalah berat, psikis dan mental diri mereka sendiri.

Baca Juga: 5 Film Bertema Perang Dunia I yang Menggugah Kemanusiaan, Wajib Nonton

3. Come And See - 8,3

https://www.youtube.com/embed/UHaSQU-4wss

Film asal Belarusia ini merupakan salah satu penggambaran sejarah perang yang cukup mengerikan dan memilukan. Bercerita tentang seorang anak laki-laki yang bergabung dengan gerakan perlawanan Soviet untuk melawan invasi Nazi.

Film ini merinci secara langsung kondisi anak laki-laki tersebut dalam menyaksikan kejahatan perang keji Nazi di Perang Dunia II.

4. Downfall - 8,2

https://www.youtube.com/embed/htvYfe6wz_8

Banyak film dunia yang telah mengambil latar Nazi dan Perang Dunia sebagai cerita mereka. Namun hanya sedikit saja yang menggambarkan kondisi itu dari sudut pandang Nazi sendiri, khususnya sang pemimpin Adolf Hitler. Salah satu yang paling sukses adalah Downfall, yang merupakan film asal Jerman.

Ini adalah kisah hari-hari terakhir Perang Dunia II dari sudut pandang Adolf Hitler dan kejatuhan sebagian besar kepemimpinannya, saat semuanya terkurung di bunker bawah tanah. Lewat film ini penonton diberikan gambaran sosok Adolf Hitler dengan apa adanya, sosok megalomaniak yang tidak bisa menerima kekalahan.

5. La Grande Illusion - 8,1

https://www.youtube.com/embed/vcO8rEjoG0c

Ini merupakan film klasik Prancis yang dirilis pada tahun 1937 dan dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Film ini bercerita tentang dua pilot Prancis yang ditembak jatuh dari langit oleh pasukan Jerman dan menghabiskan sebagian waktu berikutnya digiring dari satu kamp tahanan perang ke kamp lainnya.

Ini merupakan film perpaduan luar biasa antara upaya pelarian diri dalam kondisi yang mustahil dan gambaran keberanian manusia dalam menghadapi kematian.

Itulah lima film asing terbaik bertema perang yang sangat layak untuk kamu tonton. Tidak hanya mengandung peristiwa sejarah dunia ini, tetapi juga memberikan kita inspirasi dan sudut pandang tentang sisi lain kehidupan manusia.

Baca Juga: 5 Film Nick Jonas yang Wajib Kamu Tonton, Ceritanya Seru Banget!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya