Comscore Tracker

5 Film Biopik Terbaik tentang Aktor Populer yang Penuh Inspirasi

Charlie Chaplin hingga Bruce Lee #IDNTimesHype

Sejak hadirnya seni peran, aktor menjadi salah satu seniman yang paling banyak digandrungi masyarakat. Tidak hanya kualitas aktingnya, kehidupan pribadi mereka pun kerap menjadi santapan yang dinanti fansnya di seluruh dunia. Meski demikian, tetap saja ada sisi lain kehidupan mereka yang tidak diketahui orang banyak.

Namun lewat film-film berikut ini kita bisa memahami sisi lain dari beberapa aktor populer sepanjang masa yang diangkat ke layar lebar. Meski kadang dibalut skandal, kehidupan mereka pun dipenuhi dengan inspirasi. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Chaplin (1992) - 7.6  

https://www.youtube.com/embed/8UAy9ynS-l4

Richard Attenborough, sutradara terkenal film Gandhi, menangani kisah hidup Charlie Chaplin, aktor terhebat yang dianggap mengubah film menjadi bentuk seni. Robert Downey, Jr dengan sempurna berperan sebagai Chaplin dan membuat dirinya mendapatkan nominasi Oscar Aktor Terbaik lewat perannya itu.

Film ini meliput hari-hari awal Chaplin di dunia perfilman hingga hubungannya yang penuh skandal dan kemudian pengasingannya dari Hollywood pada puncak era McCarthy. Meskipun film tersebut dipuji karena menggambarkan era perfilman dengan sempurna, film tersebut dikritik karena terlalu berfokus pada kehidupan pribadi Chaplin yang liar alih-alih apa yang membuatnya menjadi pembuat film dan aktor yang hebat.

2. Man On The Moon (1999) - 7.4  

https://www.youtube.com/embed/pCcQB-iT7LY

Sutradara Milos Forman sudah tidak asing dengan film biopik. Dia pernah menggarap Amadeus dan The People Vs Larry Flynt. Untuk Man On The Moon, dia menangani salah satu komedian paling kontroversial sepanjang masa: Andy Kaufman. Untuk peran tersebut, Jim Carrey berhasil memerankan sosok tersebut dengan sangat apik.

Film ini menceritakan kisah kebangkitan ketenaran sang komedian yang tidak biasa, termasuk kesuksesannya dalam film Taxi dan aksi kontroversialnya dalam gulat. Jim Carrey seolah menggambarkan Kaufman dalam penampilannya sebagai pria yang memandang hidup sebagai ilusi.

3. James Dean (2001) - 7.3  

https://www.youtube.com/embed/ZPKq9q2Cq8E

Dianggap sebagai salah satu film yang menetapkan standar baru untuk keunggulan film televisi, James Dean merinci kehidupan legenda film ikonik James Dean, yang dihidupkan oleh pendatang baru kala itu, James Franco. Film ini menceritakan perjuangan emosional Dean, hubungannya dengan ayahnya, kelahirannya sebagai aktor, dan tiga film yang dia buat sebelum kematiannya yang tragis pada usia 24 tahun.

Untuk peran tersebut, Franco menerima banyak piujian dan film tersebut memicu kariernya lebih bersinar. Penonton dan kritikus memuji Franco karena menangkap tingkah laku Dean serta jiwanya yang kesepian dan tersiksa.

Baca Juga: 5 Film Biopik tentang Aktivis Ini Wajib Ditonton

4. Introducing Dorothy Dandridge (2008) - 7.1  

https://www.youtube.com/embed/7eOg8o6M-58

Halle Berry berperan sebagai Dorothy Dandridge, bintang kulit hitam pertama yang dinominasikan untuk Oscar untuk Aktris Terbaik. Film ini merinci naik turunnya Dandridge di Hollywood, bagian penting dari sejarah Hollywood yang, sayangnya, memiliki akhir yang tragis.

Dandridge adalah peran utama pertama Halle Berry dan membantunya menjadi salah satu aktris A-list. Untuk penampilannya yang diakui secara kritis ini, Halle Berry menerima penghargaan Aktris Terbaik Golden Globe dan Emmy.

5. Dragon: The Bruce Lee Story (1993) - 7.0  

https://www.youtube.com/embed/MDKTBiHBmeI

Film ini menceritakan kisah Bruce Lee, seniman bela diri legendaris, dan bintang film Enter The Dragon, yang sayangnya terbunuh secara tidak sengaja di lokasi syuting salah satu filmnya. Film ini menggambarkan ketenaran sang bintang, namun, sementara Dragon populer di box office, film ini menghadapi kritik karena banyaknya kejadian fiksi.

Sosok Bruce Lee sendiri diperankan oleh aktor bernama Jason Lee. Meskipun memiliki kemiripan nama, keduanya tidak memiliki hubungan keluarga.

Tidak banyak kehidupan seorang aktor diangkat ke layar lebar menjadi sebuah cerita film. Namun kebesaran nama 5 aktor di atas dengan segala prestasi dan sisi lain kehidupannya menjadi sebuah kisah yang menarik untuk diikuti. Apalagi adanya sisi lain yang tak pernah dianagkat oleh media. Sudahkah kamu menonton semua?

Baca Juga: Ada Reza Rahadian, 10 Aktor Indonesia yang Berperan di Film Biopik

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya