Comscore Tracker

5 Film Thriller Terbaik Bertema Pengadilan yang Menguras Emosi

Mulai dari kasus rasisme hingga peseteruan korporasi raksasa

Pengadilan merupakan ruang sakral di dalam sebuah negara untuk warganya mencari keadilan. Gambaran ini menjadi setting tempat yang sempurna untuk sebuah film yang penuh drama dan menguras emosi. Tema pengadilan selalu mampu menampilkan berbagai sisi lain dari manusia ketika dihadapkan dengan kasus pidana ataupun perdata.

Hadirnya karakter-karakter jaksa, hakim, pengacara, saksi hingga terdakwa membuat drama di dalamnya begitu intens. Sehingga penonton akan terbawa emosi dengan alur cerita yang disajikan. Nah, berikut ini lima film terbaik bertema persidangan yang wajib kamu tonton.

1. A Time To Kill (1996) - 7.5  

https://www.youtube.com/embed/701GQjY6PaI

Film karya sutradara Joel Schumacher ini adalah gambaran dari kegilaan drama ruang sidang tahun 90-an. Berdasarkan novel John Grisham dengan judul yang sama, A Time to Kill dibintangi oleh Matthew McConaughey sebagai pengacara pembela yang mewakili seorang pria berkulit hitam Mississippi yang menghadapi hukuman mati setelah membunuh dua pria kulit putih yang bertanggung jawab atas penyerangan terhadap putrinya yang masih kecil.

Samuel L. Jackson berperan sebagai tergugat, Carl Lee Hailey, yang menghadapi seluruh sistem yang menentangnya - mulai dari juri berkulit putih hingga kelompok rasis ekstrimis KKK (Ku Klux Klan) yang berkumpul di luar gedung pengadilan. Film ini merupakan upaya untuk menyoroti ketidaksetaraan rasial dalam sistem peradilan yang terjadi di Amerika Serikat khususnya dan dunia pada umumnya.

2. The Hurricane (1999) - 7.6  

https://www.youtube.com/embed/tsmszHWnO3k

The Hurricane adalah film biopik lainnya yang menggali tentang sistem peradilan yang rasisme. Dalam film ini, fokusnya adalah petinju profesional Rubin "The Hurricane" Carter, yang dihukum karena membunuh tiga orang di sebuah bar pada tahun 1966.

Film ini mendramatisasi kondisi selama 20 tahun Carter yang berliku-liku di penjara menyusul hukumannya tersebut, di mana ia berjuang tanpa lelah agar kasusnya dibatalkan sambil mengandalkan dukungan dari beberapa teman dekat dan anggota keluarga. Denzel Washington memerankan Carter, dan penampilannya yang luar biasa membuatnya mendapatkan nominasi Oscar.

Baca Juga: 5 Film Indonesia yang Tayang di Festival Film Locarno 2020

3. Just Mercy (2019) - 7.6  

https://www.youtube.com/embed/GVQbeG5yW78

Berdasarkan memoar pengacara pembela asal Alabama, Bryan Stevenson, Just Mercy berkisah tentang pengajuan banding yang dicari Stevenson di awal kariernya untuk seorang pria kulit hitam yang dijatuhi hukuman mati. Michael B. Jordan berperan sebagai Stevenson, dan Jamie Foxx berperan sebagai kliennya, seorang pria bernama Walter McMillian.

Pada tahun 1986, McMillian dihukum karena membunuh seorang wanita kulit putih hanya berdasarkan kesaksian dari pihak ketiga, dan ketika Stevenson bertemu dengannya tiga tahun kemudian, pengacara yang ambisius tersebut memutuskan untuk menantang apa yang dia lihat sebagai sistem rasis. Tim Blake Nelson dan Brie Larson ikut bagian dalam film ini.

4. Dark Waters (2019) - 7.6  

https://www.youtube.com/embed/RvAOuhyunhY

Mark Ruffalo memerankan seorang pengacara korporat yang memutuskan untuk menangani perusahaan manufaktur bahan kimia DuPont dalam pandangan yang keras dan mendetail tentang penyimpangan sektor swasta. Di sisi lain Ruffalo, yang berperan sebagai Robert Bilott, menantang DuPont di pengadilan setelah menemukan fakta perusahaan tersebut secara sengaja membuang bahan kimia yang tidak diatur ke saluran air di sekitar Parkersburg, West Virginia.

Tanpa mengandalkan lika-liku melodramatis, Dark Waters mengikuti perjalanan Bilott yang melelahkan selama puluhan tahun untuk menemukan semacam keadilan bagi penduduk Parkersburg. Film tersebut menjadi gambaran yang mendalam tentang lemahnya hukum saat berhadapan dengan sebuah korporat raksasa.

5. The Verdict (1982) - 7.7  

https://www.youtube.com/embed/7je8_a7chkg

The Verdict dibintangi oleh Paul Newman, yang berperan sebagai seorang pengacara bernama Frank Galvin, yang berusaha menyelamatkan karier dan harga dirinya dengan membawa kasus malapraktik medis ke pengadilan daripada menyelesaikannya baik-baik. Galvin sendiri di awal kariernya merupakan seorang pengacara dengan masa depan yang cerah.

Namun ia justru dipecat ketika berusaha melakukan hal yang benar. Tak hanya itu, istrinya pun meninggalkannya. Sehingga Galvin terjatuh menjadi alkoholik dan hanya menangani kasus-kasus kecil dengan cara yang kotor. Selain penampilan Newman yang luar biasa, The Verdict dipuji karena naskahnya yang sempurna, ditulis oleh penulis naskah David Mamet.

Itulah lima film bertema pengadilan yang sangat seru dan menarik untuk ditonton. Plot cerita dengan isu sensitif dibalut penampilan aktornya yang luar biasa membuat suasana yang terbangun begitu  intens dan membuat penonton emosi. Lewat deretan film tersebut juga kita bisa melihat sisi lain bagaimana dunia peradilan bekerja.

Baca Juga: 5 Film Horor yang Digarap Sutradara Peraih Oscar, Wajib Nonton!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya