Comscore Tracker

5 Film Bertema Mata-Mata Terbaik Diadaptasi dari Novel Karya Le Carré

Penuh aksi dan konflik misterius #IDNTimesHype

Penulis Inggris John Le Carré memang telah meninggal dunia, tetapi pengaruhnya terhadap film bertema mata-mata dan miniseri terus berlanjut. Beberapa dari novel terbaik Le Carré telah diadaptasi selama beberapa dekade dengan tema spionase Perang Dingin, intrik dan konspirasi pemerintah.

Karya-karyanya ini memiliki ciri khas tersendiri karena penuh misteri, konflik dan realistis, sehingga sangat sempurna untuk diangkat ke dalam sinematik. Nah berikut ini adalah lima film terbaik berdasarkan novel mata-mata karya Le Carré yang gak boleh dilewatkan.

1. The Tailor Of Panama (2001) - 77 persen

https://www.youtube.com/embed/if887QzvTiw

Pierce Brosnan, selain dalam James Bond, berperan juga sebagai mata-mata Inggris yang dipertanyakan secara moral dalam film The Tailor of Panama. Setelah dibuang ke Panama karena berselingkuh dengan nyonya duta besar, karakter Brosnan, Andy, menargetkan seorang penjahit korup yang memiliki akses ke intelijen Panama.

Geoffrey Rush berperan sebagai penjahit tersebut, dan Jamie Lee Curtis berperan sebagai istrinya yang memikat. Film ini adalah jenis film thriller tahun 2000-an yang tidak terlalu serius, melaiankan sebuah satir dan lucu.

2. The Constant Gardener (2005) - 83 persen

https://www.youtube.com/embed/1l1lzzfpWFU

Ini adalah kisah yang sangat manusiawi tentang seorang diplomat Inggris yang istrinya sedang hamil dibunuh karena mengungkap sebuah konspirasi di balik uji coba narkoba yang mencurigakan di Kenya.

Setelah kehilangannya, Justin memutuskan untuk mengungkap kebenaran tentang penelitian istrinya dan mencoba membawa mereka yang bertanggung jawab atas kematiannya ke pengadilan - bahkan jika itu berarti kehilangan nyawanya sendiri dalam prosesnya. 

3. Tinker Tailor Soldier Spy (2011) - 83 persen

https://www.youtube.com/embed/VW-F1H-Nonk

Tinker Tailor Soldier Spy dianggap sebagai novel paling terkenal oleh Le Carré, sebuah melodrama Perang Dingin tentang upaya salah satu agen MI6 untuk menemukan pengkhianat dalam barisannya. Film mata-mata ini dibintangi deretan aktor besar seperti Gary Oldman, Colin Firth, Tom Hardy, Benedict Cumberbatch dan John Hurt.

Oldman berperan sebagai George Smiley, yang dipaksa keluar dari masa pensiunnya untuk mengendus agen ganda. Apa yang terjadi selanjutnya adalah penyelaman gelap jauh ke dalam jantung birokrasi Inggris.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Wajib Ditonton jika Kamu Suka Film Soul

4. The Spy Who Came In From The Cold (1965) - 87 persen

https://www.youtube.com/embed/VZCd1PoGZWc

Film tertua dalam daftar ini, The Spy Who Came in From the Cold  mengisahkan Alec Leamas (Richard Burton), seorang mata-mata Inggris yang dikirim ke Jerman Timur, diduga untuk membelot, tetapi sebenarnya untuk menyebarkan disinformasi. Dalam misinya itu, ia menyamar sebagai pecandu alkohol dan tidak punya pekerjaan dengan harapan bisa direkrut oleh Dinas Intelijen Jerman Timur.

Namun dalam misi  tersebut berbagai konflik muncul, termasuk konflik batin, yang kemudian mengubah misinya.

5. A Most Wanted Man (2014) - 87 persen

https://www.youtube.com/embed/xteResDsAgg

Film ini dibintangi mendiang Philip Seymour Hoffman yang berperan sebagai seorang perwira intelijen Jerman yang menjalankan sebuah agen rahasia yang merekrut informan yang memiliki hubungan dengan sel-sel teror Islam. Informan tersebut adalah seorang Muslim Chechnya secara ilegal berimigrasi ke Hamburg, di mana dia terjebak dalam perang internasional melawan teror.

Film-film bertema mata-mata selalu memiliki tempatnya sendiri di hati pecinta film. Kisah kriminal kompleks dibalut dengan adegan-adegan penuh aksi memberikan tontonan seru dan menarik. Deretan lima film di atas bisa jadi rekomendasi tontonan bagi kalian yang mencari adrenalin penuh konflik.

Baca Juga: 6 Film Tentang Mata-Mata Terbaik Sepanjang Masa Selain James Bond

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya