Comscore Tracker

5 Film Terbaik Oscar Era 90an yang Wajib Masuk List Tontonanmu

Mereka bahkan meraih lebih dari tiga penghargaan

Era 90an menjadi salah satu masa keemasan dunia perfilman Hollywood. Era tersebut menjadi dimulainya kemajuan teknologi yang mendorong sutradara-sutradara besar menghasilkan berbagai film luar biasa yang berbuah penghargaan Piala Oscar.

Salah satu yang film terbaik sepanjang masa peraih Oscar adalah Titanic, yang dibintangi Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet pada tahun 1998. Berikut ini adalah lima film peraih penghargaan Film Terbaik Oscar lainnya di era 90an yang wajib masuk list nontonmu.

1. Dances With Wolves (1990)  

https://www.youtube.com/embed/J0obOvGGb1U

Film ini menjadi salah satu karya terbaik Kevin Costner sepanjang kariernya di dunia perfilman. Tidak hanya menjadi aktor utama, ia juga menjadi sutradara dari film bertema western ini. Menceritakan Letnan John Dunbar yang dianggap pahlawan setelah dia memimpin pasukan Union meraih kemenangan selama Perang Saudara di Amerika Serikat.

Setelahnya ia meminta ditempatkan di perbatasan barat, namun hanya padang pasir yang ia temukan. Tetapi dia tak sendiri, seekor serigala dan seorang suku Indian ikut menemaninya, yang menuntun ia bebaur dengan suku pribumi dan menemukan beberapa hal yang mengejutkannya dan membuat sudut pandangnya berubah.

Film ini sukses besar dengan meraih tujuh Piala Oscar, di antaranya adalah Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Skenario Terbaik.

2. Silence Of The Lambs (1991)  

https://www.youtube.com/embed/lQKs169Sl0I

Film ini merupakan salah satu genre thriller tersukses sepanjang masa dengan raihan lima  Piala Oscar. Bercerita seorang agent muda FBI, Clarice Starling (Jodie Foster), yang harus memburu seorang pembunuh berantai kejam. Namun untuk menangkapnya, ia harus meminta bantuan psikiater kejam bernama Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins), yang merupakan sosok pembunuh manipulatif, psikopat dan kanibal.

Peran Anthony Hopkins dan Jodie Foster di film ini sama-sama memukau dan memiliki chemistry yang luar biasa. Keduanya mampu menghadirkan karakter-karakter yang mampu menguras emosi penonton. Keduanya pun diganjar sebagai Aktor Utama dan Aktor  Pendukung Terbaik bersama Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Skenario Terbaik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Perang Berdasarkan Kisah Nyata, Ada yang Raih Oscar

3. Unforgiven (1992)

https://www.youtube.com/embed/XDAXGILEdro

Seperti Kevin Costner, Clint Eastwood pun tampil sebagai aktor utama dan sutradara dalam film bergenre western ini. Bercerita tentang seorang pensiunan bandit bernama William Munny (Clint Eastwood) yang terpaksa harus kembali ke dunia kriminal untuk melakukan tugas terakhirnya dengan bantuan rekan lamanya Ned Logan (Morgan Freeman) dan seorang pemuda, "Schofield Kid" (Jaimz Woolvett).

Hal ini ia lakukan atas permintaan para pekerja di rumah bordil setelah salah satu rekannya dibunuh dengan kejam oleh sekelompok koboi Big Whiskey, Wyoming. Film ini sukses besar di ajang Piala Oscar dengan meraih empat penghargaan, Film, Sutradara, Editing dan Aktor Pendukung Terbaik (Gene Hackman).

4. Schindler's List (1993) 

https://www.youtube.com/embed/gG22XNhtnoY

Kualitas sutradara Steven Spielberg sudah tak perlu diragukan lagi. Ia telah banyak melahirkan film-film terbaik, salah satunya adalah Schindler's List. Film yang cukup kontroversi ini diangkat berdasarkan kisah nyata dari Oskar Schindler yang berhasil menyelamatkan sekitar 1.100 orang Yahudi dari gas beracun di kamp konsentrasi Auschwitz pada masa pendudukan Nazi di Polandia saat Perang Dunia II.

Oskar Schindler sendiri awalnya merupakan seorang pebisnis Jerman yang serakah. Namun itu berubah saat ia menyaksikan tenaga kerjanya yang Yahudi dianiaya oleh Nazi. Prihatin dengan kondisi tersebut, ia pun menjadikan pabriknya tempat perlindungan bagi kaum Yahudi yang sedang diburu.

Film ini sukses meraih tujuh Piala Oscar, di antaranya Film, Sutradara, Skenario dan Sinematografi Terbaik.

5. Braveheart (1995)

https://www.youtube.com/embed/1NJO0jxBtMo

Seperti Kevin Costner dan Clint Eastwood, Mel Gibson pun sukses meraih penghargaan Sutradara Terbaik Oscar lewat film yang juga diperankannya sendiri. Braveheart menceritakan seorang pejuang Skotlandia bernama William Wallace, yang memimpin bangsanya melakukan pemberontakan untuk membebaskan tanah airnya dari cengkraman Raja Edwards I dari Inggris.

Film ini begitu inspiratif lewat penggambaran kehidupan William dari masa kecil yang dipenuhi tragedi dan perjuangan. Total film ini mendapatkan lima penghargaan Oscar, salah satunya adalah Film Terbaik dan Sinematografi Terbaik.

Itulah deretan film-film terbaik peraih Oscar di era 90an yang layak banget untuk kamu tonton. Dengan plot cerita yang dramatis, tragis namun inspiratif, film-film tersebut juga menjadi inspirasi bagi film-film di era modern.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Pendek Nominasi Oscar 2020, Ada Tanpa Dialog

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya