Comscore Tracker

5 Film Tentang Investigasi Jurnalistik yang Menggemparkan Dunia

Selain Spotlight, yang sukses besar

Dunia jurnalistik merupakan tonggak informasi yang menjadi acuan bagi masyarakat dalam memahami apa sebenarnya yang sedang terjadi di dunia. Tidak hanya mengungkap fakta dan data, jurnalistik juga berperan penting dalam sejarah sebuah negara, bahkan dunia. Lewat peran mereka, berbagai misteri kejahatan hingga konspirasi pemerintah mampu diungkap.

Dalam sejarahnya, telah banyak misteri yang mampu mereka pecahkan. Spotlight menjadi salah satu film, yang memberikan gambaran bagaimana para jurnalis bekerja untuk mencari kebenaran, meskipun diliputi berbagai ancaman dan bahaya. Berikut ini lima film lainnya tentang investigasi jurnalistik yang mampu menggemparkan dunia.

1. State Of Play (2009) - 7,1

https://www.youtube.com/embed/6KU0Vu991XE

Film ini dibintangi oleh Ben Affleck, yang  berperan sebagai anggota kongres yang sedang naik daun, Stephen Collins, dan terlibat dalam perselingkuhan dengan asistennya. Hal ini kemudian diketahui publik ketika sang selingkuhan meninggal secara misterius.

Demi mengungkap kasus tersebut, Collins meminta bantuan seorang temannya, yang merupakan reporter (Russell Crowe). Ia pun mulai menggali lebih dalam tentang kasus kematian itu dan menemukan bahwa ada banyak misteri dan konspirasi di dalamnya.

2. The Insider (1999) - 7,8  

https://www.youtube.com/embed/5rkvxi5hdbA

The Insider karya Michael Mann adalah film jurnalisme investigasi berdasarkan kisah nyata, yang berfokus pada perjuangan seorang whistleblower mengungkapkan kebenaran untuk masyarakat. Russell Crowe berperan sebagai ahli kimia riset yang memutuskan untuk mengungkapkan kebenaran tentang kelicikan yang dilakukan perusahaan rokok AS, Big Tobacco, lewat sebuah acara TV investigasi berjudul 60 Minutes .

Kisah yang mendebarkan ini juga dibintangi oleh Al Pacino, yang berperan sebagai produser acara tersebut, Lowell Bergman. Ini adalah drama yang kuat dan intens tentang kekuatan speak the truth.

Baca Juga: 8 Film Tentang Media Sosial yang Bikin Menguras Emosi, Capek Beb!

3. Good Night, And Good Luck (2005) - 7,4

https://www.youtube.com/embed/Pv4s0wdDOK0

Dibawakan dengan gaya hitam putih dengan setting waktu jadul, film ini berfokus pada bagaimana media melewati masa-masa sulit ketika berusaha menghindari serangan publik karena mengangkat cerita-cerita tertentu yang cukup sentimentil dan kontroversial. Lewat film ini kita digambarkan bagaimana para jurnalis berjalan di garis tipis antara mengungkap kebenaran dan tidak ingin mendapatkan masalah. 

Film ini disutradarai dan dibintangi oleh George Clooney, yang beradu peran dengan David Strathairn, Patricia Clarkson dan Robert Downey Jr.

4. All The President's Men (1976) - 8,0

https://www.youtube.com/embed/DC3YFyah_Yg

Film ini merupakan gambaran bagaimana peran pers mampu mengungkap sebuah skandal besar pemerintah. Dibintangi oleh Robert Redford dan Dustin Hoffman, yang berperan sebagai jurnalis The Washington Post, sebagai Bob Woodward dan Carl Bernstein. Bersama-sama, keduanya melakukan investigasi jurnalistik atas skandal Watergate, yang kemudian menjatuhkan Presiden Richard Nixon.

Film ini sendiri sukses besar dengan membawa pulang empat Piala OScar.

5. The Post (2017) - 7,2

https://www.youtube.com/embed/nrXlY6gzTTM

Ini merupakan film dengan kualitas tinggi. Tidak hanya plot cerita yang sangat luar biasa, tetapi juga digarap nama-nama besar seperti Meryl Streep, Tom Hanks dan sutradara Steven Spielberg. Diangkat dari kisah nyata dengan setting waktu 1970an, film ini membahas keputusan majalah Washington Post untuk menerbitkan Pentagon Papers, sebuah dokumen sangat rahasia yang mengungkapkan rahasia pemerintah Amerika Serikat yang mengejutkan di balik Perang Vietnam.

Meryl Streep berperan sebagai Kay Graham, publisher wanita pertama koran sementara Hanks sebagai editor legendaris Ben Bradlee. Ini adalah film yang kompleks dan sangat menarik, yang menggambarkan hubungan antara pemerintah dan pers.

Itulah lima film bertema investigasi jurnalistik dengan plot cerita yang bikin menohok. Lewat deretan dilm di atas, kita mampu menyaksikan bagaimana cara kerja para jurnalis dalam mengungkap sebuah kasus besar kepada masyarakat. Apakah kamu tertarik menjadi bagian dari dunia jurnalistik?

Baca Juga: Sama Kerennya! 5 Film Bollywood Terbaru yang Diadaptasi dari Hollywood

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya