Comscore Tracker

Aktor Karismatik, 5 Film Terbaik Gary Oldman Satu Dekade Terakhir

Mendapatkan penghargaan Oscar, lho! #IDNTimesHype

Aktor Inggris Gary Oldman telah muncul sejak 1980-an, memulai kariernya di film indie edgy dan komedi gelap. Sekarang dianggap sebagai salah satu aktor karakter paling produktif, beragam, dan berbakat sepanjang masa. Berbagai karakter ikonis pernah ia mainkan, Sirius Black dalam Harry Potter dan detektif Gordon dalam film trilogi Batman.

Meski usianya semakin senja, kualitas akting Gary Oldman semakin memukau dengan karisma yang dimiliki. Itu semua tercermin dalam lima film terbaiknya dalam satu dekade terakhir ini. Yuk disimak!

1. Child 44 (2015) - 6.5  

https://www.youtube.com/embed/Uia6y9SRsj4

Meski berlatar di Uni Soviet, Child 44 tidak memiliki aktor Rusia di deretan pemeran utamanya. Meski begitu, para pemeran film thriller pembunuh berantai ini dibintangi beberapa talenta terbaik Hollywood, termasuk Tom Hardy, Noomi Rapace, Paddy Considine, dan tentu saja Gary Oldman.

Dilabeli sebagai box-office, film ini berfokus pada serangkaian pembunuhan anak-anak yang didasarkan pada kisah kehidupan nyata pembunuh asal Soviet, Andrei Chikatilo. Oldman berperan sebagai Jenderal Mikhail Nesterov, seorang komandan yang mengawasi penyelidikan.

2. Mank (2020) - 7.2  

https://www.youtube.com/embed/aSfX-nrg-lI

Oldman menerima pujian lewat  karyanya memainkan karakter tituler Mank, sebuah film biografi tentang kehidupan penulis skenario Herman J. Mankiewicz. Film hitam-putih karya sutradara David Fincher ini mengikuti kisah Mank ketika mengembangankan skenario untuk film klasik Citizen Kane - yang dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

Mank adalah seorang yang sinis dan alkoholik dan membenci Hollywood tetapi mengandalkannya untuk sukses. Film ini dipuji karena sinematografi, akting, dan desain produksinya.

3. Lawless (2012) - 7.3  

https://www.youtube.com/embed/4Zl7S1LaPMU

Film ini disutradarai oleh John Hillcoat, sutradara Australia yang terkenal dengan gaya Westernnya yang keras. Film ini merupakan drama kriminal yang mengikuti sebuah keluarga pembuat minuman keras di Virginia yang menjadi sasaran polisi, pesaingnya, dan mafia.

Tom Hardy, Shia LaBeouf, dan Jason Clarke berperan sebagai anggota keluarga Bondurant, yang beralih ke bootlegging untuk bertahan dari kejatuhan ketika masa Depresi Hebat. Gery Oldman berperan sebagai gangster terkenal, Floyd Banner.

Baca Juga: 5 Film Gary Oldman Wajib Kamu Tonton Selain The Courier, Rating Tinggi

4. Darkest Hour (2017) - 7.4  

https://www.youtube.com/embed/LtJ60u7SUSw

Dalam film ini Gary Oldman berperan sebagai Winston Churchill dan tampil sangat luar biasa. Oldman bahkan mendapatkan Piala Oscar sebagai Aktor Utama Terbaik. Film ini sendiri menelusuri hari-hari awal kampanye pertama Churchill sebagai Perdana Menteri Inggris pada 1940.

Waktu itu Perang sedang berkecamuk di Eropa, di mana pasukan Jerman mulai menyerang Eropa Barat, menandakan dimulainya Perang Dunia II. Dengan ancaman Nazi menjadi yang nyata berbahaya, Churchill terpaksa membuat beberapa keputusan yang tidak populer untuk menyelamatkan Inggris.

5. Dawn Of The Planet Of The Apes (2014) - 7.6  

https://www.youtube.com/embed/eq1sTNGDXo0

Ini merupakan sekuel dari Rise of the Planet of the Apes yang rilis pada tahun 2011. Dalam film ini Caesar sang simpanse cerdas memimpin evolusi secara genetika kaumnya dan memiliki negaranya sendiri. Namun hal itu kemudian terancam dengan kehadiran manusia, yang berhasil bertahan dari virus sedekade sebelumnya.

Oldman berperan sebagai Dreyfus, yang memimpin sisa manusia yang selamat tersebut. Film ini pun dibintangi Jason Clarke, yang berperan sebagai pemimpin kelompok manusia  yang membentuk ikatan dengan Caesar.

Itulah lima film terbaik Gary Oldman dalam satu dekade terakhir. Lewat peran-peran ikonisnya, dia telah menahbiskan dirinya sebagai salah satu aktor legendaris di Hollywood. Dia juga membuktikan dirinya sebagai aktor serba bisa dengan tampil dalam berbagai genre film.

Baca Juga: 7 Aktor dan Aktris Berdarah Asia yang Terkenal di Hollywood

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya