Comscore Tracker

6 Kisah Nyata Horor yang Diangkat ke Layar Lebar Hollywood, Ngeri!

Sudah nonton?

Sebagian besar film memang mengangkat kisah fiktif sebagai cerita utamanya. Namun tidak sedikit juga yang terinspirasi dari kisah nyata, termasuk untuk film bergenre horor. Mengerikan, sadis dan penuh misteri, tidak banyak yang tahu jika enam film horor ini diangkat berdasarkan kisah nyata.

Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.

1. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

https://www.youtube.com/embed/VsFXRkiSl6I

Film The Texas Chainsaw Massacre (1974) terinspirasi dari pembunuh terkenal bernama Ed Gein. Gein tinggal di Wisconson dan memiliki ikatan yang kuat dengan ibunya. Setelah sang ibu meninggal, Gien mulai menggali kuburan mayat wanita untuk membuat pakaian dari kulit mereka.

Tak cukup di situ, dia pun mulai membunuh wanita demi mendapatkan kulit mereka. Gein mengklaim bahwa dia ingin membuat pakaian dari kulit wanita sehingga dia bisa berubah menjadi ibunya. Dia dianggap gila secara klinis dan meninggal di fasilitas kejiwaan pada tahun 1984.

Kisah nyata ini pun menginspirasi film lainnya seperti Psycho dan Buffalo Bill in The Silence of the Lambs.

2. The Ghost And The Darkness (1996)

https://www.youtube.com/embed/1M38HWM4CTY

Pada tahun 1898, sekelompok pekerja konstruksi di Afrika membangun Kereta jalur Api Kenya-Uganda. Suatu malam, seekor singa mendatangi kamp kerja mereka dan menyeret seorang pria ke semak-semak.

Beberapa malam kemudian, satu per satu pria pun menghilang dengan misterius. Para pekerja kemudian mengetahui jika mereka diterkam oleh dua singa pemakan manusia. Meskipun pekerja membangun pagar kawat berduri, api unggun, dan menara pengawal dengan penjaga bersenjata, para singa tersebut tidak bisa dihentikan.

Setelah berbulan-bulan serangan, singa akhirnya ditembak, setelah diklaim telah memakan lebih dari 100 nyawa. Kedua tubuh singa itu sekarang dipajang di Field Museum di Chicago.Kisah ini pun menjadi inspirasi film The Ghost And The Darkness yang diliris pada tahun 1996.

3. The Amityville Horror (1979)

https://www.youtube.com/embed/lHjgxvl_ZHg

Pada tahun 1975, keluarga Lutz pindah ke rumah baru yang terletak di Amityville, New York. Namun di rumah baru tersebut mereka mulai mendengar suara-suara aneh, pintu terbuka sendiri dan bau busuk di sekitar rumah.

Keluarga itu menyuruh seorang pendeta datang untuk menyelidiki rumah itu, tetapi setelah berjalan ke salah satu kamar di lantai atas, sang pendeta mendengar suara berteriak "Keluar!" 

Keluarga tersebut hanya bertahan 28 hari di rumah barunya tersebut. Kisah ini pun difilmkan dengan judul The Amityville Horror. Nyatanya rumah itu memang memiliki kisah kelam pembunuhan, yang kemudian difilmkan juga dalam sekuelnya dengan judul Amityville II: The Posession (1982)

Baca Juga: 7 Film Horor Asing Paling Seram dengan Rating Tertinggi Versi IMDB

4. The Mothman Prophecies (2001)

https://www.youtube.com/embed/bXcpwJbXT7o

Pada bulan November 1966, lima pekerja kuburan melaporkan melihat semacam pria bersayap terbang di Point Pleasant, Virginia Barat. Beberapa hari kemudian, empat orang melaporkan bahwa semacam pria bersayap dengan mata merah menyala mengejar mereka saat mengendarai mobil di pinggiran kota.

Anehnya, laporan penampakan tersebut semakin banyak. Tak lama, pria aneh berjas hitam juga muncul dan mulai mengajukan pertanyaan aneh kepada penduduk. Ia dikenal sebagai "The Men in Black."

Kemudian, pada 15 Desember 1967, penampakan terakhir yang disebut Mothman terjadi lagi. Ironisnya Jembatan Perak, yang menghubungkan Point Pleasant ke Ohio, runtuh ke sungai es, menewaskan 47 orang.

5. Devil's Pass (2013)

https://www.youtube.com/embed/Mbq3dR-SEr4

Pada tahun 1959, sekelompok pendaki meninggal secara misterius saat hiking di Pegunungan Ural Rusia. Ketika sebuah regu pencari menemukan tempat perkemahan yang hancur, mereka menemukan banyak kejanggalan di dalamnya

Tenda pendaki telah dipotong dari dalam. Dua mayat ditemukan di bawah pohon dengan hanya mengenakan pakaian dalam. Yang lainnya dengan pakaian yang terbakar, beberapa tidak memakai sepatu, dan tiga korban lainnya patah tulang, tetapi tidak ada luka luar.

Salah satu mayat bahkan mengandung radioaktivitas tingkat tinggi. Kisah ini pun dijadikan film dengan judul Devil's Pass (2013). Plot film berpusat pada tim yang pergi ke Rusia untuk menyelidiki kasus misterius tersebut, yang sekarang disebut sebagai insiden Dyatlov Pass.

6. The Conjuring (2013)

https://www.youtube.com/embed/k10ETZ41q5o

The Conjuring menjadi salah satu film horor berdasarkan kisah nyata yang sangat populer beberapa tahun lalu. Film ini sendiri berdasarkan kisah nyata dari keluarga Peron yang pindah ke rumah pertanian indah di Rhode Island pada tahun 70-an.

Salah satu putri mereka tiba-tiba memiliki teman misterius yang tak terlihat, benda-benda pun mulai bergerak sendiri, dan tempat tidur mulai melayang dari lantai. Saat itulah keluarga Perron memanggil duet paranormal yang terkenal, Ed dan Lorraine Warren.

Keduanya pun melakukan penbersihan arwah di rumah tersebut yang menghadirkan hantu-hantu menyeramkan. Saking populer dan banyaknya kisah supernatural mereka, beberapa pun difilmkan dalam The Conjuring Universe', seperti Annabelle dan The Nun.

Itulah enam kisah nyata mengerikan yang pernah diangkat ke layar lebar Hollywood. Ceritanya sangat tragis dan menyeramkan, sudah nonton?

Baca Juga: 7 Film Horor Remake Paling Menyeramkan, Yakin Berani Nonton?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya