Comscore Tracker

5 Film dan Serial Drama Tentang Keluarga Disfungsi yang Menguras Emosi

Menyentuh hati dan relate dengan kehidupan nyata #HypeIDN

Keluarga ibarat surga yang mampu memberikan banyak kebahagiaan dalam hidup kita. Namun bisa juga menjadi neraka karena menjadi sumber banyaknya trauma, rasa sakit dan penderitaan saat disfungsional. Narasi tersebut menjadi tema yang diangkat dalam deretan film berikut ini.

Gambaran sebuah keluarga disfungsional yang membentuk hidup orang-orang di dalamnya. Ini sangat menarik karena sangat relate dengan kehidupan realitas kita. Menguras emosi, berikut ini lima film tentang keluarga disfungsi yang harus kamu tonton.

1. Babyteeth (2019) - 7,1

https://www.youtube.com/embed/M6E8gPmz7n4

Drama komedi Australia ini dibintangi Eliza Scanlen sebagai seorang remaja yang sakit parah bernama Milla. Drama rumit hadir katika ia menjalin hubungan dengan seorang pengedar narkoba yang lebih tua, dan tak disetujui oleh orang tuanya. Ben Mendelsohn dan Essie Davis berperan sebagai orang tua Milla, yang berjuang antara membiarkan Milla menjalani hidupnya dan ingin melindungi putri mereka.

2. August: Osage County (2013) - 7,2

https://www.youtube.com/embed/9Hd_uO72h1s

Ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah drama panggung dengan judul yang sama. Sebuah drama tentang keluarga disfungsional yang berurusan dengan krisis kehidupan besar. Meryl Streep berperan sebagai Violet Weston, seorang pasien kanker yang meminta bantuan keluarganya ketika suaminya yang alkoholik hilang.

Kebersamaan mereka itu menjadi drama yang menarik, mengingat Violet merupakan wanita keras kepala, dan menjadi salah satu  alasan keluarganya disfungsional. Kini mereka kembali dengan trauma masa lalu yang masih membekas, dan kebencian selama puluhan tahun pun muncul ke permukaan

Selain Meryl Streep, film ini pun dibintangi Julia Roberts, Margo Martindale, Juliette Lewis, Ewan McGregor, Benedict Cumberbatch dan Chris Cooper

Baca Juga: 6 Film Inspiratif yang Bikin Kamu Siap Hadapi Quarter-Life Crisis 

3. Death At A Funeral (2007) - 7,4

https://www.youtube.com/embed/W0xtS83sKGg

Film bergenre dark komedi ini berkisah tentang pemakaman yang membawa malapetaka, dan berakhir dengan kematian lainnya. Daniel mencoba mengungkap rahasia kelam ayahnya yang baru saja meninggal di hadapan keluarga besar yang disfungsional dan kerabatnya.

Ini ia lakukan serta merta usai serangkaian penderitaan yang ia rasakan dan berbagai kekesalan yang ia simpan selama ini terhadap keluarganya. Film ini juga menggambarkan bagaimana orang berduka cita dengan cara yang berbeda.

4. Amour (2012) - 7,9

https://www.youtube.com/embed/F7D-Y3T0XFA

Kisah cinta berbahasa Prancis yang menggugah secara emosional, Amour membahas topik yang tabu: perawatan di akhir kehidupan. Jean-Louis Trintignant dan Emmanuelle Riva berperan sebagai pasangan berusia 80-an bernama Georges dan Anne, yang dinamika hidupnya berubah ketika Anne menderita stroke berat yang membuatnya lumpuh sebagian tubuhnya.

Georges menepati janji yang dia buat kepada istrinya dan menolak untuk mengirim Anne ke fasilitas perawatan jangka panjang. Di sisi lain, putri mereka tidak setuju dengan pilihan ayahnya. Namun Georges terus merawat istrinya yang sakit itu demi janji yang telah dibuat.

5. Love Six Feet Under - 8,7

https://www.youtube.com/embed/VT6Fq1ENb8s

Serial HBO ini merupakan kronik kehidupan keluarga disfungsional yang menjalankan rumah duka independen di Los Angeles. Seorang anak yang baru kehilangan ayahnya karena tertabrak bis, kemudian hadir di rumah duka itu. Perlahan ia dan David, anak di keluarga tersebut, menjalin pertemanan yang erat.

Film ini menggambarkan kepada penonton bagaimana sebuah keluarga yang disfungsi membantu orang lain melewati kesedihannya, dan itu pun menjadi jalan mereka mengatasi kesedihannya sendiri.

Kehidupan keluarga memang tidak mudah dan selalu dipenuhi dengan berbagai drama yang menyakitkan dan traumatis. Tetapi juga unik karena pada akhirnya keluarga selalu ada saat dibutuhkan dan menjadi tempat untuk selalu bisa memaafkan. Dijamin bikin tersentuh, yuk tonton film-film di atas!

Baca Juga: 10 Kata Lebih, 9 Film dengan Judul Terpanjang yang Bikin Melongo

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya