Comscore Tracker

5 Film Horor yang Digarap Sutradara Peraih Oscar, Wajib Nonton!

Dari tema Dracula hingga Zombie #HypeIDN

Meski menjadi salah satu genre tertua dalam sejarah film, film horor tetap tidak selalu dianggap serius. Terbukti juga dengan sedikitnya genre horor bisa berbicara di ajang penghargaan bergengsi seperti Oscar dan Golden Globe. Memang benar ada beberapa film horor yang hanya menonjolkan jump scare saja, tanpa plot cerita yang menarik, namun tidak sedikit juga yang berkualitas tinggi.

Terlepas dari pandangan yang salah kaprah tersebut, genre horor telah melahirkan beberapa film terbaik sepanjang masa dan telah dieksplorasi oleh beberapa pembuat film terhebat juga. Sutradara peraih Oscar ini memahami genre horor memiliki banyak ruang untuk mealhirkan film brilian yang tidak akan pernah dilupakan penonton. Ini ulasannya.

1. Dracula (1992) - Francis Ford Coppola  

https://www.youtube.com/embed/QMvD2Jlyy9U

Francis Ford Coppola merupakan sutradara legendaris di Hollywood, yang dikenal lewat trilogi fenomenal The Godfather. Ia dianugerahi Piala Oscar sebagai Sutradara Terbaik pada sekuel keduanya yang rilis pada 1975. Tidak biasanya, pada 1992 ia menyutradarai sebuah film horor berjudul Dracula yang didasarkan novel populer dengan judul yang sama karya Bram Stoker.

Film ini menggambarkan kehidupan vampire dengan cara yang berbeda dan unik. Mengisahkan Count Vampir(Gary Oldman) yang menjelajah Eropa Timur sampai Inggris demi mencari istrinya, Elisabeta yang ia yakini bereinkarnasi dalam diri seseorang bernama Mina Harker (Winona Ryder).

Padahal Elisabeta sendiri telah meninggal empat abad yang lalu. Sedangkan Mina Harker adalah sosok berbeda, yang merupakan tuangan dari Jonathan Harker (Keanu Reeves). Film ini sendiri cukup sukses dengan membawa pulang tiga Piala  Oscar.

2. The Frighteners (1996) - Peter Jackson  

https://www.youtube.com/embed/lKWiQLwr9Xs

Trilogi The Lord of the Rings menjadi salah satu franchise film terbesar dan terpopuler sepanjang masa dan mengubah sutradara Peter Jackson menjadi salah satu sutradara terbesar di dunia. Jackson akhirnya memenangkan Oscar untuk film terakhir trilogi tersebut, Return of the King.

Jauh sebelum itu, Jackson menyutradarai sebuah horor komedi yang sangat menghibur, The Frighteners. Mengisahkan seorang lelaki yang bisa berkomunikasi dengan hantu setelah mengalami kecelakaan. Ia justru menggunakan kemampuannya itu untuk menipu orang, hingga akhirnya ia terjebak dalam masalah ketika roh jahat mulai mengincar manusia.

3. What Lies Beneath (2000) - Robert Zemeckis  

https://www.youtube.com/embed/Vm4Fw2QElA4

Robert Zemeckis sebagian besar dikenal karena film dengan tema yang menyenangkan seperti Back to the Future dan Who Framed Roger Rabbit sebelum meraih Piala Oscar lewat drama komedi Forrest Gump. Bertahun-tahun kemudian, Zemeckis membuat keputusan mengejutkan dengan menyutradarai film horor What Lies Beneath.

Film horor yang intens dan menegangkan ini dibintangi oleh Michelle Pfeiffer dan Harrison Ford sebagai pasangan suami istri yang baru saja pindah ke rumah danau. Namun di rumah barunya itu sang istri mulai mengalami kejadian-kejadian aneh dan teror mengerikan, hingga dia kehilangan akal sehatnya.

Baca Juga: 6 Film Horor Remaja Adaptasi Novel RL Stine Ini Bikin Penasaran

4. The Devil's Backbone (2001) - Guillermo Del Toro  

https://www.youtube.com/embed/Qj_QUV8HZp4

Guillermo Del Toro  dikenal sebagai seorang penulis skenario dan salah satu sutradara papan atas Hollywood. Karya-karyanya sendiri cukup variatif, namun Del Toro dikenal lewat film-film fantasinya seperti The Hobbit, Pacific Rim dan Hellboy. Pada 2018 lalu ia dianugerahi sebagai Sutradara Terbaik Oscar dan Golden Globe lewat film fantasi, Shape of Water. 

Jauh sebelum itu semua, Del Toro sempat membesut film horor, The Devil's Backbone. Film berbahasa Spanyol itu mengikuti kisah seorang anak, Carlos, yang harus tinggal di panti asuhan setelah kedua orang tuanya meninggal dunia. Mengerikannya, panti asuhan tersebut berhantu dan dipenuhi dengan berbagai rahasia yang kelam..

5. 28 Days Later (2002) - Danny Boyle  

https://www.youtube.com/embed/c7ynwAgQlDQ

Danny Boyle telah membuktikan dirinya sebagai sutradara berbakat dan serba bisa pada saat ia memenangkan Oscar untuk menyutradarai drama Slumdog Millionaire. Tapi karyanya yang paling populer tetaplah film horor 28 Days Later.

Dalam film ini Cillian Murphy berperan sebagai seorang pria yang terbangun dari koma, dan menemukan London telah ditinggalkan dan sebagian besar penduduk terinfeksi virus yang mengubah mereka menjadi zombie.Film ini adalah genre zombie yang energik, intens dan sangat menegangkan, bahkan menjadi inspirasi lahirnya tema zombie di kemudian hari.

Penghargaan Oscar yang diterima para sutradara di atas memang berbanding lurus dengan karya yang mereka lahirkan. Lewat racikan tangan mereka, film-film horor tersebut tampil berbeda, berkualitas dan sangat menegangkan. Apakah kamu sudah menonton semuanya?

Baca Juga: Bikin Jantung Copot, 5 Film Horor Terseram Ini Dibintangi Aktor MCU

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya