Comscore Tracker

5 Film Terbaik Garapan Cameron Crowe yang Bikin Hidup Lebih Semangat

Dibintangi deretan aktor papan atas #IDNTimesHype

Cameron Crowe telah menjadi salah satu pembuat film paling dihormati di Hollywood selama tiga dekade terakhir. Setelah terkenal sebagai penulis skenario di balik film komedi remaja klasik era 80-an Fast Times di Ridgemont High, Crowe membuktikan ketajaman penyutradaraannya pada akhir dekade dengan debutnya sebagai sutradara, Say Anything.

Setelah mencetak beberapa hits lagi di tahun 1990-an, Crowe memenangkan Academy Award untuk Skenario Asli Terbaik untuk drama semi-otobiografinya tahun 2000 Almost Famous. Berikut ini adalah 5 film terbaik garapan sang sutradara yang penuh dengan inspirasi.

1. We Bought A Zoo (2011)  

https://www.youtube.com/embed/Fopeq7wx4sw

We Bought a Zoo adalah sebuah cerita yang diadaptasi dari buku otobiografi Benjamin Mee dengan judul yang sama. Matt Damon berperan sebagai Mee, seorang ayah di California Selatan yang memutuskan untuk merenovasi kebun binatang dengan kedua anaknya. Putrinya Rosie (Maggie Elizabeth Jones) sangat gembira atas prospek tersebut, tetapi putranya Dylan (Colin Ford) tidak.

Benjamin mempekerjakan Kelly (Scarlett Johansson) untuk membantu merenovasi dan menjalankan kebun binatang, yang pada akhirnya membuat keluarga lebih dekat dari sebelumnya.

2. Almost Famous (2000) 

https://www.youtube.com/embed/aQXh_AaJXaM

Dalam hal penghargaan, Almost Famous adalah pencapaian puncak Crowe. Film ini memberi Crowe Academy Award untuk Skenario Terbaik. Film semi-otobiografi ini mengikuti kisah William Miller (Patrick Fugit), seorang siswa sekolah menengah yang diberi kesempatan untuk menulis profil band untuk majalah Rolling Stone. Miller memulai perjalanan dengan band rock fiksi tahun 70-an Stillwater, mempelajari trik-trik perdagangan di sepanjang jalan. Ketika William jatuh cinta pada "band aid" Penny Lane (Kate Hudson), pandangannya tentang kehidupan berubah selamanya.

3. Jerry Maguire (1996) 

https://www.youtube.com/embed/7gZcQ6ddJF0

Crowe mendapatkan penghargaan Oscar pertama dalam karirnya untuk memproduksi dan menulis Jerry Maguire, sebuah komedi romantis yang emosional yang dinominasikan untuk Film Terbaik pada tahun 1997. Cuba Gooding Jr. dinobatkan sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk perannya dalam film tersebut.

Jerry Maguire (Tom Cruise) adalah agen olahraga yang kariernya sedang di ujung tanduk. Berjuang untuk mencari klien baru, Maguire memulai agensinya sendiri dengan mantan rekannya, Dorothy (Renee Zellweger). Ketika Maguire mulai menghabiskan lebih banyak waktu dengan Dorothy dan putranya Ray (Jonathan Lipnicki), dia menyadari ada lebih banyak kehidupan yang dia rasakan daripada hanya pekerjaannya.

Baca Juga: Sundance Film Festival, Ini 4 Film yang Raih Banyak Penghargaan

4. Singles (1992) 

https://www.youtube.com/embed/b4tQFsPTGXI

Berlatar di Seattle, film ini mengikuti sekumpulan remaja berusia dua puluhan yang kesepian yang tinggal di kompleks apartemen yang sama saat mereka berjuang untuk membentuk komitmen percintaan masing-masing.

Dibintangi oleh Matt Dillon, Bridget Fonda, Kyra Sedgwick, dan Bill Pullman, Singles dipuji karena penggambaran otentik dari waktu dan tempat yang sangat spesifik — yaitu adegan grunge Seattle yang diperkuat melalui soundtrack yang menampilkan Pearl Jam, Soundgarden, Alice in Chains.

5. Say Anything... (1989) 

https://www.youtube.com/embed/Se_eSeEAoX0

Menurut Rotten Tomatoes, film pertama Crowe sebagai sutradara masih menjadi yang terbaik. Say Anything menampilkan John Cusack sebagai siswa sekolah menengah yang penuh cinta bernama Lloyd Dobler, seorang pria biasa yang mendapat kesempatan untuk berkencan dengan gadis terpintar di sekolah.

Ketika Lloyd memberanikan diri untuk mengajak Diane Court (Ione Skye) berkencan, dia terkejut dengan penerimaannya. Mereka perlahan-lahan menjalin ikatan romantis, yang terancam oleh perjalanan panjang skolastik Diane ke luar negeri. Saat Lloyd mencoba memenangkan hati ayah Diane yang terlalu protektif, Diane harus memutuskan apa yang sebenarnya dia inginkan dalam hidup.

Itulah 5 film garapan sutradara top Cameron Crowe yang penuh dengan inspirasi. Dibalut dengan plot cerita yang dramatis dan menyentuh, serta dibintangi deretan aktor papan atas Hollywood menjadikan 5 film di atas kudu masuk masuk dalam daftar nontonmu. Dijamin bikin haru dan niilai kehidupan.

Baca Juga: 9 Fakta Mengejutkan di Balik Film-film Ikonik Stanley Kubrick

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya