Comscore Tracker

5 Film Biopik Tentang Pelukis Dunia yang Penuh Ironi dan Inspirasi

Dari Van Gogh hingga pesaing Pablo Picasso

Dunia seniman terkenal sebagai tempat yang menarik, imajinatif, serta penuh kreativitas. Khususnya pelukis, mereka mampu menangkap dunia lewat coretan-coretan indah di dalam kanvas yang penuh makna. Namun di balik semua warna indah lukisannya, tidak jarang terdapat cerita yang sangat tragis.

Kehidupan pribadi mereka sendiri terkadang penuh kontroversi dan ironi. Kisah-kisah tersebut tergambarkan dalam deretan film berikut ini yang sangat menarik untuk ditonton. Apa saja itu? Ini ulasannya.

1. Pollock  

https://www.youtube.com/embed/z0xiovbDML0

Ini merupakan film biopik dari pelukis hebat Amerika Serikat, Jackson Pollock di era 1940an. Ia adalah pelukis abstrak terhebat dalam sejarah lewat karya-karyanya. Namun di balik itu semua ia adalah sosok yang sangat sulit untuk didekati dan diajak bekerja sama, karena temperamen dan ketergantungannya pada alkohol.

Tragedi tidak lepas dari hidupnya hingga tutup usia di umur yang masih muda, 44 tahun. Itu semua tergambarkan dalam film yang disutradarai dan dibintangi oleh Ed Harris

2. At Eternity's Gate 

https://www.youtube.com/embed/T77PDm3e1iE

Vincent Van Gogh merupakan salah satu pelukis paling hebat dan berpengaruh sepanjang masa. Namun di balik itu semua, seniman asal Belanda tersebut memiliki jalan hidup yang sangat berliku dan penuh ironi. Karya-karyanya bahkan justru dikenal dunia ketika Van Gogh telah meninggal dunia.

Sebagian dari kisahnya diangkat dalam sebuah film dengan judul At Eternity's Gate. Bercerita tentang masa pengasingannya di Arles dan Auvers-Sur-Oise, Prancis, di mana ia mengembangkan gaya lukisan yang unik dan penuh warna. Namun di saat itu juga ia bergulat dengan penyakit mental, pemahaman agama dan hubungannya yang kacau dengan seniman Prancis Paul Gauguin.

Baca Juga: 10 Film Berbahasa Asing yang Masuk Nominasi Best Picture Oscar

3. My Left Foot 

https://www.youtube.com/embed/nZLUZ1eONhk

Lewat film ini, kita akan disajikan sebuah kisah yang sangat inspiratif dan memilukan tentang sosok seniman dan penulis terkenal, Christy Brown. Dia dilahirkan dengan kelainan cerebral palsy dan hanya secara fisik dapat menggerakkan kaki kirinya saja, yang ia gunakan untuk mengetik memoar dan membuat lukisan uniknya.

Kehebatan dan kejeniusan Brown sendiri tidak lepas dari sosok ibunya yang diperankan oleh Brenda Fricker. Sedangkan Christy Brown diperankan oleh aktor Daniel Day-Lewis. Peran keduanya sangat luar biasa, sehingga membuat mereka dianugerahi Piala Oscar sebagai Aktor Utama Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik.

4. Frida

https://www.youtube.com/embed/uOUzQYqba4Y

Frida Kahlo adalah pelukis Meksiko yang terkenal karena karyanya berupa potret diri, dan seni lukisan yang terinspirasi oleh alam dan artefak Meksiko. Namun di balik semua kehebatannya sebagai seniman sekaligus seorang revolusioner politik, ia memiliki drama kehidupan yang sangat kompleks.

Kisah cinta dan pernikahannya yang dipenuhi kontroversi dan tragedi digambarkan dengan mendalam dalam film ini. Namun luka dari hubungan asmaranya tersebut jugalah yang membuatnya mampu melahirkan karya yang dikenal dunia.

Film ini sendiri sangat sukses dengan meraih dua Piala Oscar, Musik Terbaik dan Makeup Terbaik. Lewat perannya ini, Salma Hayek pun masuk dalam nominasi Aktris Utama Terbaik Oscar.

5. Modigliani  

https://www.youtube.com/embed/GCN-p5_HT_M

Film ini merupakan biopik tentang pelukis dan pemahat asal Italia, Amedeo Clemente Modigliani. Secara khusus, film ini berfokus pada akhir kehidupan sang seniman saat ia menjalin hubungan berbahaya dengan wanita yang lebih muda bernama Jeanne Hebuterne, serta persaingan antara dirinya dan Pablo Picasso.

Itulah lima film biopik terbaik dan sangat menarik tentang kehidupan para seniman populer dunia. Lewat cerita di layar lebar, kita disajikan sudut pandang lain tentang mereka yang tidak banyak diketahui orang. Selain disajikan dengan kisah ironis, mereka pun memiliki kisah yang inspiratif. Kudu nonton!

Baca Juga: Penuh Kritik Sosial, Inilah 5 Film Terbaik Karya Bong Joon Ho

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya