Comscore Tracker

5 Film Klasik tentang Serial Killer yang Bikin Merinding

Banyak yang terinspirasi dari kisah nyata #IDNTimesHype

Dunia kriminal merupakan tema yang paling sering diangkat ke layar lebar sejak industri perfilman dimulai. Tidak hanya memberikan kengerian yang intens, tema kriminal menarik karena kandungan filmnya yang realistis. Salah satu subtema kriminal yang paling digandrungi adalah pembunuh berantai.

Bahkan banyak film tentang pembunuh berantai terinspirasi dari kisah kriminal di dunia nyata. Salah satunya Tedd Bundy hingga pasangan Bonnie dan Clyde. Nah, berikut ini adalah 5 film klasik bertema pembunuh berantai yang gak kalah seru dan menegangkan dari film bertema kriminal modern.

1. M (1931)  

https://www.youtube.com/embed/nsVproWjN6c

Film ini dibintangi Peter Lorre sebagai Lorre Hans Beckert, seorang buronan pembunuh anak dalam karya berbahasa Jerman garapan Fritz Lang. Karena semakin banyak anak hilang di Berlin, penjahat bawah tanah dan warga lokal bersatu setelah polisi tidak dapat menangkap pelakunya.

Ketika Lorre Hans Beckert menjadi tersangka utama, warga melacak pergerakannya dengan menggambar huruf "M" sebagai "pembunuh" di punggungnya dengan kapur. Tegang dan inovatif, pengaruh M terbukti dalam semua drama kriminal yang kemudian mengikutinya.

2. Arsenic And Old Lace (1944)  

https://www.youtube.com/embed/GCWBDwkhGN0

Arsenik dan Old Lace adalah film yang menantang pada masanya. Cary Grant berperan sebagai Mortimer Brewster, seorang penulis yang menemukan bahwa bibinya adalah seorang pembunuh berantai.

Berdasarkan drama Joseph Kesselring tahun 1941 dengan judul yang sama, film ini menggabungkan komedi gelap, mengerikan, dan kritik tentang peran gender dalam cara yang menghibur. 

3. The Night Of The Hunter (1955)  

https://www.youtube.com/embed/Y8dX6ZKJe2o

Satu-satunya film yang disutradarai oleh aktor Inggris Charles Laughton, The Night of the Hunter bukanlah kisah pembunuh berantai pada umumnya. Film surealistik seperti mimpi, dibintangi Robert Mitchum sebagai Pendeta Harry Powell, seorang pengkhotbah oportunistik yang menargetkan orang demi uang.

Karakter Pendeta Harry Powell mengejar seorang janda dan kedua anaknya dalam film tersebut, tetapi anak-anak itu ternyata lebih bertekad untuk hidup daripada yang diharapkan Powell. 

Baca Juga: 7 Serial Sitkom Populer yang Muncul di WandaVision, Sadar Gak?

4. Henry: Portrait Of A Serial Killer (1986)  

https://www.youtube.com/embed/IU3P6WXzvXU

Sebuah film psikologis mendalam dan meresahkan, Henry: Portrait of a Serial Killer adalah gambaran mengerikan yang dilakukan oleh Henry Lee Lucas dan Ottis Toole. Kedua pria tersebut mengklaim telah membunuh puluhan orang antara tahun 60-an dan awal 80-an. Michael Rooker berperan sebagai Henry, sementara Tom Towles berperan sebagai Toole.

Dibuat hanya dengan biaya 110 ribu dolar, film independen ini menerima kritikan yang memuaskan dan populer pada masanya. Film ini begitu gelap dan menampilkan adegan kekerasan yang mungkin akan membuatmu merinding.

5. Badlands (1973)  

https://www.youtube.com/embed/eITb-5R76TU

Mengikuti jejak pasangan kriminal populer Bonnie dan Clyde, Charles Starkweather dan pacarnya Caril Ann Fugate memberanikan diri melakukan aksi kriminal yang penuh pembunuhan hingga 1958 di South Dakota, Montana, dan Kanada. Badlands adalah penceritaan ulang fiksi dari cerita ini, dan dibintangi oleh Martin Sheen dan Sissy Spacek muda.

Film ini adalah karya debut sutradara Terrence Malick, film ini berfokus pada dua karakter yang beralih ke dunia penuh kekerasan ketika lingkungan di sekitar mereka mulai terlalu sulit. Berlatar belakang lanskap Dakota yang dramatis, film ini mengontraskan keindahan alam yang liris dengan kecenderungan manusia untuk menumpahkan darah.

Itulah 5 film klasik tentang pembunuh berantai yang penuh dengan ketegangan. Meski jadul dan bergaya hitam putih, deretan film di atas memberikan kesan yang lebih intens dan pengalaman menonton yang berbeda. Jika kamu pecinta film thriller bertema dunia krimina, jangan lewatkan 5 film ini.

Baca Juga: 7 Film Serial Killer Tahun 80-an Ini Bikin Susah Tidur, Berani Nonton?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya