Comscore Tracker

5 Film Horor Slasher Era 70-an yang Bikin Merinding, Berani Nonton?

Penuh kekerasan, khusus untuk usia 21+ #IDNTimesHype

Slasher merupakan salah satu subgenre paling populer dalam genre horor. Dalam sejarahnya beberapa film menjadi ikon subgenre slasher yang tak habis di telan waktu, seperti Friday The 13th, dan A Nightmare On Elm Street  hingga Halloween garapan John Carpenter.

Era 60-an dianggap sebagai awal lahirnya subgenre yang penuh darah ini. Namun subgenre ini semakin populer di era 70-an dengan lahirnya film-film slasher mengerikan yang tak bisa terlupakan. Berikut ini 5 film horor slasher terseram era 70-an yang bikin meringding.

1. A Bay Of Blood (1971)

https://www.youtube.com/embed/JGSJCLWAL3Q

Juga dikenal sebagai Twitch Of The Death Nerve, film ini mengisahkan seorang ahli waris yang telah tua dibunuh oleh sang suami yang ingin menguasai kekayaannya. Apa yang terjadi kemudian adalah pembunuhan besar-besaran ketika kerabat dan teman-temannya juga tak ingin ketinggalan mendapatkan bagian dari harta tersebut.

Film klasik ini begitu mengerikan karena adegan pembunuhan yang ditampilkan tampak realistis dan kejam. 

2. Torso (1973)

https://www.youtube.com/embed/f6doJCbbhq0

Film ini merupakan salah satu inspirasi hadirnya film-film horor modern bertema penjahat bertopeng yang melakukan serangkaian pembunuhan terhadap wanita-wanita tak bersalah. Film klasik Italia ini sendiri kisahkan akasi pembunuhan yang mengerikan dan mengejutkan di Universitas Perugia ketika seorang pembunuh berantai yang sadis mencekik sampai mati gadis-gadis yang cantik.

Satu-satunya yang menjadi petunjuk dari aksi pembunuh berantai tersebut adalah syal berwarna merah hitam, yang justru membuat polisi kesulitan menangkap pelaku.

3. Black Christmas (1974)

https://www.youtube.com/embed/k6JuJHmVsh4

Black Christmas mengisahkan sekelompok mahasiswi yang dibuntuti seorang pria tak dikenal selama liburan Natal mereka. Pria asing itu kemudian melakukan banyak teror, yang kemudian membangkitkan hasrat membunuhnya. Para mahasiswi tersebut sempat  melaporkan kepada kepolisian, tetapi tidak digubris.

Pihak berwenang kemudian mulai serius menangani kasus ini ketika ditemukan mayat perempuan berusia 13 tahun secara misterius. Film ini disutradarai oleh Bob Clark, yang kemudian menyutradarai film horor lainnya A Christmas Story hampir 10 tahun kemudian.

Baca Juga: Horor Hingga Thriller, 5 Rekomendasi Film yang Dibintangi Wi Ha Joon

4. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

https://www.youtube.com/embed/Ju_7DwlRO8Y

Film ini dianggap sebagai salah satu film horor terbesar sepanjang masa. Film ini mengisahkan lima orang remaja yang melakukan perjalanan untuk mengunjungi makam kakek mereka di Texas. Namun ketika berhenti di sebuah pom bensi, mimpi buruk terjadi saat mereka bertemu dengan keluarga psikopat kanibal.

Satu per satu menjadi korban teror pembunuhan dari sang psikopat ikonik, Leatherface. Film ini sukses besar, bahkan sempat diremake beberapa kali dan masih saja memberikan aura mengerikan.

5. The Town That Dreaded Sundown (1976)

https://www.youtube.com/embed/4q5pboZz4rs

Film ini menceritakan kembali serangkaian pembunuhan yang masih belum terpecahkan di Texarkana, Amerika Serikat. Kisah seorang pembunuh berkerudung yang meneror kota perbatasan Texarkana, Arkansas pada tahun 1946 - meninggalkan tidak kurang dari lima korban pembunuhan. Dia tidak pernah tertangkap, dan masih menjadi misteri hingga saat ini.

Dengan gaya khas film klasik, deretan film slasher di atas memberikan kesan kengerian yang sangat mendalam. Apalagi adegan kekerasan yang terjadi di dalamnya sangat kejam dan tampak realistis. Yakin, berani nonton?

Baca Juga: 7 Film Horor Slow-Burning Terbaik yang akan Menghantuimu di Malam Hari

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya