Comscore Tracker

5 Film Terbaik Jim Carrey Era 90an Ini Layak Ditonton Ulang, Nostalgia

Anak 90an mari merapat! #HypeIDN

Jim Carrey merupakan aktor Hollywood yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta film komedi. Tingkah kocak dan mimik wajahnya yang unik menjadi ciri khas dalam setiap film yang ia bintangi. Sebelum terjun ke dunia layar lebar, Jim Carrey memulai kariernya sebagai seorang komika populer.

Tidak mengherankan jika itu berpengaruh besar dalam karier perfilmannya yang dipenuhi genre komedi. Aktor berdarah Kanada tersebut pertama kali membintangi film pada tahun 1983 lewat All in Good Taste. Kariernya semakin cemerlang di era 90an lewat beberapa film  komedi yang sukses besar. Untuk kalian yang lahir di era 90an mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa filmnya yang ikonik. Untuk nostalgia, berikut ini lima  film terbaiknya di era 90an yang layak kamu tonton ulang.

1. The Truman Show (1998) - 8,1

https://www.youtube.com/embed/dlnmQbPGuls

Film drama komedi ini memiliki plot cerita yang unik namun inspiratif. Mengisahkan seorang pegawai asuransi baik hati dan terorganisir bernama Truman Burbank. Dia hidup di dalam sebuah lingkungan yang tampaknya sempurna. Namun nyatanya itu semua adalah settingan belaka, di mana seluruh hidupnya selama ini dijadikan sebuah reality show oleh seorang Produser TV.

Film ini cukup sukses dengan masuk dalam tiga nominasi Oscar, sementara di ajang Golden Globe Jim Carrey dianugerahi Aktor Terbaik.

2. Man On The Moon (1999) - 7,4

https://www.youtube.com/embed/pCcQB-iT7LY

Ini merupakan film komedi biopik tentang kehidupan seorang komedian eksentrik legendaris era 80an bernama Andy Kaufman, yang diperankan oleh Jim Carrey. Mendiang Andy Kauffman sendiri memiliki jalan hidup dan karier yang berliku, unik dan kontroversial. Kariernya sendiri berawal lewat sebuah sitkom berjudul Taxi (1978-1983).

Dari deretan tingkahnya yang cukup kontroversial adalah pernah ia menghina perempuan dengan mengajak mereka bergulat. Tidak hanya itu ia pun mengajak raja gulat waktu itu Jerry “The King” Lawler untuk adu tarung. Hasilnya ia mengalami patah leher dalam pertandingan itu.

Untuk memerankan sosok tersebut Jim Carrey sangat bekerja keras, bahkan kisahnya menjadi sebuah dokumenter Netflix pada 2017 lalu dengan judul Jim & Andy: The Great Beyond.

3. Dumb And Dumber (1994) - 7,3

https://www.youtube.com/embed/l13yPhimE3o

Bersama The Mask, film ini menjadi komedi paling populer di tahun 90an. Menceritakan Harry dan Lloyd sebagai dua teman baik yang kebetulan sangat bodoh. Keduanya berangkat dalam sebuah perjalanan lintas negara dari Providence ke Aspen, Colorado untuk mengembalikan tas kerja berisi uang, yang tertinggal, kepada pemiliknya yang sah, seorang wanita cantik bernama Mary Swanson.

Uniknya, perjalanan tersebut berubah menjadi sebuah petualangan yang dipenuhi tingkah konyol keduanya.

Baca Juga: 9 Film Terbaik dari Jim Carrey, Siap Mengundang Gelak Tawa  

4. The Mask (1994) - 6,9

https://www.youtube.com/embed/LZl69yk5lEY

Untuk kalian yang lahir di era 90an, film ini pasti sudah tidak asing lagi dan selalu menghiasi hari liburmu. Film ini mengisahkan seorang pegawai bank yang pemalu bertransformasi menjadi superhero maniak saat dia memakai topeng misterius. Berbeda dengan superhero pada umumnya, The Mask merupakan sosok eksentrik dengan berbagai kekuatan nyeleneh yang bikin penonton tertawa ngakak.

5. Liar Liar (1997) - 6,9

https://www.youtube.com/embed/C1no75lpOiw

Film ini memiliki premis yang cukup unik. Mengisahkan seorang pengacara sukses bernama Fletcher yang membangun kariernya dengan berbohong. Sebagai pengacara sekaligus single father, dia memiliki kebiasaan mendahulukan pekerjaannya dan selalu melanggar janji untuk bersama putranya yang masih kecil, Max.

Namun suatu hari hal aneh terjadi saat Fletcher tidak bisa berbohong seharian, dan itu terjadi atas permintaan sang anak di hari ulang tahunnya. 

Era 90an memang merupakan masa kejayaan Jim Carrey di dunia Hollywood. Deretan film komedinya kala itu selalu mampu menjadi boxoffice dan menjadi karya tak terlupakan. Bahkan film-film tersebut tak akan pernah membosankan saat ditonton berulang-ulang.

Baca Juga: 5 Perjalanan Karier Jim Carrey, Cleaning Service Hingga Box Office

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya