Comscore Tracker

6 Film Dokumenter Seru Tentang Sisi Lain Dunia Olahraga, Kudu Nonton!

Dari prestasi hingga skandal menggemparkan #IDNTimesHype

Dunia olahraga saat ini menjadi pusat bisnis yang sangat besar. Tidak mengherankan jika beberapa olahragawan namanya masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Kehidupan yang kompetitif, dipenuhi popularitas dan bergelimang uang mewarnai kehidupan olahragawan besar.

Di balik semua ketenarannya, mereka menapaki jalan yang tidak mudah sepanjang kariernya. Bahkan tidak sedikit yang terlibat sebuah skandal. Gambaran sisi lain dunia olahraga itu bisa kamu saksikan lewat enam dokumenter epik berikut ini. 

1. No No: A Dockumentary (2014)  

https://www.youtube.com/embed/yCH4fAHtKBo

Dock Ellis adalah pitcher MLB (Major League Baseball) yang bermain di era 1968-79, menghabiskan sebagian besar karirnya bersama Pittsburgh Pirates. Ellis terkenal ketika melakukan lemparan no-hitter melawan San Diego Padres pada bulan Juni 1970 saat berada di bawah pengaruh narkotika jenis Lysergic acid diethylamide (LSD).

Ceritanya tidak dipublikasikan sampai Pittsburgh Press mengungkapkan cerita itu pada tahun 1984. Dokumenter ini tidak hanya mengisahkan peristiwa no-hitter-nya, tetapi juga mengeksplorasi aspek-aspek lain dari kehidupan Ellis yang menarik sambil memahami kembali isu ras selama periode waktu tersebut.

2. Team Foxcatcher (2016)

https://www.youtube.com/embed/WZczesrBFRA

Sebelum hadirnya dokumenter ini, tema yang sama sempat diangkat ke layar lebar berjudul Foxcatcher, yang dibintangi oleh Steve Carell dan Channing Tatum. Film biopik ini didasarkan pada kemitraan aneh antara John du Pont yang kaya raya dan tim gulat Olimpiade AS.

Kisah ironi ini lebih luas lagi dijelaskan lewat dokumenter NetflixTeam Foxcatcher menyelami detail yang lebih dalam dengan banyak rekaman. Kisah Camp Foxcatcher adalah salah satu kisah paling mengejutkan dalam sejarah olahraga Amerika.

Baca Juga: 5 Film Dokumenter di Netflix yang Wajib Kamu Tonton Tahun 2021

3. Connor McGregor: Notorious (2017)  

https://www.youtube.com/embed/fAY7ad-9zaU

Dokumenter ini difilmkan selama empat tahun, merangkum perjalanan petarung MMA asal Irlandia, Connor McGregor, dari awalnya sebagai sosok sederhana hingga menjadi salah satu petarung terbaik yang arogan. Film ini sebagian besar berkaitan dengan pertarungan McGregor melawan Jose Aldo, yang ia kalahkan hanya dalam 13 detik pertama.

Yang membuat laga tersebut luar biasa adalah itu merupakan kekalahan Aldo pertama kalinya dalam 10 tahun terakhirnya. Dokumenter ini juga menyajikan kehidupan pribadi, resimen pelatihan, dan banyak lagi tentangnya. Namun ironisnya dua tahun terakhir McGregor mulai kehilangan ketenarannya usai mengalami dua kekalahan dari Khabib Nurmagomedov dan Dustin Poirier.

4. A Kid From Coney Island (2020)

https://www.youtube.com/embed/ptZCNflb5SU

Stephen Marbury mungkin bukan mantan bintang NBA yang paling banyak dibicarakan, tetapi dia memiliki kisah hidup yang menarik. Dokumenter ini mengungkap masa kecil Marbury, karir NBA-nya yang naik turun, dan kesuksesan luar biasa yang ia temukan di Asosiasi Bola Basket Cina.

Dia bermain untuk Beijing Ducks dan memenangkan tiga kejuaraan untuk tim ibu kota negara, yang membuatnya menjadi Michael Jordan dari China. A Kid From Coney Island menawarkan dinamika lintas budaya yang unik dan berbeda dari dokumenter olahraga lainnya.

5. The Scheme (2020)  

https://www.youtube.com/embed/ylAG1MBDzb0

Film dokumenter HBO ini berkisah di sekitar Christian Dawkins, mantan perwakilan perusahaan manajemen yang tertangkap basah menyuap pelatih bola basket perguruan tinggi untuk membujuk pemain agar bergabung dengan klien mereka.

Dalam film tersebut, Dawkins berpendapat bahwa dia dijebak oleh FBI, saat mereka memulai operasi penyamaran dengan menyamar sebagai investor. Dawkins menyatakan mereka menekannya untuk bertindak tidak etis. The Scheme juga menunjukkan bagaimana Dawkins merasa difitnah oleh para pelatih dan personel lain yang pernah bekerja sama dengannya.

6. Tiger (2021)

https://www.youtube.com/embed/CT-dTVVY8XM

Dokumenter HBO Tiger memberikan penjelasan mendalam tentang perkembangan awal karier legenda golf dan dilema skandal pribadinya yang dipublikasikan secara luas. Film dokumenter dua episode ini tragis, menarik, sekaligus menginspirasi dengan kesimpulannya.

Jika dipandang sekilas, kehidupan olahragawan pasti sangat ideal dan menjadi mimpi bagi banyak orang. Namun realitasnya diperlukan banyak pengorbanan untuk sampai pada titik yang mereka raih. Di balik semua positif dan negatifnya, semoga enam dokumenter di atas bisa memberikanmu inspirasi.

Baca Juga: 5 Film Dokumenter Tentang Kultus Mengerikan yang Bikin Merinding

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya