Comscore Tracker

5 Film Horor Spanyol Terseram yang Gak Boleh Ditonton Sendirian

Awas terbawa ke alam mimpi, lho #IDNTimesHype

Sebagai salah satu genre paling digandrungi, film horor Spanyol memiliki kekayaan cerita yang tak kalah mengerikan. Bahkan sutradara maestro horor dari negeri matador, Guillermo del Toro telah memperkenalkannya ke Hollywood dengan sangat apik. Tidak hanya mengutamakan jumped scare, horor Spanyol memadukannya dengan trauma psikologis yang memberikan aura kengerian yang tak terlupakan.

Nah, berikut ini adalah lima film horor asal Spanyol yang layak banget ditonton para pencinta horor. Namun jangan menontonnya sendirian jika tak ingin jantungmu copot.

1. The Devil's Backbone (2001)

https://www.youtube.com/embed/Qj_QUV8HZp4

Dengan latar waktu tahun-tahun terakhir Perang Saudara Spanyol, The Devil's Backbone adalah film horor gothic Spanyol yang mengikuti kisah Carlos, seorang anak yatim piatu yang dititipkan di Sekolah Santa Lucia bersama anak lain yang telah mengungsi akibat konflik.

Di asrama sekolah tersebut dia justru mendapat gangguan dari roh gentayangan, yang memiliki kisah misteri di masa lalu. Sebuah rahasia kelam dari seorang penjaga di sekolah tersebut. Film ini disutradarai oleh Guillermo del Toro yang menyempurnakan perpaduan antara horor, spiritualitas, dan supranatural.

2. Pan's Labyrinth (2006)

https://www.youtube.com/embed/AcHasH-nLhU

Setelah Sekutu menginvasi Eropa yang diduduki Nazi, seorang kapten kejam mengirim pasukan tentara Spanyol untuk mengusir pemberontak. Sementara keluarganya tinggal di pedesaan, dia memimpin anak buahnya untuk menyerang, yang kemudian disaksikan oleh putri tirinya, dan membuatnya tak tahan.

Dalam upaya untuk melarikan diri dari kenyataan, dia justru terjun ke Labirin Pan, sebuah dunia mistis yang penuh kengerian. Di sana dia dibantu sebuah makhluk mengerikan untuk keluar dari kejaran makhluk yang lebih jahat.

Baca Juga: 5 Film Horor Slasher Era 70-an yang Bikin Merinding, Berani Nonton?

3. The Orphanage (2007)

https://www.youtube.com/embed/UkuKtS-N1rM

Film ini mengisahkan seorang perempuan yang menemukan panti asuhan tempat dia menghabiskan masa kecilnya. Ia meyakinkan suaminya untuk membelinya dan mengoperasikannya kembali.

Terinspirasi oleh putra angkatnya yang sakit kritis, mereka membukanya sebagai rumah untuk anak-anak yang sakit. Tetapi ketika sang anak tiba-tiba menghilang, kegembiraan berubah menjadi keputusasaan.

Ibu yang berduka itu kemudian meminta bantuan arwah panti asuhan tua untuk membantu menemukan putranya yang hilang. Namun permintaan itu justru menjadi kengerian yang lebih celaka.

4. Julia's Eyes (2011)

https://www.youtube.com/embed/Yz0SinLJN5s

Film ini mengisahkan seorang perempuan yang melakukan investigasi sendiri ketika suadara perempuannya mati bunuh diri. Dia tidak percaya dengan apa yang diungkap polisi, dan meyakini ada kekuatan supranatural jahat di balik kematiain saudarinya itu. Dalam upayanya itu, dia dihadapkan dengan berbagai makhluk mengerikan.

Yang membuat film ini semakin seram adalah teror psikologis yang ditampilkan, yang membuat jantung penonton berdegup kencang.

5. The Hidden Face (2011)

https://www.youtube.com/embed/hWq_1Pj0QDM

Film ini kisahkan seorang pria dan pacarnya yang pindah ke Columbia untuk pergi mencari rumah baru. Namun setelah mereka menemukan tempat yang sempurna, sang pacar tiba-tiba menghilang dan dia menjadi tersangka utama. Meskipun penyelidikan sedang berlangsung, hal-hal aneh justru mulai terjadi di sekitar rumah.

Hal ini pun menjadi teror-teror mengerikan yang kemudian menimpa dia dan pacar barunya di rumah tersebut. Penuh dengan jumped scare, setiap adegan di dalamnya bikin jantungmu berasa copot.

Itulah lima rekomendasi film horor asal Spanyol yang sangat mengerikan. Teror psikologis yang ditampikan di dalamnya dijamin bikin kamu susah tidur. Dengan ciri khasnya, horor asal Spanyol menampilkan plot cerita yang menarik, disajikan suasana mengerikan yang intens.

Baca Juga: 7 Film Horor Slow-Burning Terbaik yang akan Menghantuimu di Malam Hari

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya