Comscore Tracker

5 Film Horor Terseram Tahun 90an yang Mungkin Belum Pernah Kamu Tonton

Bikin susah tidur! #HypeIDN

Era 90an menjadi salah satu lahirnya banyak film horor ikonik. Sebut saja The Blair Witch Project, Scream, The Ring dan Candyman. Film-film tersebut bahkan menginspirasi lahirnya film horor dengan plot cerita sama di kemudian hari. Setiap tahunnya horor menjadi genre  yang paling produktif.

Dari sekian banyak di era 90an, lima film berikut ini mungkin tidak banyak perhatian penonton. Padahal pllot cerita yang disajikan tidak kalah berkualitas dan sangat mengerikan. Apa saja itu? Yuk disimak!

1. Cape Fear (1991)  

https://www.youtube.com/embed/xe9o_IwY3Fs

Meskipun film ini disutradarai oleh sang legenda, Martin Scorsese dan dibintangi oleh Robert DeNiro, namun banyak orang yang tidak populer dengan film ini. Film tersebut merupakan kolaborasi ketujuh dari duo sutradara-aktor besar itu.

Kisahnya mengikuti Sam Bowden, seorang pengacara yang, 14 tahun lalu, menahan bukti yang akan meringankan hukuman untuk kliennya, Max Cady (DeNiro). Itu ia lakukan karena menganggap kejahatan pemerkosaan Max terlalu keji dan tidak layak dihukum ringan. Kini, Max dibebaskan dan menginginkan balas dendam, sehingga dia tanpa henti memburu Sam dan keluarganya dengan cara yang kejam.

2. The Devil's Daughter (1991)

https://www.youtube.com/embed/72vy7PCFZi0

Film ini, juga dikenal sebagai The Sect (dari judul asli Italia, La Setta) ditulis oleh sutradara dan penulis skenario horor Italia yang terkenal, Dario Argento. Dalam film tersebut, serangkaian pembunuhan keji dilakukan di Frankfurt oleh sekte pemuja setan. Sementara itu, guru sekolah, Miriam hampir menabrak seorang lelaki tua dengan mobilnya dan mengundangnya untuk tinggal bersamanya, tanpa menyadari maksud sebenarnya.

Bukan kebetulan lelaki tua itu muncul dalam hidupnya, melainkan memiliki niat jahat, terkait masa depan sekte satanik yang lelaki itu puja.

Baca Juga: Tegang Abis, Ini 15 Rekomendasi Film Horor Korea

3. Mute Witness (1995)  

https://www.youtube.com/embed/NPhGrLV0XZ0

Film ini bercerita tentang seorang wanita bisu, Billy, penata rias efek khusus, yang sedang mengerjakan sebuah film di Moskow. Suatu malam, dia secara tidak sengaja terkunci di studio setelah berjam-jam dan menyaksikan syuting rahasia dari sebuah film porno anggaran rendah.

Pada awalnya, dia menganggapnya tidak berbahaya dan lucu, sampai keadaan berubah menjadi mengerikan. Ternyata yang dia saksikan adalah snuff film (film pembunuhan nyata).

4. The Ninth Gate (1999)  

https://www.youtube.com/embed/IKc1n-nIIx0

Film ini dibintangi oleh Johnny Depp yang berperan sebagai Dean Corso, seorang ahli dan dealer buku langka, yang tidak jarang melakukan hal licik dengan membeli buku antik dengan harga murah dan kemudian menjualnya kembali dengan keuntungan besar.

Dia kemudian dipekerjakan oleh Balkan, seorang kolektor kaya yang baru-baru ini memperoleh satu dari tiga salinan yang tersisa dari The Ninth Gate, sebuah buku dongeng yang menjadi alat untuk memanggil Setan dan mendapatkan keabadian. Balkan menyewa Corso untuk misi temukan sisa lainnya dan mengonfirmasi keasliannya, karena hanya yang asli yang dapat memanggil Iblis.

5. Audition (1999)  

https://www.youtube.com/embed/fX746b8pDVg

Pernahkah kamu melakukan blind date dan merasa khawatir tentang oranng asing yang akan kamu temui itu? Nah, film ini mengambil premis itu secara ekstrem. Disutradarai oleh Takashi Miike, seorang sutradara Jepang yang terkenal dengan film horor ekstrim, Ichi The Killer. 

Film ini menceritakan Shigeharu Aoyama, seorang duda, yang didorong oleh putranya untuk mulai berkencan lagi. Dengan bantuan temannya, seorang produser film, dia merencanakan sebuah “audisi,” di mana para wanita bersaing untuk menjadi istri Shigeheru. Ia pun langsung terpesona oleh Asami Yamazaki, yang menawan, tapi Shigeheru tidak tahu apa kegelapan yang ada di balik fisiknya yang cantik.. 

Lima film di  atas memberikan memang tidak sepopuler film horor lainnya di era 90an. Namun plot cerita yang disajikan tidak kalah mengerikan dan berkualitas, hingga akan membuat kamu susah tidur setelah menontonnya. Berani nonton?

Baca Juga: 5 Film Horor Bertema Penculikan yang Bikin Merinding, Sudah Nonton?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya