Comscore Tracker

5 Film Dokumenter Bertema Kultus Aneh yang Bakal Membuatmu Tertohok

#IDNTimesHype Dijamin bikin geleng-geleng kepala

Tidak sedikit masyarakat selalu dibuat terheran-heran oleh kehadiran sekte-sekte agama. Cara mereka beroperasi, dan bagaimana orang bisa bergabung dengan mereka adalah pertanyaan yang terus-menerus diajukan.

Seringkali, pertanyaan-pertanyaan ini muncul sebagai reaksi terhadap rumor dan cerita mengerikan yang terungkap tentang sekte-sekte ini — pemerkosaan, pembunuhan, pelecehan, dan banyak lagi.

Bagi orang yang sangat penasaran, ada sejumlah film dokumenter yang menawarkan wawasan tentang sekte ini, dari awal hingga kejatuhannya. Beberapa dari mereka bahkan menampilkan mantan-mantan pengikut, yang memunculkan fakta-fakta mencengangkan. Berikut ini lima diantaranya.

1. The Lost Women Of NXIVM (2019)

https://www.youtube.com/embed/HsTgdz-nRhk

NXIVM awalnya disebut sebagai kelompok pemberdayaan wanita yang dimulai oleh seorang pria bernama Keith Rainere. Film dokumenter ini mengikuti penyelidikan Frank Parlato saat dia menyelidiki kehidupan empat wanita yang terlibat dalam NXIVM, dua di antaranya meninggal karena penyakit, satu diduga bunuh diri, dan yang lainnya hilang di hutan belantara Alaska.

Film dokumenter ini juga menyoroti beberapa cara kerja NXIVM, termasuk kelas self-help yang mahal, perdagangan seks, Keith Rainere sendiri.

2. Prophet's Prey (2015)

https://www.youtube.com/embed/PWUP9IYjfgI

Film dokumenter ini didasarkan pada buku Prophet's Prey: My Seven-Year Investigation Into Warren Jeffs And The Fundamentalist Church of Latter-Day Saints tahun 2011 oleh Sam Brower, yang juga bertindak sebagai produser film tersebut. Film ini mengikuti kisah Warren Jeffs, kepala gereja FLDS (Fundamentalist Church of Jesus Christ of Latter-Day Saints) yang diadili dan dipenjara karena kasus pemerkosaan gadis remaja.

Jeffs masih bertanggung jawab atas organisasi tersebut meskipun berada di penjara, dan film dokumenter tersebut mencatat banyak kasus pelecehan dan perlakuan curang yang dialami anggota gereja lainnya.

FLDS sendiri merupakan sebuah sekte agama yang dulunya bagian dari Gereja Mormon. Salah satu ajarannya adalah mewajibkan poligami. Warren Jefs sendiri kabarnya memiliki istri kira-kira berjumlah 79

Baca Juga: Sweet Banget! 6 Film Romantis dengan Cerita Perbedaan Usia Terbaik

3. My Scientology Movie (2015)

https://www.youtube.com/embed/s-9qUjE40wM

Film dokumenter tahun ini mengikuti perjalanan sang pembuat film, Louis Theroux saat dia berusaha untuk mempelajari tentang cara kerja organisasi keagamaan paling misterius di dunia, Scientology. Theroux bertemu dengan beberapa mantan anggota, termasuk Marty Rathbun, yang pernah menjadi salah satu anggota tertinggi di gereja.

Sepanjang film, Theroux diikuti oleh mobil-mobil misterius dan dihadapkan pada orang-orang misterius yang tampaknya acak. Dia juga berbicara tentang sejarah organisasi dan bagaimana Gereja Scientology mencegah anggotanya berbicara tentang mereka. Scientology sendiri merupakan agama baru yang didirikan oleh L. Ron Hubbard (1911-1986), seorang penulis fiksi ilmiah.

Beberapa aktor Hollywood sendiri kabarnya menganut agama ini, yaitu Tom Cruise dan John Travolta.

4. Jonestown: The Life And Death Of The People's Temple (2006)

https://www.youtube.com/embed/6S_d1eVv0E8

Dimulai oleh Pendeta Jim Jones, The People's Temple adalah sebuah kelompok religius dengan tujuan mencapai kesetaraan bagi semua. Namun, kelompok itu tidak akan pernah melihat tujuan mereka membuahkan hasil, karena hampir 1.000 orang, termasuk Jones, melakukan "bunuh diri revolusioner" pada tahun 1978 di Jonestown, tempat komunitas mereka di Guyana.

Film dokumenter ini menceritakan beberapa kisah awal Jones yang sederhana serta berdirinya People's Temple. Beberapa anggota berbicara tentang pengalaman mereka, termasuk putra tertua Jones, Stephen Jones. 

5. The Source Family (2012)

https://www.youtube.com/embed/F3f4aleOAxo

Film dokumenter ini membahas Pastor Yod dan sebuah kultus agama, Source Family. Pastor Yod mendirikan sebuah komunitas spiritual di perbukitan Hollywood pada akhir 1960-an. Para pengikutnya dikenal sebagai Source Family, dan kelompok tersebut mempraktikkan kehidupan komunal, makan pola makan vegetarian, dan hidup dari pendapatan restoran Yod.

The Source Family juga membentuk sebuah band rock, biasanya mereka menghisap mariyuana dan jenis narkotika lainnya, serta memberi nama baru pada diri mereka sendiri seperti "Isis" dan "Prism." Film dokumenter tersebut juga menyelidiki sisi gelap dari grup tersebut, termasuk mereka yang dilarang menggunakan pengobatan modern dan hal-hal seperti antibiotik untuk mengobati penyakit.

Lewat kisah-kisah kultus yang unik dan aneh di atas, kita disajikan sebuah sudut pandang tidak biasa tentang kehidupan manusia lainnya. Dengan menyajikan fakta-fakta mengejutkan dan tragis, lima film dokumenter di atas wajib kamu tonton.

Baca Juga: 5 Film Dokumenter Terbaik tentang Industri Perfilman yang Bikin Takjub

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya