Comscore Tracker

5 Film Inspiratif tentang Usaha Melawan Perusakan Lingkungan Hidup

Ada yang berdasarkan kisah nyata #IDNTimesHype

Dari Armageddon hingga The Towering Inferno, Hollywood tampaknya memiliki obsesi dengan film bertema bencana alam. Tema ini menarik karena sangat relate dan terinspirasi dari kisah nyata bencana yang menghancurkan. Namun bencana alam terkadang tersembunyi di lingkungan terdekat kita oleh keserakahan beberapa orang demi mengeruk untung.

Hal ini pun menjadi perjuangan tersendiri bagi para pejuang linngkungan hidup demi bumi yang lebih baik. nah, berikut ini adalah 5 film tentang usaha mereka melawan perusakan lingkungan hidup yang dilakukan oleh perusahaan raksasa.

1. Erin Brockovich  

https://www.youtube.com/embed/jjqUUxIy_yk

Julia Roberts memenangkan Oscar untuk penampilannya sebagai karakter kehidupan nyata Erin Brockovich. Brockovich adalah seorang ibu tunggal yang bekerja di sebuah firma hukum dan membeberkan kasus perusakan alam oleh Pacific Gas and Electric Company (PG & E), yang telah mencemari sumber air masyarakat, menyebabkan banyak penduduknya mengalami masalah kesehatan yang parah.

Karena perjuangan Brockovich, PG & E membayar ganti rugi yang sangat besar kepada para korban. Tidak hanya Julia Roberts memenangkan Aktris Terbaik, tetapi film ini juga dinominasikan Oscar untuk Film Terbaik, Sutradara, dan Skenario. Secara keseluruhan, Erin Brockovich memamerkan bagaimana sebuah film dapat memiliki pesan penting sekaligus sangat menghibur pada saat yang sama

2. Silkwood  

https://www.youtube.com/embed/iNyrSR5JGh8

Meryl Streep membintangi Silkwood, yang kisahkan Karen Silkwood, seorang ibu dan pekerja fasilitas nuklir yang akhirnya menjadi pelapor tentang kondisi perusahaan yang tidak aman terkait pekerja dan radiasi mereka. Pada akhirnya, perjuangannya melawan perusahaan tersebut menyebabkan kematian misteriusnya.

Ditulis oleh Nora Ephron dan disutradarai oleh Mike Nichols, Silkwood dipuji oleh para kritikus karena filmnya yang mengharukan dan kuat. 

3. Promised Land  

https://www.youtube.com/embed/AHQt1NAkhIo

Ditulis dan dibintangi oleh Matt Damon dan John Krasinski serta disutradarai oleh Gus Van Sant, Promised Land membahas subjek kontroversial fracking. Matt Damon berperan sebagai pria yang ditugasi membujuk pemilik tanah di kota pertanian Pennsylvania untuk memberi perusahaannya hak mengebor gas alam di tanah mereka. Namun, hatinya berubah setelah dibujuk oleh para pemimpin kampanye akar rumput yang ladangnya hilang karena efek fracking.

Film ini menimbulkan banyak kontroversi di antara pendukung pro-fracking dan orang-orang di industri perminyakan, dengan banyak yang mengkritiknya. 

Baca Juga: Sundance Film Festival, Ini 4 Film yang Raih Banyak Penghargaan

4. The China Syndrome  

https://www.youtube.com/embed/bIGH1AfIS18

The China Syndrome, yang mengacu pada komponen reaktor nuklir yang melebur ke bumi, adalah kisah seorang reporter berita (Jane Fonda) dan juru kameranya (Michael Douglas) yang menyaksikan dan memfilmkan ledakan nuklir di dekat pembangkit listrik. Namun, atasan mereka menolak untuk merilis laporan jurnalistik tersebut.

Meereka pun kemudian bergabung dengan pengawas pabrik untuk mengungkap insiden tersebut sebelum bencana nuklir benar-benar terjadi.

5. Dark Waters  

https://www.youtube.com/embed/RvAOuhyunhY

Berdasarkan kisah nyata, Mark Ruffalo berperan sebagai pengacara perusahaan yang mengnungkap kasus pencemaran alam melawan perusahaan kimia DuPont karena mencemari air di kota Ohio. Film ini sangat efektif dalam menunjukkan penyimpangan DuPont sehingga, setelah tahun yang sulit bagi perusahaan, harga saham mereka turun lebih jauh setelah film dirilis.

Disutradarai oleh pembuat film terkenal Todd Haynes, Dark Waters juga dibintangi oleh Anne Hathaway dan Tim Robbins. Para kritikus memujinya sebagai pandangan yang tragis tetapi mendebarkan pada efek penyimpangan perusahaan dan sebagai kemenangan bagi para korban.

Isu lingkungan hidup saat ini menjadi salah satu masalah yang harus paling diperhatikan siapapun di dunia ini. Apalagi sudah terbukti banyaknya kerusakan alam yang diciptakan oleh manusia atas demi kemajuan industri. Meski demikian, masih ada saja korporasi yang bermain nakal dan itu kurang lebih tergambarkan dalam deretan film di atas.

Baca Juga: Ada The Raid, 6 Film Indonesia Ini Tayang di Sundance Film Festival

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya