Comscore Tracker

5 Film Horor Jepang Terseram Era 2000an yang Bikin Susah Tidur

Yakin, berani nonton?

Sejak lama perfilman Jepang dikenal memiliki kualitas film horor yang sangat menyeramkan, bahkan tidak sedikit film horor Jepang diadaptasi ke Hollywood. Salah satu yang paling sukses adalah The Ring, yang dirilis pada tahun 1998. Sejak itu, perfilman horor Jepang pun semakin digandrungi masyarakat luas.

Dari sekian banyak, horor era 2000an menyuguhkan tontonan-tontonan yang paling mengerikan. Nah,  berikut ini adalah lima di antaranya yang dijamin bikin kamu susah tidur.

1. Uzumaki (2000)  

https://www.youtube.com/embed/6r1_ZoQmqxM

Ini merupakan film yang diangkat berdasarkan manga dengan judul yang sama karangan Junji Ito. Film ini berkisah tentang penduduk sebuah desa di Jepang yang sangat terobesesi dengan bentuk Uzumaki (Spiral). Salah satunya adalah ayah dari pacar Kirie, yang terobsesi dengan siput dan narutomaki (sejenis daging yang memiliki pola spiral).

Anehnya obsesi tersebut semakin gila hingga membuat dia mati bunuh diri di dalam mesin cuci agar tubuhnya menjadi spiral. Setelahnya spiral pun seolah menjadi kutukan bagi warga lainnya, di mana ada anak yang bermutasi menjadi spiral, gadis berambut spiral dan hal aneh lainnya yang mengerikan. 

2. St John's Wort (2001)  

https://www.youtube.com/embed/9cTUx2G1BSo

Ini merupakan film bertema teror hantu yang tidak kalah mengerikan dan bikin jantung berasa copot. Bercerita tentang seorang game designer bernama Nami, yang sedang membuat karya seni untuk video game baru berdasarkan gambar yang dia lihat dalam mimpinya.

Bersama seorang produser game, keduanya mendatangi rumah terbengkalai misterius yang mirip dengan yang ada dalam mimpi Nami. Namun saat memasukinya, Nami mendapatkan penglihatan lainnya tentang misteri rumah itu dan sosok-sosok mengerikan yang menghuni rumah tersebut.

Baca Juga: 7 Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata, Seram Abis!

3. Kakashi (2001) 

https://www.youtube.com/embed/uxJqWJDvnD8

Ini merupakan film supernatural khas Jepang yang dipenuhi dengan misteri dan penampakan makhluk mengerikan. Menceritakan seorang perempuan muda, yang sedang berusaha mencari saudaranya yang hilang entah ke mana. Sebuah surat misterius mengantarkannya ke 'Kozakuta-mura', sebuah desa terkutuk dan gila di mana orang-orang terpesona oleh kekuatan Kakashi (orang-orangan sawah).

Setelahnya, serangkaian kejadian aneh dan mengerikan pun mulai terjadi, salah satunya penampakan makhluk halus yang bakal membuat bulu kuduk merinding. Jika kamu penakut, jangan coba untuk nonton film ini sendirian. 

4. Dark Water (2002)  

https://www.youtube.com/embed/1Lfzcd0zV5A

Film ini bercerita tentang seorang ibu dan anaknya yang sedang memulai hidup baru dengan pindah ke aparteman usai proses perceraian yang sangat rumit. Namun siapa sangka aparteman itu dipenuhi dengan teror hantu anak kecil dan misteri yang menakutkan berupa kebocoran air yang misterius.

Diwarnai dengan visual gelap dan alunan musik yang kelam, dijamin setelah nonton film ini bikin kamu sulit tidur. Berani?

5. Noroi: The Curse (2005)

https://www.youtube.com/embed/ixVC1LYEMbM

Film ini merupakan campuran antara mitos horor rakyat dengan dramatisasi film yang mengerikan. Berkisah tentang seorang pembuat film dokumenter yang mengeksplorasi insiden hilangnya seorang paranormal setelah dia meneliti mitos setan Jepang bernama kagubata.

Yang membuat film ini menyeramkan adalah gaya pengambilan gambar footage, sehingga setiap adegan terasa nyata. Apalagi dibalut dengan penampakan-penampakan kasat mata yang semakin membuat bulu kuduk meremang.

Itulah lima film horor asal Jepang era 2000an paling seram yang layak untuk kamu tonton. Dengan plot cerita unik dan dibalut visual dan sosok-sosok hantu mengerikan, deretan film horor di atas dijamin bikin kamu susah tidur. 

Baca Juga: 5 Drama Korea Horor Era Destinasi Juseon, dari Vampir Sampai Zombie

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya