Comscore Tracker

Kontroversial, 5 Film Hollywood Ini Dilarang Tayang di Indonesia

Banyak unsur di dalamnya yang tk 

Berbicara tentang lembaga sensor film, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pengawasan ketat. Cukup banyak film Hollywood yang dilarang tayang di bioskop-bioskop Indonesia karena gagal sensor. Berbagai hal menjadi alasan, mulai dari mengangkat isu yang sangat sensitif hingga isi film yang terlalu banyak konten dewasa.

Nah, berikut ini adalah 5 film Hollywood yang gagal tayang di bioskop Indonesia. Apa saja itu? Chehck this out!

1. Schindler's List (1993)

Kontroversial, 5 Film Hollywood Ini Dilarang Tayang di Indonesianewrepublic.com

Film ini sejatinya merupakan salah satu film 90-an yang sangat berkualitas. Schindler's List merupakan film karya sutradara kondang, Steven Spielberg dan dibintangi aktor populer, Liam Neeson. Sayangnya, film ini tidak lulus sensor di Indonesia saat itu karena mengangkat isu politik yang sangat sensitif, yaitu kaum yahudi dalam perang dunia.

Film ini sendiri mengangkat sebuah kisah nyata seorang penguasaha Jerman bernama  Oscar Schindler yang memperkerjakan banyak bangsa Yahudi yang sedang mengkhawatirkan nasib mereka di perang dunia kedua.

2. Evil Dead (2013)

Kontroversial, 5 Film Hollywood Ini Dilarang Tayang di Indonesiaimdb.com

Evil Dead merupakan film bergenre horor yang merupakan remake dari film berjudul The Evil Dead yang rilis pada tahun 1981. Berkisah tentang sebuah buku kematian yang mampu mengeluarkan kekuatan jahat kepada siapa saja yang membukanya. Namun film ini tidak bisa tayang di Indonesia setelah tidak lolos sensor akibat terlalu banyak adegan sangat sadis dan penuh darah.

3. Noah (2014)

Kontroversial, 5 Film Hollywood Ini Dilarang Tayang di IndonesiaYoutube.com

Noah menjadi salah satu film Hollywood yang paling kontroversial di tanah air. Dibintangi aktor top seperti Russel Crow dan Emma Watson, film ini terinspirasi dari kisah Noah dalam Al-Kitab atau yang dikenal dengan nabi Nuh dalam Al-Qur'an. Film ini tidak tayang di Indonesia karena ditakutkan akan menimbulkan perselisihan pendapat yang tajam. Apalagi kisah Noah dalam fim ini cenderung mengutamakan kisah fiksi.

Tak hanya di Indonesia, film ini juga dilarang tayang di beberapa negara seperi Malaysia, Bahrain dan Qatar.

Baca Juga: 5 Daftar Film Netflix yang Akan Tayang di Bulan April 2019

4. Dirty Grandpa (2016)

Kontroversial, 5 Film Hollywood Ini Dilarang Tayang di Indonesiaindependent.co.uk

Dirty Grandpa merupakan film yang dibintangi Zac Efron dan Robert De Niro dengan genre komedi. Mengisahkan seorang kakek genit yang mengajak cucunya untuk berlibur sebelum dirinya menikah. Film ini sendiri dilarang tayang di Indonesia karena usur-unsur konten komedi dewasa dan banyaknya kata-kata kotor yang terkandung di dalamnya.

5. Fifty Shades of Grey (2015)

Kontroversial, 5 Film Hollywood Ini Dilarang Tayang di Indonesiaindependent.co.uk

Film ini merupakan salah satu film terkenal yang cukup menarik perhatian karena dibintangi aktor top Dakota Johnson dan Jamie Dorman. Namun film ini sendiri menjadi sangat kontroversial karena banyak menggambarkan adegan-adegan seksual tak biasa. Akibatnya, Fifth Shades of Grey pun tak lolos sensor dan dilarang tayang di Indonesia.

Tak hanya kontroversi, film ini sendiri mendapatkan kritik buruk dari para kritikus film yang menilai film ini lebih menonjolkan sensasi dari tema film dewasanya saja. IMDB bahkan hanya memberikan nilai 4,3 untuk film tersebut.

Itulah lima film yang sempat mendapatkan larangan tayang di Indonesia. Hal itu tentunya demi sebuah kebaikan untuk para penonton sendiri.

Baca Juga: Ini Lho Daftar Film Romantis yang Bisa Bikin Kamu Nangis

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You