Comscore Tracker

5 Film Terbaik Tentang Perampok Bank Paling Kejam, Sudah Nonton?

Dari Bonnie & Clyde hingga John Dillinger #IDNTimesHype

Dalam sejarah film bertema kejahatan, subgenre perampokan bank berasal dari film tahun 1908 berjudul The Bank Robbery. Seabad sejak itu, beberapa variasi subgenre kemudian muncul, baik itu film yang didasarkan pada perampok bank di kehidupan nyata yang terkenal atau perampokan bank fiksi yang rumit.

Nah, berikut ini adalah lima film tentang perampokan paling kejam dalam sejarah perfilman Hollywood. Sebagian besar diangkat berdasarkan kisah nyata, yang semakin memberikan pengalaman menonton yang menarik dan menegangkan.

1. Bonnie & Clyde (1967)  

https://www.youtube.com/embed/hZpm1zj9510

Berdasarkan kisah nyata pasangan perampok bank Clyde Barrow dan Bonnie Parker, film ini menandai momen yang menentukan bagaimana kekerasan digambarkan di bioskop Amerika. Warren Beatty dan Faye Dunaway memerankan pasangan tituler yang menarik perhatian Amerika setelah melakukan kejahatan berdarah di seluruh negeri di mana mereka merampok setiap bank yang terlihat selama era The Great Depression.

Saking populernya pasangan ini bahkan diidolai masyarakat Amerika kala itu meskipun menjadi target pihak berwajib dalam skala yang besar hingga menemui ajalnya dengan cara yang sangat tragis.

2. Butch Cassidy And The Sundance Kid (1969)  

https://www.youtube.com/embed/YdJW2UxvSFQ

Butch (Paul Newman) dan Sundance (Robert Redford) adalah dua kriminal yang menghabiskan sebagian besar hari mereka merampok kereta dan menjadi perampok bank populer bernama Los Bandidos Yanquis. Film ini didasarkan pada eksploitasi kriminal Robert LeRoy Parker (Butch Cassidy) dan kaki tangannya yang lebih muda Harry Longbaugh (Sundance Kid) di tahun 1880-an.

Film klasik karya George Roy Hill  ini memenangkan empat Oscar dan terus menjadi salah satu film Amerika paling terkenal yang pernah dibuat.

3. The Assassination Of Jesse James By The Coward Robert Ford (2007)  

https://www.youtube.com/embed/6RwAWZtK5Uw

Sosok bandit penjahat bersejarah dan perampok bank Jesse James telah digambarkan beberapa kali di layar sejak tahun 1930-an. Namun, versi Brad Pitt yang dianggap paling memukau dan memberikan nuansa berbeda dari yang lainnya. 

Disutradarai oleh Andrew Dominik, film ini berfokus pada setengah tahun terakhir kehidupan James saat ia menghindari hukum setelah pencurian kereta Blue Cut yang terkenal pada tahun 1881 di Missouri. Namun sebuah ironi terjadi ketika penjahat lainnya, Robert Ford (Casey Affleck) bergabung sementara dengan geng James. Dia menembak James dari belakang kepala pada April 1882.

Baca Juga: 5 KDrama yang Pemeran Antagonisnya Bukan Manusia, Jahat Pake Banget!

4. Dillinger (1973)  

https://www.youtube.com/embed/sYdevwhzPJs

Sosok kriminal John Dillenger sempat beberapa kali diangkat ke layar lebar, salah satunnya diperankan Johnny Depp lewat film Public Enemies (2009). Namun versi klasik yang dibuat 1973 dianggap lebih mampu menunjukan sisi kehidupannya yang menarik. 

Ditulis dan disutradarai oleh John Milius, Dillinger mengikuti penjahat tituler yang melakukan petualangan perampokan bank lintas negara dengan krunya yang sangat kejam. Semakin banyak bank yang dia rampok dengan sukses, semakin banyak perhatian yang ia dapat dari polisi terkenall, G-Man Melvin Purvis (Ben Johnson), yang menyatakan Dillinger sebagai musuh publik nomor 1.

5. The Old Man & The Gun (2018)  

https://www.youtube.com/embed/d7rlUe-Thvk

Film ini merupakan karya sutradara David Lowery yang menceritakan kisah nyata tentang Forrest Tucker (Robert Redford), seorang pria yang sempat menggegerkan dunia dengan merampok bank tanpa menggunakan senjata dan melakukan 18 kali pelarian penjara.

Film ini mengambil kehidupan Tucker di usia tujuh puluhan ketika dia melarikan diri dengan berani dari penjara terkenal Alcatraz di California. Dalam proses pengejarannya, Tucker bertemu dan jatuh cinta pada Jewel (Sissy Spacek), seorang petani yang membantunya menghindari hukum saat dia terus merampok bank.

Sepanjang sejarah dunia kriminal, banyak penjahat besar mengejutkan dunia lewat aksi-aksi-aksi kejam mereka. Tak hanya merampok bank, dalam prosesnya pun banyak korban harus berjatuhan. Lima film di atas menunjukan sedikit gambaran kepada penonton tentang sisi lain kehidupan mereka dan aksi kriminal yang menohok.

Baca Juga: Sadis, Ini 5 Film Kriminal Korea Berdasarkan Kisah Nyata yang Terjadi

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya