Comscore Tracker

7 Film Original Netflix dengan Budget Paling Mahal Sepanjang Sejarah

Sudah nonton semuanya?

Netflix telah menempuh perjalanan panjang dari zamannya sebagai perusahaan pengiriman surat DVD, dan sekarang menjadi layanan streaming paling terkenal secara internasional, Netflix menghabiskan sebagian besar tahun 2010-an mengembangkan jangkauan produksinya sendiri. Hasilnya ditampilkan di situs web dan aplikasinya, dari serial original, dokumenter hingga film.

Ketika berurusan dengan film originalnya, Netflix tidak takut menghabiskan banyak uang demi menghadirkan film berkualitas tinggi. Dari sekian banyak film yang telah lahir, berikut ini merupakan tujuh film original Netflix dengan budget paling tinggi sepanjang sejarah perusahaan.

1. The Ridiculous 6 (2015): 60 juta dolar

https://www.youtube.com/embed/qUp7Qgimn38

Adam Sandler berakting bersama Terry Crews, Taylor Lautner, Rob Schneider, dan Luke Wilson dalam film ini, yang menceritakan kisah enam pria yang mengetahui fakta mengejutkan bahwa mereka adalah saudara dari seorang ayah kriminal. Setelah tidak ada studio film besar yang mengambil proyek tersebut, Netflix menghabiskan 60 juta dolar untuk membuat The Ridiculous 6.

2. Project Power (2020): 85 juta dolar

https://www.youtube.com/embed/xw1vQgVaYNQ

Jamie Foxx bekerja sama dengan Joseph Gordon Levitt dan Dominique Fishback dalam genre superhero gelap Project Power. Berlatar di New Orleans masa depan, ketiganya berperan sebagai seorang tentara, polisi, dan pengedar narkoba (masing-masing) yang bersatu untuk membersihkan jalanan dari obat yang memberi penggunanya kekuatan super selama lima menit.

Naskah untuk film tersebut mengalami perang penawaran yang dimenangkan Netflix seharga 85 juta dolar. Film ini adalah salah satu film yang paling banyak diputar di Netflix selama beberapa minggu pertama penayangannya.

3. Bright (2017): 90 juta dolar

https://www.youtube.com/embed/6EZCBSsBxko

Meskipun para kritikus mengecam Bright ketika Netflix merilisnya, karena tema rasial, ia telah mengembangkan kisah pengikut sekte yang unik dan dibintangi Will Smith. Joel Edgerton berperan bersama Smith sebagai orc, mirip dengan goblin; dua polisi di Los Angeles yang melawan korupsi dalam realitas alternatif di mana manusia dan makhluk gaib hidup berdampingan.

Anggaran Bright sebesar 90 juta dolar memberikan Netflix pendapatan yang mengesankan, dan  menjadi salah satu yang paling banyak diputar. Tiga hari awal penayangannya, film ini ditonton sebanyak 11 juta kali.

4. Triple Frontier (2019): 115 juta dolar

https://www.youtube.com/embed/Fo3yRLLrXQA

Ben Affleck memimpin film perampokan penuh aksi ini tentang sekelompok tentara yang berencana merampok seorang gembong narkoba Amerika Selatan. Oscar Isaac, Charlie Hunnam, Garrett Hedlund, dan Pedro Pascal mmenjdi pemeran pendukung, semuanya anggota Angkatan Darat AS Delta Force.

Netflix mengeluarkan banyak uang untuk Triple Frontier, sebagian besar berkat pemeran A-list-nya. Tidak hanya diterima dengan baik oleh para kritikus; telah diputar lebih dari 63 juta kali, menjadikannya salah satu film yang paling banyak ditonton.

Baca Juga: 5 Film Original Netflix Seru Bergenre Thriller yang Bikin Mindblowing

5. Outlaw King (2018): 120 juta dolar

https://www.youtube.com/embed/Q-G1BME8FKw

Drama perang Abad Pertengahan yang berdarah dan gelap, Outlaw King adalah kisah epik ambisius dari David Mackenzie yang mengingatkan kembali pada Braveheart. Film berdurasi dua jam ini dibintangi oleh Chris Pine sebagai raja Skotlandia abad ke-14 yang melancarkan perang gerilya melawan pemerintahan Raja Edward I.

Karakter Pine, Robert the Bruce, adalah raja di kehidupan nyata yang dikenang dalam sejarah sebagai pejuang yang ganas. Tercatat karena efek visualnya yang gila, tidak heran Outlaw King menelan biaya 120 juta dolar.

6. 6 Underground (2019): 150 juta dolar

https://www.youtube.com/embed/YLE85olJjp8

Dua nama besar dalam film ini menjelaskan mengapa 6 Underground menghabiskan begitu banyak uang: Ryan Reynolds dan sang sutradara Michael Bay. Film aksi beranggaran besar ini dibintangi Reynolds sebagai mantan miliarder teknologi yang memalsukan kematiannya sendiri untuk menjatuhkan seorang diktator yang mengerikan di Asia.

Reynolds berperan sebagai One, sosok yang  mengumpulkan sekelompok pembunuh internasional untuk menyelesaikan misi tersebut. Film ini menghabiskan budget 150 juta dolar.

7. The Irishman (2019): 160 juta dolar

https://www.youtube.com/embed/RS3aHkkfuEI

Setelah upaya bertahun-tahun terhenti, Netflix mendanai film penuh aktor legendaris ini, yang didasarkan pada buku nonfiksi tahun 2004 I Heard You Paint Houses oleh Charles Brandt. Disutradari oleh nama besar Martin Scorsese dan dibintangi Al Pacino, Robert De Niro, dan Joe Pesci, film ini menjadi original Netflix dengan budget tertinggi saat ini dengan menghabiskan dana 160 juta dolar.

Film gangster yang kisahnya berlangsung selama puluhan tahun melibatkan penggunaan efek khusus yang canggih untuk menceritakan kisah Teamster Jimmy Hoffa (Pacino) dan berbagai kroninya. Netflix awalnya menyerahkan 100 juta dolar untuk film tersebut, tetapi anggaran dengan cepat melonjak menjadi 160 juta dolar.

Deretan film di atas memang menghabiskan budget yang sangat luar biasa. Namun itu sangat sepadan dengan kualitas film yang sangat luar biasa. Apalagi film-film tersebut juga dibintangi oleh deretan aktor besar. Sudah nonton semua?

Baca Juga: 9 Drama Korea di Netflix Paling Laris Sepanjang Tahun 2020

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya