Comscore Tracker

Mengenal 7 Karakter Bumilangit Universe, Superhero Asli Indonesia

Bakal diangkat ke layar lebar, lho!

Indonesia pun saat ini memiliki semesta yang berisi superhero hebat asli dalam negeri yang berkumpul dalam sebuah semesta bernama Bumilangit Cinematic Universe. Karakter-karakter ini diadaptasi dari komik Bumilangit yang telah hadir di era 50-an. Beberapa superhero mereka bakal diadaptasi ke layar lebar. Jika kalian belum terlalu familiar dengan tokoh-tokohnya, yuk kenalan dulu dengan 7 di antaranya:

1. Gundala

Mengenal 7 Karakter Bumilangit Universe, Superhero Asli Indonesiagreenscene.co.id

Gundala diciptakan oleh Harya Suraminata pada tahun 1969, latar belakang tokoh adalah seorang ilmuwan bernama Sancaka yang menemukan sebuah serum anti petir. Namun dalam sebuah perjalanan ia justru tersambar petir dan selamat berkat pertolongan kerajaan petir yang kemudian membuatnya diangkat sebagai anak angkat raja petir. Sejak saat itu ia pun memiliki kekuatan mampu mengeluarkan petir dari kedua tangannya dan kecepatan berlari layaknya The Flash.

Lebih kerennya lagi, karakter ini akan diangkat ke layar lebar oleh Joko Anwar dan Abimana Aryasatya didapuk sebagai pemeran Gundala. Film ini sendiri kabarnya akan rilis pada Agustus 2019.

2. Godam

Mengenal 7 Karakter Bumilangit Universe, Superhero Asli Indonesiagreenscene.co.id

Terinspirasi dari Superman, Godam merupakan karya Widodo Noor Slamet dan pertama kali hadir dalam komik memburuk Dokter Setan yang rilis pada tahun 1969. Seperti Superman, ia memiliki latar belakang dibuang orang tuanya saat masih bayi akibat keadaan perang dan agar terhindari dari kehancuran penguasa.

Bayi tersebut kemudian ditemukan oleh sebuah kelompok pencuri dan diberi nama Godam. Setelah dewasa ia kemudian berpetualang dan menemukan alat-alat sakti seperti baju sakti yang membuatnya kebal dan jubah yang bisa membuatnya terbang. Namun karena melanggar sebuah sumpah, Godam kemudian dimasukkan ke dalam cincin sakti.

Bapa kebenaran kemudian memberikan cincin sakti itu kepada Awang, seorang manusia bumi yang sederhana. Setiap kali ia menggunakan cincin tersebut ia akan berubah menjadi Godam. Karakter ini sendiri kabarnya masuk dalam rencana adapatasi ke layar lebar Bumilangit Universe.

3. Aquanus

Mengenal 7 Karakter Bumilangit Universe, Superhero Asli Indonesiabumilangit.com

Jika Marvel dan DC memiliki Aquaman dan Namor sebagai penguasa lautan maka BLCU memiliki Aquanus yang juga karakter hasil karya Widodo Noor Slamet. Aquanus berasal dari sebuah planet bernama Zyba yang dihuni oleh bangsa amfibi. Akibat perang, saat masih bayi ia pun dikirim ke bumi dan tinggal dengan manusia dan diberi nama Dhanus.

Layaknya amfibi, Dhanus memiliki kekuatan untuk bisa hidup di lautan ataupun di daratan. Ia memiliki sebuah senjata andalan yang diberi nama sabuk pelangi. Belum ada konfirmasi resmi apakah Aquanus akan diangkat ke layar lebar, namun sempat ada bocoran jika ia akan masuk dalam timeline Bumilangit Universe bersama Gundala dan Godam.

Baca Juga: 5 Film Superhero Marvel Ini Batal Diproduksi, Sayang Banget!

4. Maza

Mengenal 7 Karakter Bumilangit Universe, Superhero Asli Indonesiabumilangit.com

Selain Gundala, Maza merupakan karakter lainnya yang diciptakan oeh Harya Suraminata (Hasmi). Maza adalah superhero yang memiliki alter ego bernama Kanigara dan mendapatkan kekuatannya dari sebuah kuas lukis dengan cincin ajaib di gagangnya. Kanigara bisa kapan saja berubah menjadi Maza sang pembela kebenaran dan kuasnya pun akan berubah menjadi belati andalan.

Dalam cerita komiknya ia dimintai pertolongan oleh seekor ular bernama Schobin untuk menemukan sebuah mutiara biru dan putrinya yang bernama Vatienc. Villian dalam ceritanya adalah penyihir Rahczor yang meminta tebusan tengkorak harimau putih bertanduk tiga.

Saat tengkorak itu ditemukan oleh Maza, Rahczor mampu mengeluarkan berbagai monster ciptaannya untuk melawan sang hero. Dalam pertempuran tersebut Maza tidak sendiri, ia dibantu oleh Jin Karubi.

5. Sri Asih

Mengenal 7 Karakter Bumilangit Universe, Superhero Asli Indonesiabumilangit.com

Karakter hasil karya Raden Ahmad Kosasih ini memiliki nama Nani Wijaya. Ia memiliki sebuah kekuatan super dengan hanya menyebut kata "Sri Asih." Dengan begitu ia akan langsung bertransformasi menjadi wanita super yang memiliki kekuatan terbang, menggandakan diri, memperbesar diri, kebal dan kekuatan lainnya.

Yang menarik adalah lokasi yang terjadi dalam ceria Sri Asih adalah tidak hanya berada di Indonesia, tetapi juga Hongkong dan Singapura. Karakter ini pernah diadaptasi ke dalam layar lebar pada tahun 1954.

6. Mandala

Mengenal 7 Karakter Bumilangit Universe, Superhero Asli Indonesiagreenscene.co.id

Berbeda dengan karakter lainnya yang memiliki kekuatan super, Mandala adalah pendekar sakti dengan jurus-jurus sakti. Mandala adalah tokoh ciptaan dari Mansyur Daman yang berasal dari Mitologi Nusantara. Sejak kecil ia diasuh oleh Nyi Nara Sati, Ratu Siluman Buaya Putih. Namun setelah dewasa ia melarikan diri dan menjadi murid dari Bharata, seorang pendekar sakti bertangan satu. Dalam petualangannya, ia selalu ditemani oleh kuda putih kesayangannya.

7. Tira

Mengenal 7 Karakter Bumilangit Universe, Superhero Asli Indonesiabumilangit.com

Memiliki alter ego bernama Susie, Tira adalah seorang mahasiswi yang memiliki kemampuan bela diri yang hebat. Tak hanya itu, ia pun memiliki teknologi canggih saat menggunakan kostumnya dan bersumpah untuk melawan kejahatan dan ketidakadilan.

Dalam cerita komiknya, Tira selalu dilindungi oleh sembilan siluman naga. Dalam Bumilangit Universe, ia tidak akan memiliki film solonya. Namun dikabarkan ia bakal menjadi bagian dari kumpulan superhero bersama Gundala, Godam, Aquanus dan Maza dalam trilogi Gundala.

Itulah tujuh pahlawan yang bakalan masuk dalam Bumilangit Universe untuk diangkat ke dalam layar lebar. Ibarat The Avengers versi Indonesia, aksi superhero-superhero ini layak untuk dinanti.

Baca Juga: Keren, Ini 5 Perubahan Identitas yang Pernah Dialami Superhero Marvel

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 02:00:04

Progress: 749.531 dari 813.350 TPS (92.15356%)

Just For You