Comscore Tracker

7 Film Asing Terbaik dalam Satu Dekade Terakhir, Ada dari Indonesia! 

Wajib masuk list nontonmu

Hollywood merupakan kiblat perfilman dunia, namun bukan berarti film asing kualitasnya diragukan. Bahkan dalam satu dekade terakhir ini, kiprah film-film asing mulai diperhitungkan dunia. Banyak di antaranya yang sukses meraih berbagai penghargaan bergengsi.

Dari sekian banyak, berikut ini tujuh film asing terbaik yang hadir dalam satu dekade terakhir. Ada juga yang berasal dari Indonesia, lho. Yuk disimak!

1. The Intouchables (2011) - 8,5

https://www.youtube.com/embed/34WIbmXkewU

Film ini merupakan drama komedi Prancis tentang persahabatan yang terjalin antara seorang bangsawan lumpuh bernama Philippe, dengan seorang pria berkulit hitam bernama Driss, yang menjadi pengasuhnya. Driss sendiri merupakan seorang mantan narapidana.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata, yang mengungkapkan jika kasih sayang dan persahabatan bisa menjadi terapi terbaik untuk mereka yang sedang alami kesulitan. Film ini berada di posisi teratas di chart film Prancis selama 10 minggu, dan memecahkan rekor di Amerika Serikat sebagai film berbahasa asing terlaris.

Film ini sendiri diadaptasi ulang oleh Hollywood dengan judul The Upside, yang dibintangi oleh Kevin Hart, Bryn Cranston dan Nicole Kidman.

2. The Raid (2011) - 7,6

https://www.youtube.com/embed/m6Q7KnXpNOg

The Raid menjadi film yang membuat aktor-aktor Indonesia seperti Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Joe Taslim mulai dikenal dunia. Film yang disutradarai oleh Gareth Evans ini menjadi salah satu film action terbaik dengan visual yang dinamis. Bercerita tentang sekelompok pasukan elit yang berusaha menjatuhkan seorang penguasa kejahatan.

Diisi oleh banyak perkelahian yang epik dan koreografi seni tarung yang keren, The Raid diganjar sebagai Film Terbaik di Dublin International Film Festival. Tiga tahun kemudian, film ini pun merilis sekuelnya.

3. A Separation (2011) - 8,3

https://www.youtube.com/embed/nwEgDPPATy0

Film ini mencetak sejarah sebagai film Iran pertama yang mendapatkan penghargaan bergengsi. A Separation diganjar sebagai Film Asing Terbaik di Piala Oscar dan Golden Globe. Film ini adalah sebuah drama tentang pasangan yang harus berpisah karena keadaan, dan perjuangan yang mereka hadapi di lingkungan budaya Iran yang ketat.

Film ini dianggap sebagai salah satu drama pernikahan dan budaya terbaik sepanjang masa. Rotten Tomatoes bahkan memberikan nilai 99% untuk film ini.

Baca Juga: 5 Sutradara Film Dunia yang Karyanya Selalu Ditunggu Pecinta Film!

4. The Hunt (2012) - 8,3   

https://www.youtube.com/embed/ieLIOBkMgAQ

Film ini adalah drama asal Denmark yang disutradarai Thomas Vinterberg dan dibintangi oleh Mads Mikkelsen. Bercerita tentang Lucas (Mads Mikkelsen), seorang guru kesepian yang sedang berjuang untuk mendapatkan hak asuh anaknya. Saat hidupnya mulai membaik, ia justru dikenai tuduhan palsu atas pelecehan seksual seorang anak TK.

Berkat perannya ini, Mads Mikkelsen diganjar penghargaan aktor terbaik di Festival Film Cannes. Sedangkan filmnya masuk sebagai nominasi Film Asing Terbaik di Piala  Oscar dan Golden Globe.

5. The Handmaiden (2016) - 8,1

https://www.youtube.com/embed/whldChqCsYk

Park Chan-wook adalah seorang sutradara Korea Selatan yang telah merilis beberapa film internasional, salah satunya The Handmaiden yang bergenre drama thriller. Film ini berdasarkan novel Fingersmith, dengan mengambil lokasi di Inggris dan Korea.

Cerita berfokus pada dua wanita, seorang wanita Jepang kaya raya dan pelayan perempuannya, yang berencana untuk menipu sang majikan demi dapatkan warisannya. Film ini pun diganjar sebagai Film Asing Terbaik BAFTA Awards dan meraih 4 penghargaan di Asian Film Awards.

6. Roma (2018) - 7,7

https://www.youtube.com/embed/6BS27ngZtxg

Film original Netflix ini merupakan kisah dari masa kecil sang sutradara, Alfonso Cuaron. Dengan gaya hitam putih, film bercerita tentang perjuangan hidup sebuah keluarga menengah di Meksiko tahun 1970an yang sangat keras dan berat.

Film asal Meksiko ini sukses besar dengan meraih tiga Piala Oscar, yaitu Film Berbahasa Asing Terbaik, Sutradara Terbaik dan Sinematografi Terbaik. Roma juga menjadi film terbaik di ajang penghargaan Golden Globe, BAFTA Award dan Venice Film Festival.

7. Parasite (2019) - 8,6

https://www.youtube.com/embed/isOGD_7hNIY

Parasite sukses mencetak sejarah sebagai film asing pertama yang sukses meraih penghargaan Piala Oscar sebagai film terbaik. Bahkan mereka membawa pulang tiga penghargaan lainnya, yaitu Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik dan Film Asing Terbaik. Parasite total menerima 264 penghargaan di seluruh dunia.

Filmnya sendiri kisahkan sebuah keluarga miskin yang harus berbohong dan lakukan segala cara demi dapatkan pekerjaan dari keluarga kaya raya. Film ini menjadi hits karena mengangkat isu sosial, yang dibalut dengan cerita dan plot twist yang menegangkan.

Itulah tujuh film asing terbaik dalam satu dekade terakhir yang gak boleh kamu lewatkan. Ceritanya yang sangat menarik dan unik, membuat film-film ini memang layak mendapatkan gelar terbaik.

Baca Juga: 5 Film Keren Adaptasi Manga yang Harus Kamu Tonton

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya